Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Image title
1 Desember 2021, 15:58
Cara mengatasi kucing tidak mau makan.
Pexels.com/Freestocks.org
Cara mengatasi kucing tidak mau makan.

Mencukupi asupan makanan kucing merupakan syarat bagi mereka yang hendak memelihara hewan peliharaan yang satu ini. Namun, ada kalanya, hewan mungil ini menolak untuk makan.

Hilangnya nafsu makan pada hewan peliharaan bisa berakibat fatal. Ketika kucing tidak cukup makan, mereka akan mengandalkan cadangan lemak sebagai energi. Tapi, sebelum digunakan untuk bahan bakar, lemak harus diproses oleh hati, sehingga perlu pasokan protein yang cukup.

Dengan penurunan berat badan yang cepat pada kucing yang mogok makan, persediaan protein pun akan segera habis dan hati bakal kewalahan oleh semua lemak. Hal ini menyebabkan kondisi berbahaya yang dikenal sebagai lipidosis hati, yang dapat menyebabkan gagal hati.

Hilangnya nafsu makan kucing sering kali menunjukan adanya suatu penyakit, sehingga pemilik mesti berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Mengutip pets.webmd.com, ada beberapa hal yang menjadi penyebab kucing tidak mau makan, yakni:

  • Penyakit

Kehiangan nafsu makan bisa menjadi indikator bahwa ada sesuatu yang salah pada kucing. Ada beberapa kondisi yang kemungkinan menjadi penyebabnya, di antaranya infeksi, pankreatitis, gagal ginjal, masalah usus, hingga kanker. Bukan hanya penyakit serius, sakit gigi pun bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan.

  • Vaksinasi

Kehilangan nafsu makan pada kucing dapat disebabkan oleh reaksi negatif terhadap suntikan vaksin. Kehilangan nafsu makan adalah salah satu efek samping umum dari suntikan vaksin yang biasanya bersifat sementara dan ringan.

  • Perjalanan dan Lingkungan yang Asing

Perubahan rutinitas dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Selain itu, sejumlah hewan mengalami mabuk perjalanan saat bepergian dengan mobil atau pesawat, yang dapat menyebabkan mual dan kesulitan makan.

  • Masalah Psikologis

Jika dokter hewan sudah memastikan tidak ada sakit secara fisik yang menyebabkan kucing mogok makan, maka kecemasan atau depresi bisa menjadi alasan kucing tidak mau makan.

Berbagai perubahan dalam lingkungan mereka juga dapat mengganggu kucing, dan terkadang kehadiran orang baru dapat memengaruhi kestabilan emosional kucing. Selain itu, hewan ini pada umumnya membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan jenis makanan baru, sehingga perubahan pola makan bisa menjadi penyebabnya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...