10 Manfaat Daun Sirih dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Image title
25 November 2021, 17:21
10 Manfaat Daun Sirih dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan
pixabay.com
10 Manfaat Daun Sihir untuk Kesehatan

Daun sirih merupakan tanaman herbal yang berasal dari keluarga Piperaceae. Sejak dahulu manfaat daun sirih sudah digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan.

Kandungan Daun Sirih

Sebelum mengetahui lebih jauh manfaat daun sirih untuk kesehatan, kenali dahulu apa saja sih kandungan dalam daun sirih?

Advertisement

Daun sirih mengandung zat yang memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, seperti minyak atsiri. Hidroksikavicol, Kavikol. Kavibetol, Allylpyrokatekol, Cinole, Caryophyllene, Cadinene, Estragol, Terpentin, Seskuiterpen, Fenil Propana, Tanin, Diastase, Gula, Pati, Vitamin C dan Antioksidan.

Mengutip dari Netmeds, MedIndia, Hello Sehat, dan sumber lainnya, berikut manfaat daun sirih untuk kesehatan serta efek sampingnya yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Fakta pertama terkait manfaat daun sirih yaitu, daun ini mampu menyehatkan saluran pencernaan dalam tubuh. Kandungannya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga merangsang kerja usus untuk menyerap nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh.

Selain itu, daun sirih juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi sembelit. Air rebusannya diklaim bisa membantu kelancaran buang air besar.

2. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Manfaat daun sirih lainnya adalah dapat menjaga kesehatan mulut dan merawat gigi. Sifat antimikroba pada daun sirih, membantu mengatasi bakteri yang tertinggal di mulut. Oleh karena itu, sejak dulu daun sirih sudah digunakan untuk menjaga gigi. Orang tua saat itu memakainya dengan cara mengunyah daun sirih.

3. Bersifat Antibakteri

Sebagai antiseptik dan antibakteri, daun sirih bisa memberikan perlindungan ganda dari serangan kuman atau bakteri. Pasalnya, daun sirih kaya akan polifenol terutama chavicol.

Daun sirih dapat digunakan sebagai obat untuk meringankan dan mempercepat penyembuhan luka. Tidak hanya itu, daun sirih ternyata memiliki sifat antijamur dan dapat membantu Anda melawan infeksi jamur.

4. Mencegah Kanker

Daun sirih mengandung banyak fitokimia yang bisa mencegah kanker. Selain itu, antioksidan eugenol pada daun sirih dapat menangkal radikal bebas. Sehingga, manfaat daun sirih ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

5. Membantu Penyembuhan Luka

Dalam sebuah penelitian terdahulu, sebuah fakta terkait daun sirih menyatakan bahwa proses penyembuhan luka bisa dipercepat dengan menggunakan daun tersebut. Bahkan ekstrak daun sirih terbukti efektif mengurangi stres oksidatif yang melambatkan penyembuhan luka. Hal ini disebabkan karena daun sirih merupakan sumber antioksidan tinggi.

Manfaat daun sirih lainnya yaitu membantu penyembuhan luka bakar. Kandungan polifenolnya akan mencegah infeksi bakteri, yang nantinya bakal mempercepat proses penyembuhan.

6. Mengobati Mimisan

Saat kecil Anda mungkin pernah melihat orang yang mengalami mimisan, kemudian hidungnya disumpal oleh selembar daun sirih. Cara tersebut ternyata efektif untuk mengatasi mimisan.

Kandungan antioksidan tanin yang ada di dalam daun sirih, dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Oleh karena itu, jangan heran kalau manfaat daun sirih salah satunya adalah mengobati mimisan.

7. Mengobati Radang Prostat

Daun sirih merah mengandung zat aktif bernama hydroxychavicol. Kemudian daun ini juga mengandung antioksidan tanin dan sapin. Kandungan tersebut membantu perbaikan sel-sel prostat agar bisa kembali berfungsi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement