Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Berikut cara cek sertifikat vaksin Covid-19 yang bisa dilakukan dengan sederhana dan dalam kurun waktu singkat.
Image title
26 November 2021, 10:22
Ilustrasi cara cek sertifikat vaksin Covid-19, peduli lindungi, pedulilindungi, sertifikat vaksin
Twitter/@ismailfahmi
Sertifikat vaksin Covid-19

Lebih dari setahun pandemi Covid-19 menerjang Indonesia dan membuat hampir semua poros kehidupan menjadi lumpuh. Tidak hanya pada sektor kesehatan, namun juga ekonomi, pendidikan dan sektor sosial lainnya. Sehingga membuat rugi negara dalam jumlah nominal yang cukup banyak.

Salah satu cara untuk menangani permasalahan itu adalah dengan membuat sejumlah solusi agar para warga Indonesia bisa bergerak namun tetap terpantau. Pemantauan ini dilakukan agar virus Covid-19 tidak menyebar begitu cepat. Untuk memantau hal itu dibentuklah sistem digital peduli lindungi.

Melansir situs Pedulilindungi.id, aplikasi ini adalah pelacak Covid-19 yang digunakan secara resmi untuk pelacakan kontak digital di Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Kementerian BUMN.

Sebelum diluncurkan, nama aplikasi ini adalah TraceTogether, tetapi namanya diganti menjadi PeduliLindungi karena dinilai mirip seperti aplikasi pelacakan kontak dari Singapura.

Advertisement

Fitur Peduli Lindungi

Pada awal peluncuran aplikasi ini hadir untuk menjadi pelacakan kontak digital. Dalam proses kerjanya Peduli Lindungi menggunakan fitur GPS ponsel untuk melacak keberadaan penggunanya. Ponsel tiap penggunanya akan saling bertukar identitas anonim apabila berada di jangkauan GPS yang sama dan menyimpan data tersebut selama 14 hari.

Pelacakan ini berguna untuk mengetahui apakah seseorang pernah berada dekat dengan kasus suspek, konfirmasi, dan kontak erat.[5] Selain itu, pelacakan ini juga dapat memberitahu pengguna ketika berada di zona merah maupun hijau beserta data kasus Covid-19 di tempat tersebut.

PeduliLindungi juga menyediakan fitur layanan konsultasi dokter dari jarak jauh, atau dikenal sebagai teledokter. Fitur ini bekerja sama dengan beberapa pihak layanan kesehatan, seperti Halodoc, Telkomedika, Good Doctor, dan Prosehat dan sejumlah aplikasi digital lainnya.  Fitur ini dapat digunakan oleh masyarakat yang mengalami gejala atau sedang isolasi mandiri.

Pendaftaran vaksinasi dan pengunduhan sertifikat vaksinasi juga dapat dilakukan melalui aplikasi ini. Sertifikat vaksinasi dapat diunduh satu hingga tiga hari setelah vaksinasi. Meskipun demikian, data vaksinasi mungkin tidak tercantum pada aplikasi hingga melebihi waktu tersebut sehingga masyarakat harus mengubungi kontak PeduliLindungi baik melalui email, atau kontak lain yang tersedia.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Melalui Aplikasi Peduli Lindungi

Aplikasi peduli lindungi yang dibuat untuk menjaga dan memantau pergerakan masyarakat Indonesia. Distribusi sertifikat vaksin juga dilakukan pada aplikasi ini. Berikut cara cek sertifikat vaksin di aplikasi Peduli Lindungi:

1. Silakan masuk ke situs https://www.pedulilindungi.id
2. Selanjutnya, tekan tombol Login/Register. Bagi Anda yang sudah memiliki akun bisa masuk menggunakan alamat email atau nomor terdaftar. Berikutnya beri tanda ceklis pada boks dan klik tombol Masuk.
3. Demi keamanan, fitur ini dapat diakses dengan nomor telepon maka akan ada One Time Password yang masuk.
4. Apabila Anda belum memiliki akun, tekan Daftar. Berikutnya masukkan nama dan alamat email atau nomor telepon. Beri tanda centang pada kolom boks dan klik Daftar.

Berikutnya akan masuk ke halaman depan website tersebut. Untuk mengecek sertifikat, simak caranya berikut:

1. Klik tombol nama akun di bagian kanan atas layar.
2. Berikutnya tekan menu Sertifikat Vaksin.
3. Tekan nama pengguna.
4. Akan terlihat sertifikat vaksin dengan jumlah bergantung pada dosis yang diterima. Di dalam sertifkkat berisi data seperti nama lengkap, NIK hingga tanggal pemberian vaksin.
5. Untuk mengunduh sertifikat klik pada file yang diinginkan.
6. Tekan tombol 'Unduh' Sertifikat.
7. Akan ada boks pemberitahuan penyimpanan file, klik 'Ya Lanjutkan'.
8. Setelah unduhan selesai, Anda dapat melihat sertifikat vaksin.

Saat ini pemerintah telah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan digital untuk penggunaan aplikasi peduli lindungi sekaligus bisa untuk mengecek sertifikat vaksin. Dari hasil kerja sama tersebut sertifikat vaksin juga bisa dicek melalui aplikasi populer. Yakni, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, DANA, Livin' by Mandiri, Cinema XXI, LinkAja, Goers, JAKI, Shopee, Loket.com, BNI Mobile, MCash.

Demikianlah penjelasan mengani aplikasi Peduli Lindungi dan juga cara cek sertifikat vaksin. Semoga ikhtiar ini bisa melindungi kita dari persebaran virus Covid-19, sehingga roda ekonomi dan aktivitas bisa berjalan normal.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait