Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Obat dan Bahan Alami

Image title
26 November 2021, 15:19
Cara mengatasi hidung tersumbat.
Pexels.com/Andrea Piacquadio
Cara mengatasi hidung tersumbat.

Hidung tersumbat dapat menganggu aktivitas harian. Gejalanya dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman ketika bernafas hingga harus beberapa kali mengeluarkan ingus dari saluran pernapasan.

Hidung tersumbat dapat terjadi karena beberapa faktor, mulai dari iritasi pada area hidung akibat polusi udara, penyakit pernapasan, alergi, hingga infeksi.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Obat

Hidung tersumbat dapat diatasi dengan mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan yang dijual di apotek. Ada beberapa jenis obat yang bisa dipilih, di antaranya:

Antihistamin

Antihistamin merupakan obat yang bisa meredakan alergi dan dapat membantu mengurangi gangguan yang terjadi pada area pernapasan.

Dekongestan

Dekongestan memiliki sifat yang bisa membantu mengurangi pembengkakan di hidung. Pembengkakan ini biasanya menyebabkan hidung tersumbat. Ada dua jenis obat dekongestan yang bisa digunakan, yakni dalam bentuk oral dengan cara diminum dan nasal yang disemprotkan ke hidung.

Nasal Spray

Obat semprot hidung ini dapat menjadi pilihan mengatasi hidung mampet sebelah. Cairan ini bisa disemprotkan langsung ke bagian dalam area hidung. Setelah pemakaian, area di dalam hidung akan menjadi lembab dan lendir yang menyumbat menjadi lebih encer sehingga mudah keluar dan membuat hidung tidak tersumbat lagi.

Nasal spray biasanya terbuat dari larutan garam dan tergolong aman. Namun jika ingin menggunakan nasal spray tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter atau mencari tahu terlebih dahulu keamanan dari penggunaan obat ini.

Nasal Dekongestan

Nasal dekongestan tergolong sebagai obat yang bisa mengurangi pelebaran pada pembuluh darah di area hidung. Cara ini bisa menjadi upaya untuk mengurangi gejala hidung tersumbat yang menggangu. Nasal dekongestan memiliki kandungan Oxymetazoline yang bermanfaat meredakan hidung tersumbat akibat alergi, flu dan sinusitis.

Cairan Saline

Cairan saline adalah obat semprot atau tetes hidung yang mengandung larutan air garam. Obat ini bekerja dengan cara melembapkan dinding saluran pernapasan dan melunakan ingus, sehingga mencegah terbentuknya kerak dalam hidung.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Bahan Alami

Selain obat-obatan di atas, cara mengatasi hidung tersumbat bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami berikut:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...