Cara Mengecilkan Paha: Asupan Nutrisi Sampai Jenis Latihan yang Tepat

Image title
26 November 2021, 12:38
Cara mengecilkan paha.
Pexels.com
Cara mengecilkan paha.

Hampir sebagian besar orang, khususnya perempuan, mendambakan tubuh yang ideal. Berbagai cara pun dilakukan untuk memperoleh tubuh yang langsing, kencang, hingga berotot pada area tertentu.  Salah satu area tubuh yang sering jadi perhatian ialah paha.

Menurut penelitian, setiap orang memiliki lemak di sekujur tubuh, untuk wanita, lemak cenderung menumpuk di area paha lebih banyak daripada pria.

CEO NY Nutrition Group, Lisa Moskovitz mengatakan seseorang dapat mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga, hanya saja tubuh tidak tahu di area mana harus membakar lemak.

Sependapat dengan Moskovitz, pelatih pribadi Ben Lauder-Dykes menambahkan, kehilangan lemak (secara umum) menghasilkan defisit kalori yang dapat menurunkan berat badan. Ketika kehilangan lemak, seseorang dapat memperkuat, membentuk, dan membangun otot di area tertentu yang mereka inginkan dengan berolahraga.

Jadi, meskipun tidak ada jalan pintas untuk menghilangkan lemak paha secara khusus, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengencangkan kaki dan menurunkan berada badan secara menyeluruh.

Cara Mengecilkan Paha

Mengutip Women's Health dan laman terkait lainnya, berikut cara mengecilkan paha.

1. Memperhatikan Lemak Tubuh

Pendiri SoHo Strength Lab, Promix Nutrition, dan ARENA, Albert Matheny mengatakan persentase lemak tubuh adalah jumlah lemak tubuh yang dimiliki dibandingkan dengan massa tubuh secara keseluruhan. Adapun yang dibutuhkan adalah persentase otot tanpa lemak yang lebih tinggi dan lemak tubuh (persentase yang lebih rendah).

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui persentase lemak tubuh, mulai dari menggunakan timbangan pintar, sampai berkonsultasi dengan dokter atau pelatih yang dipercaya.

2. Lakukan Latihan yang Menargetkan Paha

Ada berbagai latihan yang bisa dilakukan untuk melatih otot-otot paha dan membuat paha menjadi lebih kencang, seperti squat, lunges, dan deadlift.

Di tempat fitness, ada beberapa alat yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan paha, di antaranya clamshell, side leg raise, leg press machine, leg extension machine, leg curl machine, air bike, mesin dayung, weight machine, dan sebagainya.

Buatlah rencana latihan rutin dengan tujuan mengecilkan paha. Pilihlah latihan favorit dan selesaikan masing-masing 8-12 repetisi sebanyak 3-4 set. Idealnya, cobalah Lakukan latihan kaki selama dua hari setiap minggu, gabungkan gerakan gabungan multi-otot (misalnya: squat dan lunges) dengan latihan bertarget (seperti, postur jembatan dan ikal hamstring).

3. Perhatikan Asupan Garam

Menurut Moskovitz, semakin banyak seseorang mengonsumsi garam, semakin banyak pula air yang disimpan alih-alih disaring oleh ginjal.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...