Tari Gambyong, Kesenian Khas Surakarta

Image title
2 Desember 2021, 18:04
Tari Gambyong.
Youtube/Tari Nusantara
Tari Gambyong.

Tari gambyong merupakan satu dari sekian tarian tradisional Indonesia. Hingga kini, kesenian yang berasal dari Jawa Tengah ini masih terus dilestarikan dan dipentaskan ketika acara adat atau pagelaran budaya lainnya.

Tarian klasik yang lahir di kawasan Surakarta ini merupakan bentuk tari tayub yang sering dipertunjukan untuk menyambut kedatangan tamu. Pada mulanya, tari gambyong adalah tarian tunggal yang dibawakan oleh satu orang. Namun, seiring perkembangannya, tarian ini menjadi bentuk kesenian yang dibawakan 3-5 orang penari.

Advertisement

Tari gambyong diambil dari nama penari terkenal pada masa itu, Sri Gambyong, yang diakui memiliki bakat menonjol dalam menari dan diberkahi suara merdu.

Fungsi Tari Gambyong

Pada awal kemunculannya, tari gambyong ditampilkan ketika rakyat hendak bercocok tanam padi. Kemudian tarian tersebut ditampilkan di wilayah keraton Surakarta di era Paku Buwono (PB) IV. Tari gambyong kemudian mengalami inovasi dan adopsi. Dalam perkembangannya, muncul koreografi tari gambyong Pareanom pada 1950 sampai 1993.

Tari gambyong pareanom ini menjadi tarian hiburan penyambutan tamu. Tarian ini memiliki perubahan bentuk estetis, keluwesan, dan kelincahan penari perempuan.

Tari Gambyong Pareanom di pura Mangkunegaraan berbeda dengan tari gambyong di luar pura. Perbedaan itu terletak pada kostum tari, di mana gambyong pareanom di luar tembok Mangkunegaran memakai kain wiran, kemben, sampur, dan sanggulnya bebas.

Saat ini, tari gambyong juga dibawakan dalam acara pernikahan, khitanan, hingga keagamaan.

Properti Tari Gambyong

Tarian Gambyong
Tari Gambyong (Youtube/Tari Nusantara)

Properti tari gambyong terdiri dari desain kostum, tata pentas, tata rias, dan tata lampu. Pakaian penari gambyong memakai warna kalem yang disesuaikan isi cerita. Contohnya, tari gambyong Jangkung Kuning mengambil cerita Timun Mas, maka kostum penari berwarna netral atau kalem.

Bukan hanya itu, tata rias yang digunakan penari juga menyesuaikan dengan cerita. Pada tari gambyong jangkung kuning, para penari akan mengenakan tataria wajah lebih tegas dan cantik. Tata rias penari gambyong jangkung kuning, memakai warna di kelopak mata perpaduan coklat dan hitam.

Pakaian yang digunakan penari bernuansa kuning keemasan dan hijau. Kedua warna ini merupakan simbol kemakmuran dan kesuburan. Sementara itu properti yang dipakai tari gambyong Retno Kusumo adalah sampur. Alat ini merupakan kain panjang yang diikatkan di bagian perut.

Adapun properti yang dikenakan para penari tari gambyong, yakni:

Kemben

Pakaian tradisional Jawa ini digunakan untuk menutup tubuh bagian atas penari. Kemben menjadi properti utama tari gambyong dan menjadi ciri khas tarian.

Selendang

Selendang dalam tari gambyong dikalungkan pada bagian leher atau pundak penari. Setiap warna selendang memiliki makna tersendiri, misalnya warna hijau yang melambangkan kesuburan dan warna keemasan untuk simbol kekayaan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement