Panduan Lengkap Cara Buat Tabel di Word Pakai Insert Table

Image title
30 November 2021, 15:54
Cara buat tabel di Word
Katadata
Cara buat tabel di Word

Cara membuat tabel di Microsoft Word tidak serumit membikin tabel di Microsoft Excel. Aplikasi pengolah kata ini memiliki fitur insert table yang akan memudahkan Anda menyusun data menggunakan tabel. Tinggal klik kiri pada insert toolbars dan pilih menu table untuk cara buat tabel di Word.

Microsoft Word memungkinkan Anda untuk melakukan sesuatu yang menarik dengan tabel. Anda bisa mengatur teks di dalam baris dan kolom. Selain terlihat lebih rapi, tabel membantu Anda mengedit, mengatur dan menyusun data di lembar kerja Microsoft Word. Di dalam tabel terdapat sel. Sebuah garis persimpangan antara baris dan kolom.

Mengedit teks di pada tabel cukup gampang. Anda perlu mengatur baris dan batas spasi sesuai keinginan. Tampilan tabel pun bisa dibuat semenarik mungkin. Ketika tabel sudah muncul di lembar kerja Microsoft Word, Anda hanya perlu mengarahkan kursor ke bagian atas toolbars. Ini mengingat, di bagian tersebut terdapat menu Table Tools yang fungsinya untuk memformat atau mewarnai tabel.

Sebelum membahas lebih jauh tentang tabel dan cara buat tabel di Word, sebaiknya Anda perlu memahami fungsi tabel di aplikasi tersebut. Sehingga, Anda tidak perlu kebingungan lagi kapan harus menyisipkan tabel saat mengerjakan sebuah dokumen. Simak penjelasan fungsi tabel di Microsoft Word berikut ini.

Fungsi Tabel di Microsoft Word

Jika Anda bertanya apa itu tabel?, dan bagaimana fungsi tabel pada Microsoft Word?, maka jawabannya ada dalam pembahasan ini. Dikutip dari buku berjudul Belajar Cepat Microsoft Word 2007, secara umum tabel adalah pelengkap dalam sebuah dokumen. Meskipun strukturnya sama, fungsi tabel di Microsoft Word sangat berbeda dengan tabel atau sheet pada aplikasi pengolahan angka worksheet seperti Microsoft Excel.

Fungsi tabel pada Microsoft Word hanya sebagai sarana pengatur teks saja. Tabel di Word terdiri dari baris, kolom dan sel. Singkatnya fungsi tabel di aplikasi ini jauh lebih sederhana ketimbang fungsi tabel di Microsoft Excel. Dengan begitu, Anda tidak bisa menggunakan tabel di software tersebut selayaknya di aplikasi pengolahan angka itu.

Anda bisa memanfaatkan tabel untuk mengatur berbagai macam teks, yang ada pada lembar dokumen kerja Microsoft Word. Baris dan kolom tabel memudahkan Anda saat ingin memisahkan data satu dengan data lainnya.

Tidak hanya membuat tabel, Anda dapat menyisipkan Excel Spreadsheet dari Microsoft Excel. Hal ini bisa terjadi karena baik Microsoft Word maupun aplikasi Microsoft Office lainnya, saling mendukung dan fungsi kerjanya terhubung satu sama lain. Dengan begitu, semua pekerjaan Anda akan sangat dimudahkan.

Menu tabel di Microsoft Word bisa Anda temukan dari seri Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010, Microsoft Word 2016, sampai Microsoft Word 2019. Bahkan, aplikasi Microsoft Word yang diperuntukan bagi ponsel pintar Android atau Iphone juga punya tool table.

Cara Membuat Tabel di Word Menggunakan Insert Table

Ada beberapa cara membuat tabel di Microsoft Word. Metode termudah Anda bisa menyisipkan tabel ke dalam dokumen kosong di lembar kerja dengan menu insert table.

Seperti penjelasan sebelumnya, Anda bisa memakai tool insert table di beberapa seri Microsoft Word. Tabel akan membantu Anda mengurutkan suatu data atau membagi beberapa kategori pada teks.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan lengkap soal cara buat tabel di Word berikut ini:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...