Tari Serimpi, dari Sejarah hingga Keunikannya

Image title
2 Desember 2021, 12:59
Tari serimpi.
BPNB DIY
Tari serimpi.

Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan kekayaan dan keanekaragaman suku dan budaya. Salah satu asetnya tercermin lewat tarian tradisional. Pada zaman dahulu, sejumlah tarian daerah dipertunjukan dalam rangka penyambutan atau persembahan, hiburan, doa, permainan, dan laga.

Tari Serimpi

Tari serimpi merupakan tari klasik yang terkenal di pulau Jawa. Tarian ini memiliki kedudukan istimewa di keraton-keraton Jawa dan bersifat sakral. Asal tari Serimpi dari daerah Surakarta dan Yogyakarta.

Advertisement

Ketika dipentaskan, tari serimpi tidak selalu memerlukan sesajen, melainkan hanya di waktu-waktu tertentu. Mengutip kemdikbud.go.id, tarian ini muncul dari masa kerajaan Mataram, ketika Sultan Agung memerintah tahun 1613-1646. Serimpi menjadi tarian sakral yang ditampilkan peringatan naik takhta sultan dan acara kerajaan.

Tahun 1775 kerajaan Mataram pecah menjadi Kesultanan Yogyakarta dan kesultanan Surakarta. Perpecahan ini berdampak pada tarian Serimpi di kedua wilayah. Tari Serimpi Surakarta memakai prinsip dasar gerakan serimpi dari Yogyakarta. Perbedaan lebih kuat ditemukan dalam sajian teknis.

Tari Serimpi di keraton Yogyakarta dianggap sebagai tarian sakral, seperti tari bedaya dan wayang wong. Tarian ini dilakukan oleh empat penari putri yang memiliki kostum sama dan bertemakan perang.

Properti Tari Serimpi

Gaya busana penari serimpi mengalami perubahan dan inovasi. Awalnya penari memakai busana pengantin putri kebesaran untuk menari. Contoh pemakaian busana pengantin putri dipakai untuk tarian Serimpi Renggawati. Busana tari serimpi lalu berkembang memakai kain seredan dan baju tanpa lengan.

Tari serimpi memakai alat musik pengiring yang berfungsi sebagai pengiring, illustrator gerak, dan pengisi suara. Nama tari Serimpi juga diambil dari nama musik pengiringnya.

Contohnya, tari serimpi pandelori diambil dari nama gending utama untuk musik pengiring, yaitu gending Pandelori Pelog Barang. Tari Serimpi Teja memakai nama dari gending pengiring Teja Laras Slendo Patet Manyura.

Pola Lantai Tari Serimpi

Ada tiga unsur komposisi gerak tari serimpi dari Yogyakarta yaitu unsur gerak tari, unsur tata busana, dan tema cerita yang diambil. Tarian ini mengambil cerita dari Mahabarata, cerita Menak, dan legenda Jawa.

Berdasarkan buku “Tari Serimpi Ekspresi Budaya para Bangsawan Jawa” yang disusun oleh Arif E. Suprihono, pola sajian tari serimpi dibagi menjadi 3 bagian yaitu maju gawang, tarian pokok, dan mundur gawang.

1. Maju Gawang

Maju gawang disebut juga dengan kapang-kapang. Gerakan ini mengambil sikap jalan biasa dan dan sikap lengan tertentu menuju tempat pentas. Maju gawang adalah gerak berjalan yang menyesuaikan ritme iringan. Ketika melakukan gerak kapang-kapang disertai dengan belok kanan dan kiri. Rangkaian gerak ini diakhiri dengan sikap duduk.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement