10 Manfaat Daun Sirih dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Daun sirih termasuk tanaman herbal yang kaya akan khasiat. Sejak dulu, tanaman ini sudah digunakan sebagai obat alami. Berikut manfaat daun sirih dan efek sampingnya untuk kesehatan.
Image title
25 November 2021, 17:21
10 Manfaat Daun Sirih dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan
pixabay.com
10 Manfaat Daun Sihir untuk Kesehatan

Daun sirih merupakan tanaman herbal yang berasal dari keluarga Piperaceae. Sejak dahulu manfaat daun sirih sudah digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan.

Mengutip dari Netmeds, MedIndia, Hello Sehat, dan sumber lainnya, berikut manfaat daun sirih untuk kesehatan serta efek sampingnya yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Fakta pertama terkait manfaat daun sirih yaitu, daun ini mampu menyehatkan saluran pencernaan dalam tubuh. Kandungannya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga merangsang kerja usus untuk menyerap nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh.

Selain itu, daun sirih juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi sembelit. Air rebusannya diklaim bisa membantu kelancaran buang air besar.

Advertisement

2. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Manfaat daun sirih lainnya adalah dapat menjaga kesehatan mulut dan merawat gigi. Sifat antimikroba pada daun sirih, membantu mengatasi bakteri yang tertinggal di mulut. Oleh karena itu, sejak dulu daun sirih sudah digunakan untuk menjaga gigi. Orang tua saat itu memakainya dengan cara mengunyah daun sirih.

3. Bersifat Antibakteri

Sebagai antiseptik dan antibakteri, daun sirih bisa memberikan perlindungan ganda dari serangan kuman atau bakteri. Pasalnya, daun sirih kaya akan polifenol terutama chavicol.

Daun sirih dapat digunakan sebagai obat untuk meringankan dan mempercepat penyembuhan luka. Tidak hanya itu, daun sirih ternyata memiliki sifat antijamur dan dapat membantu Anda melawan infeksi jamur.

4. Mencegah Kanker

Daun sirih mengandung banyak fitokimia yang bisa mencegah kanker. Selain itu, antioksidan eugenol pada daun sirih dapat menangkal radikal bebas. Sehingga, manfaat daun sirih ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

5. Membantu Penyembuhan Luka

Dalam sebuah penelitian terdahulu, sebuah fakta terkait daun sirih menyatakan bahwa proses penyembuhan luka bisa dipercepat dengan menggunakan daun tersebut. Bahkan ekstrak daun sirih terbukti efektif mengurangi stres oksidatif yang melambatkan penyembuhan luka. Hal ini disebabkan karena daun sirih merupakan sumber antioksidan tinggi.

Manfaat daun sirih lainnya yaitu membantu penyembuhan luka bakar. Kandungan polifenolnya akan mencegah infeksi bakteri, yang nantinya bakal mempercepat proses penyembuhan.

6. Mengobati Mimisan

Saat kecil Anda mungkin pernah melihat orang yang mengalami mimisan, kemudian hidungnya disumpal oleh selembar daun sirih. Cara tersebut ternyata efektif untuk mengatasi mimisan.

Kandungan antioksidan tanin yang ada di dalam daun sirih, dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Oleh karena itu, jangan heran kalau manfaat daun sirih salah satunya adalah mengobati mimisan.

7. Mengobati Radang Prostat

Daun sirih merah mengandung zat aktif bernama hydroxychavicol. Kemudian daun ini juga mengandung antioksidan tanin dan sapin. Kandungan tersebut membantu perbaikan sel-sel prostat agar bisa kembali berfungsi.

Jika Anda mengalami radang prostat, maka siapkan sekitar 5 lembar daun sirih merah dan rebus di atas api. Minum air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari, untuk meringankan radang prostat.

8. Mencegah Malaria

Manfaat daun sirih berikutnya adalah sebagai penangkal penyakit malaria. Senyawa terpen di dalam daun sirih, memiliki sifat antimalaria. Masyarakat tradisional di Malaysia, bahkan sudah memakai daun sirih untuk pengobatan alami.

Selain itu, senyawa flavonoid yang memiliki sifat anti parasit dapat membantu memerangi dan mencegah malaria. Senyawa tersebut terkandung dalam daun sirih.

9. Membantu Mengurangi Depresi

Selama berabad-abad lalu, daun sirih dipercaya mampu melawan depresi. Daun sirih kerap digunakan sebagai obat alami untuk merangsang sistem saraf. Daun sirih kaya akan kandungan senyawa fenolik aromatik, berfungsi melepas katekolamin yang dapat meningkatkan mood dan suasana hati jadi lebih baik.

Hal tersebut didukung dengan adanya penelitian yang menyatakan, mengunyah daun sirih dan meminum rebusan airnya, bisa mengurangi rasa depresi. Gunakan daun sirih secara teratur, apabila Anda sedang mengalami depresi. Meski begitu, pemakaiannya harus dikontrol agar tidak menimbulkan kecanduan.

10. Obat Batuk

Manfaat daun sirih, terutama daun sirih merah dapat membantu meredakan batuk. Kandungan alkaloid, vitamin C dan vitamin B, dalam daun sirih akan meringankan tenggorokan gatal yang disebabkan oleh peradangan. Jika Anda mengalami batuk, minumlah rebusan air daun sirih selama satu hari sekali.

Anda bisa merebus 5 lembar daun sirih bersih yang dimasukan ke dalam 300 ml air. Panaskan selama kurang lebih 15-20 menit, kemudian minum untuk meredakan batuk.

Efek Samping Daun Sirih

Walaupun memiliki segudang khasiat yang baik bagi tubuh, penggunaan daun sirih secara berlebihan akan menimbulkan beberapa efek samping. Hal ini harus dihindari agar manfaat daun sirih saja yang dirasakan. Melansir India Parenting, berikut efek samping daun sirih bagi tubuh:

1. Dapat Menyebabkan Sariawan

Pemakaian daun sirih dapat menyebabkan masalah mulut seperti sariawan. Pada beberapa kasus, daun sirih dan buah pinang yang dikunyah secara bersamaan ternyata dapat menyebabkan kerusakan DNA. Hal ini berdampak juga terhadap organ mulut lainnya. Untuk menghindari efek samping ini, disarankan agar memakai daun sirih pada waktu tertentu saja.

2. Menimbulkan Kecanduan

Efek samping lainnya yang bisa ditimbulkan oleh daun sirih yaitu menimbulkan kecanduan. Khususnya saat pemakaiannya dicampur tembakau. Seperti diketahui, tembaku dalam bentuk rokok mengandung sejumlah zat yang berbahaya untuk tubuh. Jika pemakaian daun sirih dibarengi dengan tembakau, maka daun tersebut akan bersifat adiktif.

3. Risiko Masalah Kesehatan Lainnya

Dalam sejumlah studi dan beberapa penelitian yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, ditemukan beberapa bukti yang cukup meyakinkan. Konsumsi campuran daun sirih dengan buah pinang memiliki efek samping untuk kesehatan. Terutama pada ibu hamil. Penggunaan kedua bahan tersebut secara berlebihan, bisa meningkatkan risiko keguguran serta risiko cacat lahir bagi janin di dalam kandungan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, sebaiknya ibu hamil menggunakan daun sirih dalam batas wajar. Sehingga manfaat daun sirih dari kandungan di dalamnya seperti mineral, vitamin, dan serat dapat dirasakan tubuh. Komponen-komponen tersebut sangat penting serta dibutuhkan ibu hamil saat mengandung janin.

Demikian manfaat daun sirih dan efek sampingnya untuk kesehatan. Seperti bahan herbal lainnya, gunakanlah daun sirih sebagai obat alami secara teratur. Dengan begitu, tubuh pun akan terhindar dari efek sampingnya.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait