Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Obat dan Bahan Alami

Hidung tersumbat merupakan gejala yang cukup sering dialami sebagian orang. Berikut cara mengatasi hidung tersumbat dengan obat dan bahan alami.
Image title
26 November 2021, 15:19
Cara mengatasi hidung tersumbat.
Pexels.com/Andrea Piacquadio
Cara mengatasi hidung tersumbat.

Hidung tersumbat dapat menganggu aktivitas harian. Gejalanya dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman ketika bernafas hingga harus beberapa kali mengeluarkan ingus dari saluran pernapasan.

Hidung tersumbat dapat terjadi karena beberapa faktor, mulai dari iritasi pada area hidung akibat polusi udara, penyakit pernapasan, alergi, hingga infeksi.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Obat

Hidung tersumbat dapat diatasi dengan mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan yang dijual di apotek. Ada beberapa jenis obat yang bisa dipilih, di antaranya:

Antihistamin

Antihistamin merupakan obat yang bisa meredakan alergi dan dapat membantu mengurangi gangguan yang terjadi pada area pernapasan.

Advertisement

Dekongestan

Dekongestan memiliki sifat yang bisa membantu mengurangi pembengkakan di hidung. Pembengkakan ini biasanya menyebabkan hidung tersumbat. Ada dua jenis obat dekongestan yang bisa digunakan, yakni dalam bentuk oral dengan cara diminum dan nasal yang disemprotkan ke hidung.

Nasal Spray

Obat semprot hidung ini dapat menjadi pilihan mengatasi hidung mampet sebelah. Cairan ini bisa disemprotkan langsung ke bagian dalam area hidung. Setelah pemakaian, area di dalam hidung akan menjadi lembab dan lendir yang menyumbat menjadi lebih encer sehingga mudah keluar dan membuat hidung tidak tersumbat lagi.

Nasal spray biasanya terbuat dari larutan garam dan tergolong aman. Namun jika ingin menggunakan nasal spray tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter atau mencari tahu terlebih dahulu keamanan dari penggunaan obat ini.

Nasal Dekongestan

Nasal dekongestan tergolong sebagai obat yang bisa mengurangi pelebaran pada pembuluh darah di area hidung. Cara ini bisa menjadi upaya untuk mengurangi gejala hidung tersumbat yang menggangu. Nasal dekongestan memiliki kandungan Oxymetazoline yang bermanfaat meredakan hidung tersumbat akibat alergi, flu dan sinusitis.

Cairan Saline

Cairan saline adalah obat semprot atau tetes hidung yang mengandung larutan air garam. Obat ini bekerja dengan cara melembapkan dinding saluran pernapasan dan melunakan ingus, sehingga mencegah terbentuknya kerak dalam hidung.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Bahan Alami

Selain obat-obatan di atas, cara mengatasi hidung tersumbat bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami berikut:

Bawang merah

Bawang merah dikenal sebagai bumbu dapur penyedap masakan. rempah yang satu ini memang menjadi salah satu ciri khas dari makanan Indonesia yang kita konsumsi setiap harinya. Namun, di balik rasanya yang sedikit pedas, ternyata bawang merah bisa digunakan sebagai obat alami hidung tersumbat.

Untuk menggunakan bawang merah sebagai cara mengatasi hidung tersumbat adalah dengan mengupas bawang merah dan menghirup aromanya. Selain mudah dan murah, cara ini cukup efektif untuk mengatasi hidung mampet dan membuat pernapasan menjadi lebih lega.

Bawang putih

Bukan cuma bawang merah, bawang putih juga ampuh mengatasi gejala hidung tesumbat. Caranya, bisa dilakukan dengan membuat rempah yang satu ini menjadi minuman yang menyehatkan. Untuk memanfaatkan kebaikan bawang putih tersebut, Anda bisa merebus dua sampai tiga siung bawang putih, kemudian minum air rebusannya.

Garam

Bumbu masakan lainnya yang ternyata bisa digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat yaitu garam. Untuk memperoleh manfaat dari bumbu dengan rasa asin ini bisa dilakukan dengan mencampurkan garam dengan segelas air hangat. Kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur. Garam bisa mengencerkan cairan lendir, sehingga hidung menjadi lebih lega dan napas menjadi lebih nyaman.

Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang banyak digunakan untuk pengobatan, mulai dari perawatan kecantikan hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Buah yang kaya akan vitamin C ini ternyata bisa digunakan sebagai alternatif cara mengatasi hidung tersumbat.

Cuka apel

Biasanya bahan yang satu ini dimanfaatkan untuk perawatan kulit terutama kulit yang berjerawat. Namun, cuka apel juga bisa digunakan untuk meredakan hidung yang tersumbat. Cara alami ini bisa dilakukan dengan mencampurkan sekitar dua sendok teh cuka apel dengan satu gelas air hangat. Lalu, minum campuran tersebut setidaknya tiga kali sehari. Jika dirasa terlalu masam, bisa ditambahkan madu secukupnya .

Tomat

Tomat bisa digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat. Namun tomat yang digunakan bukan tomat utuh, melainkan tomat yang sudah dijus. Senyawa yang ada di dalam tomat memiliki sifat anti peradangan yang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi hidung mampet.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda bisa menyampurkan satu sendok bawang putih dan garam sebanyak satu sendok teh dalam jus tomat. Kemudian minum minimal dua kali sehari untuk bisa menyembuhkan hidung tersumbat secara maksimal.

Teh herbal

Bahan alami lainnya yang bisa Anda pilih sebagai cara mengatasi hidung tersumbat yaitu teh herbal. Teh herbal yang diseduh kemudian ditambahkan madu dan lemon bisa menjadi obat untuk hidung tesumbat.

Zat antibakteri yang terkandung di dalam madu ditambah vitamin c dalam lemon bisa mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, teh yang memiliki aroma wangi ini akan membuat Anda lebih rileks dan nyaman.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait