Sejarah Tari Saman dan Makna Filosofinya

Image title
2 Desember 2021, 13:40
Para penari menampilkan tarian tradisional Tari Saman pada acara pentas pelepasan Seniman Unimal menuju Festival Indonesia Culture, di Lhokseumawe, Aceh, Selasa (22/10/2019). Sejumlah tarian tradisional Aceh meliputi tari Saman, Tarek Pukat Debus dan Bink
ANTARA FOTO/Rahmad
Para penari menampilkan tarian tradisional Tari Saman pada acara pentas pelepasan Seniman Unimal menuju Festival Indonesia Culture, di Lhokseumawe, Aceh, Selasa (22/10/2019). Sejumlah tarian tradisional Aceh meliputi tari Saman, Tarek Pukat Debus dan Bink Vo band tradisional diberangkatkan memenuhi undangan kedutaan besar Republik Indonesia untuk tampil pada pentas Festival Indonesia Culture di Elizabert Quay Perth City Western, Australia pada 25- 27 Oktober 2019.

Wilayah Gayo di Aceh Tenggara tidak hanya terkenal akan kopi arabika saja. Daerah ini menjadi tempat munculnya salah satu tarian yang kini tersohor hingga penjuru dunia. Tarian itu bernama Tari Saman. Sebuah kesenian unik dengan gerakan harmonis tepuk tangan dan tepuk dada dari para penarinya. Dulu tari saman dipakai sebagai sarana syiar untuk menyebarkan agama islam di tanah Serambi Mekkah.

Sejak tanggal 24 November 2011, tari saman sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia tak benda oleh UNESCO. Tarian ini identik denngan kekompakan, irama, dan gerak serentak yang dinamis dari para penarinya, seraya melantunkan syair berisi pujian kepada Allah SWT.

Tari saman diperkirakan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Awalnya tarian saman hanya dibawakan oleh penari laki-laki. Namun, seiring berkembangnya zaman kini banyak penari wanita yang sudah memainkannya.

Sejak awal, tari saman dibawakan sebagai sebuah bentuk kesenian pertunjukan dan hiburan semata. Namun, di dalamnya sangat kental akan nilai-nilai ajaran islam. Tarian ini sering dipentaskan pada acara-acara besar untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad saw.

Sampai sekarang sumber literatur yang membahas soal sejarah dan asal usul tari saman jumlahnya tidak terlalu banyak. Meski begitu, berdasarkan penuturan masyarakat asli Gayo, Tarian Saman diyakini sudah ada sebelum Belanda menginjakan kaki di nusantara.

Tari saman kini sudah berkembang dan dikenal luas sebagai budaya asli Indonesia. Bahkan, tarian ini menjadi daya tarik utama dalam acara pembukaan perhelatan Asian Games di Jakarta beberapa tahun silam. Semua pasang mata yang ada di Gelora Bung Karno saat itu, dibuat takjub dengan pementasan tari saman. Acara tersebut juga yang membuat tari saman lebih dikenal luas di dunia.

Sejarah Tari Saman

Tari Saman
Tari Saman (Dede Piana/warisanbudaya.kemdikbud.go.id)

Sumber tertulis yang menjelaskan tentang kapan tari saman muncul dan bagaimana asal usulnya, masih sangat sedikit. Kendati begitu, tari saman diyakini diciptakan oleh seorang ulama Aceh bernama Syekh Saman sekitar abad XIV Masehi. Tari saman berasal dari dataran tinggi Gayo, Aceh Tenggara. Tarian ini dijadikan sebagai media dakwah dan awalnya dimainkan oleh penari pria.

Dalam buku berjudul Saman Kesenian dari Tanah Gayo, dijelaskan bahwa tari saman merupakan jenis tari tradisional masyarakat Gayo. Suku Gayo sendiri diketahui menetap di Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Aceh Tenggara, dan daerah Lungkup atau Serbejadi di Kabupaten Aceh Timur.

Sejarah tari saman bisa dilacak dari penuturan mulut ke mulut di masyarakat asli Gayo. Tari ini dinamakan tari saman karena merujuk pada penciptanya yakni Syekh Saman. Berdasarkan buku ini pula, disebutkan kalau tari saman adalah bentuk kesenian yang diadaptasi dari permainan masyarakat Gayo bernama Pok Ane.

Permainan Pok Ane dilakukan dengan cara tepuk kedua belah tangan dan tepuk ke paha sambil bernyanyi riang. Permainan ini kemudian diadopsi oleh Syek Saman untuk menciptakan tari saman. Beliau mengajak dan mengajarkan pemuda Gayo tarian tersebut, yang di dalamnya sudah disisipkan nilai-nilai ketauhidan berupa pujian kepada Allah SWT.

Tari saman kemudian berkembang dan digemari masyarakat di sana. Ucapan pujian seperti “hemmm lailalaho, hemmm lailalaho, lahoya saré hala lemha hala lahoya hélé lemhé hélé”, yang sudah ditambahkan kalimat “la ila hailallah”, kemudan dihafalkan oleh masyarakat hingga mereka memeluk agama islam.

Walaupun tari saman diyakini diciptakan oleh Syekh Saman, namun bukti ilmiahnya sampai sekarang belum ditemukan. Pendapat tersebut muncul karena berdasar pada penuturan dari masyarakat asli Gayo.

Mesik begitu, ada satu fakta yang tidak bisa dibantah, yaitu tari saman berasal dari daerah Gayo. Hal ini diperkuat dengan bukti bahwa di setiap kampung khususnya di Kabupaten Gayo Lues memiliki sedtidaknya beberapa kelompok tari saman.

Penjelasan di atas menandakan kalau tari saman sudah diwariskan secara turun temurun oleh masyarakat Gayo kepada generasi penerusnya. Selain itu, tarian saman juga menjadi idensitas yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan beragama masyarakat Gayo.

Saat ini, tari saman sudah diakui sebagai warisan budaya dari Suku Gayo yang harus dilestarikan. Keunikan serta harmonisasi gerak penarinya, menjadi pemikat yang membuat takjub setiap orang yang menyaksikan pementasan tari saman.

Tidak hanya di Aceh, tari gayo kini sudah diajarkan di beberap sekolah dan universitas di Indonesia. Tari saman menjadi kesenian bercorak islam yang mengandung nilai filosofis serta pujian kepada Allah SWT.

Tarian saman memang awlnya hanya ditampilkan di bawah sebuah kolong Meunasah (sejenis suaru panggung). Akan tetapi, lambat laun kesenian ini sudah dipertunjukan di berbagai acara besar sampai perhelatan akbar seperti pembukaan Asian Games.

Makna Tari Saman dan Keunikannya

PENTAS SENI TRADISIONAL RATOH DUEK ACEH
PENTAS SENI TRADISIONAL RATOH DUEK ACEH (ANTARA FOTO/Rahmad)

 

Dalam sebuah seni pertunjukan, terutama tari umumnya memiliki pola lantai. Pola lantai adalah sebuah lintasan atau pola yang dipakai penari untuk mempertunjukan kebolehannya.

Khusus untuk kesenian asal Gayo ini, pola lantai tari saman adalah garis horizontal. Umumnya disebut shaf. Setiap penari akan duduk rapat sejajar. Hal ini bisa merefleksikan bagaimana rapatnya barisan shaf saat salat berjamaah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...