Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing dengan Bahan Alami dan Kimia

Image title
1 Desember 2021, 15:18
Bahan alami dan kimia dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jamur pada kucing. Sebaiknya konsultasi ke dokter hewan untuk diagnosis yang tepat.
Pexels/Aleksandr Nadyojin

Penyakit jamur pada kucing menyebabkan gatal berlebih dan jika digaruk dapat menimbulkan luka. Menurut publikasi Western Carolina Regional Animal Hospital, tanah adalah penyebab utama jamur pada kucing. Kucing dapat tertular infeksi jamur dengan menelan, menghirup, atau melalui kulit.

Jamur kucing adalah organisme parasit yang menghasilkan spora. Jamur memakan inang untuk mendapatkan makanan. Meskipun banyak spesies jamur ada di lingkungan, hanya beberapa yang akan menyebabkan infeksi pada kucing.

Ada beberapa infeksi jamur yang paling sering terlihat muncul pada kucing, yaitu:

  • Microsporum canis.
  • Microsporum gypseum.
  • Trichophyton mentagrophytes.

Infeksi ini dapat menyebar ke seluruh tubuh atau terfokus pada satu area. Jenis jamur Microsporum canis bahkan menular ke manusia, menurut publikasi VCA Animal Hospital. Infeksi jamur kucing disebut juga ringworm, yaitu infeksi jamur pada lapisan kulit, rambut, dan kuku.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing dengan Bahan Alami

Berdasarkan publikasi Veterinary Medical and Surgical Group (VMSG), penggunaan salep dapat membantu masalah jamur pada kucing. Beberapa salep dijual bebas. Namun, lebih baik konsultasi kepada dokter hewan dalam pemilihan salep.

Dalam kasus jamur yang menimbulkan luka, dokter hewan dapat mengobatinya dengan perawatan khusus. Setiap infeksi sekunder juga akan diatasi dengan infus dan/atau obat-obatan jika diperlukan. Perlu beberapa minggu masa pengobatan sebelum tampak penyembuhan pada kucing.

Menurut publikasi ACS Distance Education dalam Acsedu.co.uk, bahan alami dapat digunakan untuk kucing. Berikut cara menghilangkan jamur pada kucing dengan bahan alami:

  • Cuka apel: Gunakan beberapa tetes cuka apel di kapas lalu oleskan perlahan di area yang terinfeksi jamur selama beberapa kali setiap hari. Cuka apel mengubah keseimbangan pH kulit sehingga menghilangkan jamur.
  • Pepaya mentah: Gosok irisan buah pepaya mentah pada area yang terinfeksi sampai sembuh.
  • Kentang mentah dan garam: Kupas kentang, buat lubang di dalamnya dan isi dengan garam. Tempatkan kentang di piring dan biarkan hingga mengeluarkan jus. Kemudian, oleskan jus ini pada area yang terkena jamur.
  • Minyak kelapa: Bahan ini dapat menghilangkan jamur pada kucing karena memiliki sifat anti bakteri. Oleskan minyak kelapa pada bagian tubuh kucing yang terkena jamur.

Meski bahan alami dapat membantu, lebih baik konsultasi ke dokter hewan agar bisa memeriksa jamur pada kucing lebih lanjut. Selain itu, ada beberapa bahan alami yang berbahaya untuk kucing, yaitu:

  • Minyak pohon teh.
  • Bawang putih.
  • Ekstrak biji jeruk bali.
  • Minyak oregano.

Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing dengan Obat Kimia

Melansir publikasi University of Wisconsin Madison School of Veterinary Medicine, dari semua obat kimia yang tersedia, menggunakan cairan lime sulfur adalah cara menghilangkan jamur pada kucing yang efektif karena mensterilkan bulu untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Cairan tersebut relatif mudah diterapkan dengan cepat ke sejumlah kucing dan telah terbukti bekerja dengan baik. Konsultasi ke dokter hewan untuk mengetahui penggunaan yang sesuai untuk kucing.

Berdasarkan laman International Cat Care, beberapa produk dapat digunakan untuk menghilangkan jamur pada kucing. Produk-produk tersebut adalah sebagai berikut.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...