5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Aman

Image title
26 November 2021, 16:32
Ilustrasi lidah buaya sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami
pixabay.com
Ilustrasi lidah buaya sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami

Keberadaan ketombe tentunya sungguh mengganggu dan merusak penampilan. Selain itu ketombe dapat merusak rasa percaya diri karena membuat pandangan orang terhadap diri kita menjadi buruk. Makanya, tak jarang orang melakukan berbagai cara menghilangkan ketombe di kepala agar masalah munculnya serpihan berwarna putih yang berasal dari kulit kepala dan disertai rasa gatal ini bisa lenyap.

Ketombe muncul akibat beberapa penyebab. Dari kulit kepala berminyak (dermatitis seboroik), kulit kepala kering, infeksi jamur pada kulit kepala, hingga psoriasis. Apabila salah satu penyakit kulit kepala tersebut muncul rasanya selalu ingin menggaruk kepala karena gatal yang tak tertahankan.

Selain penyebab ketombe yang telah disebutkan di atas, ada juga masalah kulit kepala lainnya seperti, terlalu berminyak atau terlalu kering sehingga kemungkinan jamur Malassezia berkembang biak bisa semakin besar. Kondisi ini pun bisa terjadi pada semua kalangan, termasuk bayi.

Sehingga menghilangkan ketombe kini bukanlah perkara yang bisa dipandang sebelah mata. Penanganan tersebut haruslah dilakukan secara serius. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan alami.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ada sejumlah bahan alami yang bisa menjadi pilihan dalam menghilangkan ketombe. Sejumlah sampo produk sampo antiketombe juga menggunakan bahan alami.

Bila Anda ingin menggunakan bahan alami secara langsung dan bukan dalam bentuk sampo kemasan, berikut rekomendasinya, sebagaimana dilansir dari SehatQ.com:

1. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan ketombe secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Dengan minyak kelapa bisa jadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami karena kemampuannya menghidrasi kulit kepala.

Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat mengobati kondisi eksim, yakni masalah kulit yang memicu munculnya ketombe.

Minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang mampu mengusir jamur penyebab infeksi. Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa cukup menggunakan dua sendok makan minyak kelapa. Kemudian, pijat kulit kepala secara perlahan. Setelah itu diamkan selama satu jam sebelum membilasnya dengan sampo. Setelah selesai, pastikan rambut Anda terbilas bersih agar tidak ada sisa minyak yang tertinggal karena dapat berisiko menyumbat pori-pori kulit.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...