Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Image title
26 November 2021, 10:22
Ilustrasi cara cek sertifikat vaksin Covid-19, peduli lindungi, pedulilindungi, sertifikat vaksin
Twitter/@ismailfahmi
Sertifikat vaksin Covid-19

Lebih dari setahun pandemi Covid-19 menerjang Indonesia dan membuat hampir semua poros kehidupan menjadi lumpuh. Tidak hanya pada sektor kesehatan, namun juga ekonomi, pendidikan dan sektor sosial lainnya. Sehingga membuat rugi negara dalam jumlah nominal yang cukup banyak.

Salah satu cara untuk menangani permasalahan itu adalah dengan membuat sejumlah solusi agar para warga Indonesia bisa bergerak namun tetap terpantau. Pemantauan ini dilakukan agar virus Covid-19 tidak menyebar begitu cepat. Untuk memantau hal itu dibentuklah sistem digital peduli lindungi.

Melansir situs Pedulilindungi.id, aplikasi ini adalah pelacak Covid-19 yang digunakan secara resmi untuk pelacakan kontak digital di Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Kementerian BUMN.

Sebelum diluncurkan, nama aplikasi ini adalah TraceTogether, tetapi namanya diganti menjadi PeduliLindungi karena dinilai mirip seperti aplikasi pelacakan kontak dari Singapura.

Fitur Peduli Lindungi

Pada awal peluncuran aplikasi ini hadir untuk menjadi pelacakan kontak digital. Dalam proses kerjanya Peduli Lindungi menggunakan fitur GPS ponsel untuk melacak keberadaan penggunanya. Ponsel tiap penggunanya akan saling bertukar identitas anonim apabila berada di jangkauan GPS yang sama dan menyimpan data tersebut selama 14 hari.

Pelacakan ini berguna untuk mengetahui apakah seseorang pernah berada dekat dengan kasus suspek, konfirmasi, dan kontak erat.[5] Selain itu, pelacakan ini juga dapat memberitahu pengguna ketika berada di zona merah maupun hijau beserta data kasus Covid-19 di tempat tersebut.

PeduliLindungi juga menyediakan fitur layanan konsultasi dokter dari jarak jauh, atau dikenal sebagai teledokter. Fitur ini bekerja sama dengan beberapa pihak layanan kesehatan, seperti Halodoc, Telkomedika, Good Doctor, dan Prosehat dan sejumlah aplikasi digital lainnya.  Fitur ini dapat digunakan oleh masyarakat yang mengalami gejala atau sedang isolasi mandiri.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...