Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita, Mengatasi Jerawat Sampai Sel Kanker

Image title
25 November 2021, 15:43
Manfaat daun sirsak untuk wanita.
Allrecipes
Manfaat daun sirsak untuk wanita.

Tanaman sirsak memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bukan hanya buahnya, tapi juga daunnya. Bahkan, daun dari tanaman dengan nama latin Annona muricata ini sering dijadikan obat herbal dengan perpaduan bahan alami lainnya.

Tanaman sirsak merupakan jenis flora yang dapat tumbuh dan berkembang di banyak tempat, salah satunya di iklim tropis. Buah dengan kulit berduri berwarna hijau ini memiliki rasa asam manis. Adapun klasifikasi pohon sirsak sebagai berikut:

Advertisement
  • Kingdom : Plantae.
  • Divisi : Spermatophyta.
  • Sub Divisi : Angiospermae.
  • Kelas : Dicotyledonae.
  • Ordo : Polycarpiceae.
  • Famili : Annonaceae.
  • Genus : Annona.
  • Spesies : Annona muricata Linn.
  • Nama Umum : Graviola (Brazil), Soursop (Inggris), Guanabana (Spanyol), Nangka Sabrang atau Nangka Belanda (Jawa), Nangka Walanda atau Sirsak (Sunda).

Buah sirsak memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari yang kecil sampai yang berukuran jumbo. Tanaman ini mengandung nutrisi, serat, dan vitamin C. Selain itu, daun sirsak dapat dikonsumsi serta memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Daun buah ini memiliki beberapa kandungan senyawa, seperti acetogenin, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, dan anonol.

Daun tanaman sirsak berkhasiat, di antaranya untuk mengobati kanker, meningkatkan jumlah sperma, mengobati peradangan, membantu fungsi otot, mengatur dan mengontrol kadar gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga mengendalikan parasit.

Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita

Khusus untuk perempuan, daun sirsak ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan atau sebagai perawatan kecantikan. Adapun manfat daun sirsak untuk wanita sebagai berikut:

Mengobati Kista

Manfaat daun sirsak dapat mengobati kista pada ovarium. Jika tidak segera ditangani, tumor ini bisa berubah menjadi sel kanker yang dapat mengancam nyawa.

Daun sirsak dipercaya bisa mengatasi tumor jinak. Namun, untuk menggunakannya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan dalam penanganan penyakit berbahaya ini.

Baik untuk Kesuburan

Daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan kesuburan wanita. Daun herbal ini memiliki kemampuan untuk memperkuat rahim. Kendati demikian, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektifitas daun sirsak dalam meningkatkan kesuburan wanita.

Jika ingin mengonsumsi daun sirsak sebagai peningkat kesuburan, ada baiknya untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter kandungan agar tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan efek samping berbahaya.

Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang ideal merupakan dambaan bagi sebagian wanita. Tak jarang, beberapa dari mereka rela melakukan perawatan hingga jutaan rupiah demi mendapatkan berat badan ideal.

Daun sirsak dipercaya bisa menurunkan berat badan karena melancarkan pencernaan. Daun sirsak ini bisa melancarkan pembuangan air besar sehingga berat badan lebih mudah terkontrol.

Mengatasi Masalah Jerawat

Tidak hanya untuk kesehatan, daun sirsak juga dapat membantu dalam perawatan kecantikan. Dikutip dari laman klikdokter.com, daun sirsak dipercaya bisa mengatasi masalah jerawat. Ada beberapa kandungan baik dalam daun sirsak yang ampuh mengatasi masalah jerawat, di antaranya:

- Antioksidan

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement