7 Cara Mengetahui Umur Kucing dan Kehamilannya

Image title
1 Desember 2021, 09:49
Cara mengetahui umur kucing dilihat dari tampilan fisiknya
Unsplash/Kristina Yadykina
Cara mengetahui umur kucing dilihat dari tampilan fisiknya

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari orang karena menggemaskan. Binatang ini dapat ditemukan hampir di seluruh daerah. Populasi kucing yang semakin bertambah dapat menimbulkan permasalahan karena banyak yang tidak terawat.

Oleh sebab itu, sterilisasi kucing kini semakin populer untuk menangani masalah tersebut. Tetapi, sterilisasi kucing memiliki syarat tertentu, salah satunya umur kucing. Menurut Dr. Adam Denish dalam PetMD, persyaratan umur untuk sterilisasi kucing adalah lima bulan.

Saat usia lima bulan, ukuran kucing sudah cukup besar dan anestesi umumnya aman diberikan saat operasi. Pemilik kucing yang merawat sejak dini dapat menghitung umur dengan mudah. Namun, bagaimana dengan kucing liar yang tidak diketahui kelahirannya?

Melansir PetMD, umur kucing dapat diketahui melalui pemeriksaan fisik. Ada beberapa cara mengetahui umur kucing sebagai berikut.

1. Ukuran Gigi Kucing

Dr. Stephen Horvath dalam PetMD menjelaskan, semakin muda usia kucing, semakin mudah bagi dokter hewan untuk menentukan kapan mereka dilahirkan. Faktor-faktor seperti ukuran dan gigi kucing bisa sangat berguna dalam mengetahui usia kucing.

Mengutip The Spruce Pets, gigi susu anak kucing pertama kali muncul pada usia dua hingga empat minggu, sehingga dapat digunakan sebagai cara mengetahui usia. Gigi permanen kucing mulai berkembang di atas gigi susu dan pada usia tiga sampai empat bulan.

Biasanya, semua gigi dewasa menjadi gigi permanen pada saat kucing berusia enam bulan, sehingga pertumbuhannya tidak lagi berguna dalam mengetahui umur kucing.

2. Kondisi Mulut Kucing

Menurut Cornell University Feline Health Center, jumlah noda atau karang gigi pada gigi kucing merupakan cara mengetahui umur kucing dewasa. Studi melaporkan, 50%-90% dari populasi kucing yang berusia lebih dari empat tahun menderita beberapa bentuk penyakit gigi.

Umumnya, penyakit mulut kucing sebagian besar dapat dicegah atau diobati dengan perawatan dan pemantauan gigi yang preventif.

3. Ukuran Anak Kucing

Dr. Stephen Horvath menjelaskan, kucing yang berumur sekitar empat sampai enam bulan biasanya bertambah satu pon atau 0,45 kilogram. Jadi, anak kucing seberat tiga pon maka berusia tiga bulan, anak kucing seberat empat pon maka berusia empat bulan, dan seterusnya sampai sekitar usia enam bulan.

Tetapi, jika kucing dalam kondisi kesehatan yang buruk, ukuran berat badan tidak dapat menjadi cara mengetahui usia yang akurat.

4. Perubahan Bulu Kucing

Menurut publikasi Michelson Found Animals Foundation, perubahan bulu kucing merupakan cara mengetahui umur kucing. Ketika anak kucing lahir, ia memiliki bulu yang tebal dan pendek. Seiring bertambahnya usia, bulu mereka menjadi lebih lembut dan halus.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...