Struktur Teks Ulasan, Ciri-Ciri, Beserta Contoh Kalimat

Dwi Latifatul Fajri
30 November 2021, 17:30
Teks Ulasan
pixabay.com/Katrina_S

Teks ulasan sering ditemukan pada buku, film, serial, dan komentar di blog. Jenis teks ini mudah ditemukan dan dibaca oleh semua orang. Teks ulasan memberikan pendapat yang berhubungan dengan objek yang ingin diulas.

Teks ulasan adalah teks yang memaparkan penilaian terhadap suatu objek atau karya. Pembaca bisa menilai kualitas sebuah karya dalam buku atau film. Dalam teks tersebut bisa ditambahkan kekurangan dan kelebihan dalam sebuah karya.

Advertisement

Teks ulasan pendek mudah ditemukan dalam sampul belakang buku, halaman awal buku, film, dan karya sastra (novel, cerpen, dan puisi). Ulasan dari pembaca ini bisa menjelaskan tentang pesan moral ke dalam kehidupan nyata. Teks ini juga membantu pembaca untuk memahami sebuah karya yang bermanfaat untuk masyarakat.

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah teks yang dibuat berdasarkan pengamatan, pemeriksaan, pertimbangan, dan hasil penilaian pada suatu karya. Penulis membuat informasi secara rinci suatu karya atau peristiwa.

Mengutip dari buku Teks Ulasan yang diterbitkan Guepedia, teks ulasan mengandung penilaian, resensi (review) tentang suatu karangan (puisi, film, cerpen, buku) untuk dijadikan pedoman pada pemaca.

Teks ini bisa menjadi pembelajaran dalam bahasa Indonesia. Teks ulasan bisa memberi informasi dan mempengaruhi pembaca untuk mendiskusikan lebih jauh mengenai sebuah karya. Pembaca bisa memikirkan apakah karya ini layak untuk dinikmati oleh pembaca atau penonton film.

Teks Ulasan Menurut Para Ahli

  • Gerot dan Wignell

Teks ulasan bermanfaat untuk mengukur, menilai, dan memikirkan kritik terhadap suatu karya.

  • Hyland dan Diani

Teks ulasan bisa mengupas dan menilai sebuah karya sastra. Ulasan ini bisa menjadi tolak ukur untuk menambah karya pada pembaca.

Struktur Teks Ulasan

Teks ulasan terdiri dari lima struktur penting yakni identitas karya, orientasi, sinopsis, dan penilaian karya. Mengutip dari modul Kupas Tuntas Karya Sastra yang diterbitkan kemdikbud, berikut penjelasan struktur teks ulasan.

  • Identitas

Identitas berada di bagian awal untuk teks ulasan. Bagian identitas ini terdiri dari judul, pengarag, penerbit, tahun terbit, dan halaman untuk karya sastra.

  • Orientasi

Paragraf pertama teks ulasan berisi orientasi pengenalan karya. Bagian awal ini mengulas informasi mengenai pengarang atau penerbit karya. Bisa juga sebagai kalimat pembuka untuk bagian isi.

  • Sinopsis

Bagian sinopsis berisi ringkasan isi karya yang perlu diulas. Penulis memberikan ringkasan pendek dari buku atau film, tapi tidak semuanya dijelaskan. Misal dari pengenalan tokoh dan awal konflik untuk menarik pembaca.

  • Penilaian Karya (kelebihan dan kekurangan)

Bagian ini berisi kelebihan dan kekurangan dari sebuah karya. Penulis bisa menjabarkan kalimat lebih banyak dan kekurangan memakai bahasa ringan dan mudah dimengerti. Kelebihan dan kekurangan suatu karya memberi manfaat pada pembaca untuk memahami isi bacaan.

Berikut manfaat kelebihan teks ulasan untuk pembaca

  1. Membantu pembaca memahami isi bacaan.
  2. Menarik minat untuk mengulas sebuah karya.
  3. Pembaca bisa menggambarkan suatu karya.
  4. Penulis dapat mempengaruhi teks ulasan pada pembaca lain.
  5. Teks ulasan untuk kalangan profesional bisa menghasilkan imbalan uang.

Manfaat mengisi kelemahan pada teks ulasan

  1. Teks ulasan bersifat pribadi sesuai opini penulis.
  2. Biasanya kelemahan dalam sebuah karya mendapat reaksi negatif dari pembaca lain.
  3. Terjadi perbedaan pendapat antara pengulas satu dengan yang lain.

Ciri-Ciri Teks Ulasan

  1. Struktur kalimat terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.
  2. Informasi berasal dari sudut pandang atau opini penulis mengenai suatu karya atau produk.
  3. Bagian opini berdasarkan fakta yang diinterpretasikan.
  4. Teks ulasan punya nama lain, yaitu resensi.

Jenis-Jenis Teks Ulasan

  • Teks Ulasan Informatif

Resensi mengandung gambaran singkat, padat, dan umum suatu karya. Teks ulasan ini hanya memaparkan bagian penting saja. Selain itu, resensi berfokus pada kelebihan dan kekurangan suatu karya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement