Manfaat Teh Daun Kelor, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Image title
25 November 2021, 12:26
Manfaat Teh Daun Kelor, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
pixabay.com
Daun kelor.

Semenjak pandemi covid-19, berbagai ramuan penamabah imun semakin populer dikonsumsi, salah satunya teh daun kelor. Tanaman dengan nama latin Moringa oleifera ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat daun kelor terkenal sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional yang berasal dari tanaman kelor. Tanaman asli India utara ini dapat tumbuh di tempat tropis dan subtropis lainnya, seperti Afrika dan Asia, termasuk Indonesia.

Tanaman kelor memiliki ketinggian sekitar 7 meter sampai 11 meter dan tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh di semua jenis tanah serta tahan terhadap musim kering dengan toleransi terhadap kekeringan mencapai enam bulan.

Manfaat dan khasiat tanaman kelor dapat ditemukan pada seluruh bagian tanaman, mulai dari daun, batang, akar maupun biji. Karena itu, kelor disebut juga miracle tree dan mother’s best friend. Di antara bagian-bagian tanaman ini, daun kelor memiliki kandungan nutrisi tinggi bagi kesehatan.

Ada banyak sekali kandungan nutrisi di dalam daun kelor seperti protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, vitamin A, dan asam folat. Dari kandungan inilah yang mengantarkan daun kelor menjadi rujukan pengobatan herbal dengan segudang manfaat.

Manfaat Teh Daun kelor

Mengutip WebMD dan berbagai sumber lainnya, berikut manfaat teh daun kelor:

1. Menyehatkan Jantung

Studi terdahulu yang dilakukan pada hewan membuktikan kalau sari daun kelor dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tanaman ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi pembentukan plan di arteri.

2. Baik untuk Otak

Otak merupakan organ vital yang dimiliki manusia. Jika fungsi dari otak terganggu maka fungsi dari organ lainnya juga bisa ikut terganggu. Untuk menjaga agar kesehatan dan fungsi otak tetap terjaga, Anda bisa memanfaatkan daun kelor.

Teh daun kelor mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan stres dan peradangan yang terjadi di jaringan-jaringan otak, sehingga dapat meningkatkan daya ingat.

3. Meningkatkan Imun

Manfaat daun kelor berikutnya yakni bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kondisi ini sangat penting untuk menjaga agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Daun kelor memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit. Hal tersebut membuat daun kelor penting untuk meningkatkan imun tubuh.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...