6 Cara Membuat Footnote di Word dengan Mudah

Image title
30 November 2021, 16:45
Ilustrasi cara membuat footnote di Word
Katadata
Ilustrasi cara membuat footnote di Word

Dalam proses penulisan, tentu sudah menjadi kewajiban untuk menghadirkan footnote atau catatan kaki di Microsoft Word atau Word. Namun tidak semua penulis bisa menghadirkan catatan kaki dengan mudah. Oleh karenanya para penulis saat mengetik harus mengenal Microsoft word yang sudah dilengkapi fitur penambahan footnote, sehingga bisa dibuat dengan lebih mudah dan dinamis.

Dalam praktiknya, Microsoft Word selalu menyediakan fasilitas lengkap bagi penggunanya. Setiap versi baru diluncurkan, terdapat pengembangan fitur-fitur di dalamnya. Semakin perkembangan zaman, bertambah banyak pula fitur otomatis yang membuat aplikasi perkantoran ini semakin dicintai masyarakat luas.

Fitur yang paling banyak manfaat dan dibutuhkan adalah pembuat footnote default atau bisa disebut sebagai fitur pembuat catatan kaki. Catatan kaki hadir untuk menjadi sumber referensi sekaligus penjelas atas suatu kalimat atau teks di dalam tulisan. Keberadaannya akan memudahkan pembaca untuk mengetahui sumber kutipan atau mengetahui makna suatu istilah asing.

Hal yang perlu diingat adalah catatan kaki tidak boleh dilakukan secara asal. Ada aturan dan kaidah penulisan yang juga berbeda ketika menulis teks yang menjadi isi karya tulis yang dibuat.

Mengenal Pengertian Footnote

Dari pengertiannya, footnote atau catatan kaki yang dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan keterangan yang dicantumkan pada margin bawah pada halaman buku.

Catatan kaki bisa memiliki kekhasan, yang umumnya ditulis atau dicetak dengan ukuran yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan ukuran pada teks. Sehingga Anda bisa menemukannya berbaris rapi di margin bagian bawah.

Dengan keberadaan catatan kaki, maka pembaca akan lebih mudah memahami isi teks dan makna atau pesan yang ingin disampaikan penulis. Catatan kaki bersifat untuk memudahkan pembaca mengetahui sumber referensi dan sumber kutipan. Selain itu, untuk catatan kaki yang menjelaskan definisi suatu istilah dalam teks.

Fungsi Footnote Dalam Tulisan

Ada beberapa fungsi dari catatan kaki selain memberikan informasi terkait referensi, berikut di antaranya:

1. Penanda Referensi yang Telah Digunakan

Kegunaan catatan kaki yang pertama adalah menjadi bukti referensi yang digunakan dalam tulisan. Dalam catatan kaki berisi detail nama penulis dan judul buku maupun sumber lain yang dijadikan referensi. Oleh karenanya catatan kaki juga menjadi bukti bahwa penulis menyampaikan kutipan dari sumber referensi kredibel dan terpercaya.

Hal ini menjadi bukti nyata bahwa tulisan yang dibuat memiliki kapabilitas dan kualitas yang baik. Referensi terpercaya dapat menjadi acuan dalam membuat tulisan tersebut. Mencantumkan sumber referensi juga memberi informasi kepada pembaca mengenai media lain yang bisa dipelajari dan masih satu tema atau topik.

2. Penambah Informasi Lanjutan

Manfaat lain dari catatan kaki adalah sebagai informasi lanjutan. Sebagai sumber referensi, pembaca juga mendapatkan rekomendasi bacaan lain untuk membantu memahami topik yang sedang dibaca. Selain itu, catatan kaki yang isinya menjelaskan definisi suatu istilah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...