5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Menjaga Kesehatan Hingga Kecerdasan

Image title
25 November 2021, 13:26
Ilustrasi manfaat minyak zaitun dalam cangkir
Pixabay
Ilustrasi manfaat minyak zaitun dalam cangkir

Salah satu obat herbal yang sering digunakan masyarakat saat ini adalah minyak zaitun. Kandungan minyak ini didapat dari buah zaitun yang memiliki nama latin Olea europaea. Pohon zaitun dikenal tumbuh subur di sejumlah daratan Mediterania.

Secara biologis, keberadaan minyak zaitun muncul dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup dalam kurun waktu yang cukup lama yaitu selama lebih dari 500 tahun.

Advertisement

Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak. Minyak dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Manfaat minyak zaitun sangat banyak bagi kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol).

Untuk mendapatkan minyak zaitun ada serangkaian proses yang harus dilalui. Berdasarkan proses ekstraksi yang dilewati dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya, minyak zaitun terbagi menjadi tiga varian, yaitu extra virgin, virgin, dan refined (light).

Kandungan Nutrisi Minyak Zaitun

Dalam setiap satu sendok makan minyak zaitu atau setara dengan 15 mililiter, terdapat 120 kalori yang terdiri atas beragam nutrisi, antara lain:

  • 13,5–14 gram lemak.
  • 0,1 miligram kalsium.
  • 0,1 miligram kalium.
  • 0,3 miligram natrium.
  • 1,9 miligram vitamin E.
  • delapan mikrogram vitamin K.

Walaupun ada banyak kandungan lemak, akan tetapi lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun merupakan jenis lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, omega tiga, dan omega enam. Minyak zaitun juga mengandung kolin dan antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol.

5 Ragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Perkembangan Kesehatan

Selain lezat di lidah, minyak zaitun juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut aneka manfaat minyak zaitun yang dikutip dari laman website Alodokter.com:

1. Mencegah Terjadinya Serangan Jantung

Salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia adalah serangan jantung. Oleh karenanya potensi tersebut dikurangi dengan rajin mengonsumsi minyak zaitun.

Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun juga berperan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena minyak zaitun tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga tidak menumpuk di pembuluh darah. Penumpukan kolesterol dan lemak jahat di pembuluh darah acap kali menjadi penyebab stroke yang berimplikasi pada penyakit lainnya yang menyerang tubuh.

 Minyak sehat ini justru baik dikonsumsi untuk mencegah penumpukan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement