6 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Image title
25 November 2021, 15:12
Ilustrasi Manfaat Bawang Putih Tunggal
iStock
Ilustrasi Manfaat Bawang Putih Tunggal

Keberadaan bawang putih tentu tak bisa dilepaskan dalam dunia dapur Indonesia. Hampir setiap masakan selalu ada campuran bawang putih sebagai pelengkap rasa. Terutama sambal yang rasanya akan kurang lengkap bila belum ada ulekan bawang putih di dalamnya.

Namun, ternyata bawang putih yang sering ditemukan di pasaran itu memiliki beragam jenis. Setidaknya ada beberapa jenis bawang putih yang bisa dikonsumsi untuk bumbu hingga obat, seperti bawang putih lokal, bawang putih kating, bawang putih lanang, hingga bawang putih shin chung yang berasal dari Tiongkok.

Salah satu jenis bawang putih yang belum banyak diketahui manfaatnya adalah bawang putih tunggal atau lanang. Bawang putih ini hanya tumbuh dengan satu bonggol. Secara tekstur dan ukuran bentuknya bulat dengan warna yang lebih putih. Manfaat dari bawang putih tunggal pun disinyalir lebih banyak daripada bawang putih biasa. Khususnya untuk membantu mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Dari keberagaman bawang putih, bawang putih tunggal hadir dengan aneka macam manfaatnya. Berikut rangkuman manfaat bawang putih tunggal yang dilansir dari Sehatq.com, dan memiliki implikasi positif terhadap kesehatan.

1. Mencegah Komplikasi Kehamilan

Bagi para ibu hamil, manfaat bawang putih tunggal juga direkomendasikan untuk dikonsumsi. Khasiat bawang putih lanang untuk ibu hamil adalah guna menghindari risiko komplikasi kehamilan.

Melalui kandungan di dalamnya, bawang putih tunggal bisa memaksimalkan kinerja enzim yang biasanya menurun saat ibu tengah mengandung. Tentunya, enzim menurun cukup berbahaya bagi para ibu hamil.

Tidak hanya berhenti disitu saja. Manfaat bawang putih tunggal juga mengurangi risiko ibu hamil mengalami preeklamsia. Untuk tahu dosis yang pas, sebaiknya tanyakan kepada dokter kandungan masing-masing.

2. Menjaga Kebugaran Tubuh

Penyakit mudah menginfeksi seseorang ketika daya tahan tubuhnya menurun. Mengonsumsi bawang putih tunggal secara rutin dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar. Hal ini berkhasiat karena bawang putih tunggal mengandung senyawa yang bisa menjaga tubuh dari serangan infeksi virus hingga bakteri.

Konsumsi bawang putih tunggal bisa dicampurkan dalam bumbu masak, atau dikonsumsi langsung.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...