Cara Melamar Kerja Lewat Email Hp Paling Mudah dan Cepat

Cara melamar kerja lewat email dapat dilakukan melalui beberapa perangkat. Contohnya seperti menggunakan hp. Berikut panduan singkat tentang cara melamar kerja lewat email hp.
Image title
6 Desember 2021, 14:38
Cara Melamar Kerja Lewat Email Hp Paling Mudah dan Cepat
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Dua orang membuka laman Google dan aplikasi Facebook melalui gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019). Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan tentang Badan Usaha Tetap (BUT) untuk mengejar pemasukan pajak dari perusahaan asing yang berbasis di luar negeri namun bertransaksi dan memperoleh penghasilan di Indonesia termasuk perusahaan-perusahaan besar 'Over The Top' (OTT) atau daring seperti Google, Facebook, Youtube dan lain-lain.

Kemajuan teknologi turut memudahkan segala aktivitas manusia. Bahkan saat ini semua urusan bisa dilakukan secara digital yang lebih cepat dan mudah. Termasuk cara melamar kerja lewat email.

Cara melamar kerja lewat email bisa dilakukan dari perangkat elektronik manapun seperti komputer, laptop, atau handphone (hp). Selain itu, sebuah perusahaan umumnya akan menaruh informasi tentang lowongan pekerjaan di situs resmi mereka, di akun sosial media, sampai aplikasi pencari kerja.

Guna memudahkan Anda untuk melamar kerja, berikut rangkuman cara melamar kerja lewat email hp yang dikutip dari Glassdoor dan The Balance Careers. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Langkah Mudah Cara Melamar Kerja Lewat Email Hp

Banyak pekerja di Indonesia yang dirumahkan, karena perusahaan tempat mereka bekerja terdampak pandemi Covid-19. Merujuk databooks, sampai bulan November 2020 tercatat ada sebanyak 10 jenis pekerjaan yang paling banyak terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Meski begitu, saat ini geliat ekonomi di Indonesia perlahan bangkit dan banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk jobseeker (pencari kerja).

Advertisement

Mencari pekerjaan memang bukanlah perkara gampang. Anda harus rela meluangkan waktu untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai. Untungnya, kini proses recruitment perusahaan  jauh lebih mudah karena bisa dilakukan secara digital. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot mengirimkan berkas lamaran ke kantor pos. Salah satu cara untuk mengirim lamaran kerja adalah melalui surat elektronik atau email.

Cara melamar kerja lewat email, terutama menggunakan Hp relatif mudah. Meski begitu ada beberapa hal yang mesti Anda pahami, agar lamaran tersebut sampai dan dibaca oleh pihak HRD (Human Resource Department).

Guna memudahkan Anda, berikut langkah-langkah cara melamar kerja lewat email di hp yang cepat dan mudah:

Siapkan Dokumen

Ilustrasi penggunaan komputer
Ilustrasi penggunaan komputer (pixabay.com)

 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk melamar kerja melalui email adalah menyiapkan dokumen. Pada umumnya, setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan akan mencantumkan beberapa dokumen sebagai syaratnya.

Berkas lamaran itu biasanya terdiri dari identitas diri, curriculum vitae (cv), surat lamaran kerja, ijazah pendidikan terakhir, dan dokumen pendukung lainnya. Anda harus menyiapkan semua berkas-berkas tersebut.

Supaya lamaran Anda diterima oleh pihak recruiter, Anda perlu menyimpan berkas lamaran dalam format .doc atau .pdf. Selain itu, usahakan dokumen Anda diarsipkan pada format .rar. dan .zip agar ukuran filenya jadi lebih kecil. Sehingga pihak HRD dapat mengaksesnya.

Dokumen yang tersusun rapi, nantinya akan memudahkan pihak recruiter untuk membaca semua berkas-berkas tersebut.

Tulis Surat Pengantar Email

Google
Google (Firmbee/Pixabay)

 

Surat pengantar email dan surat lamaran kerja adalah dua hal yang berbeda. Singkatnya, meski Anda menulis beberapa kalimat pada bodyemail, tulisan itu tidak bisa menggantikan fungsi surat lamaran kerja.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menyusun surat pengantar email. Adapun penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

  1. Tuliskan salam dan kalimat pembuka.
  2. Alasan mengapa Anda tertarik untuk melamar kerja lewat email.
  3. Jelaskan mengapa Anda yakin dengan posisi yang ditawarkan.
  4. Uraikan keunggulan dan kelebihan Anda untuk posisi tersebut.
  5. Cantumkan kontak dan akun media sosial yang dapat dihubungi.
  6. Tuliskan kalimat dan salam penutup.

Sertakan Subjek Email

Ilustrasi cara merekam layar laptop
Ilustrasi cara merekam layar laptop (burst/pexels.com)

 

Subjek email menjadi bagian penting terkait cara melamar kerja lewat email Hp. Hal ini jangan sampai terlewat, karena bisa membantu lamaran Anda diterima oleh perusahaan.

Sebagai catatan, HRD sebuah perusahaan biasanya akan melirik email calon pelamar kerja dengan melihat subjek email yang ditulis. Untuk langkah antisipasi, Anda harus menuliskan subjek email dengan jelas.

Format penulisan subject email lamaran kerja umumnya hanya mencantumkan “Lamaran Kerja – (posisi yang dilamar”. Anda bisa memakai format “(nama) - Lamaran Kerja – (posisi yang dilamar).

Koreksi Kembali Isi Email Lamaran Pekerjaan

Ilustrasi mengetik menggunakan laptop
Ilustrasi mengetik menggunakan laptop ( Startup Stock Photos/Pexels)

 

Setelah membuat surat pengantar dan melampirkan beberapa berkas pendukung, Anda juga harus mengoreksi serta mengecek ulang kelengkapan dokumen tersebut. Jika sudah dirasa sudah lengkap dan tidak ada tulisan yang typo, Anda bisa mengirim lamaran kerja lewat email.

Tentukan Waktu untuk Mengirim Email Lamaran Pekerjaan

Gmail
Gmail (unspalsh.com)

 

Menentukan waktu mengirim email lamaran pekerjaan juga harus diperhatikan. Anda disarankan untuk mengirim email pada jam kerja. Misalnya dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Pada kurun waktu tersebut, biasanya HRD akan mengecek dan melihat setiap email masuk yang dikirim oleh jobseeker. Bila Anda mengirim email di jam-jam itu, peluang lamaran akan dibaca oleh pihak recruiter akan semakin besar.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

Ilustrasi contoh surat lamaran kerja
Ilustrasi contoh surat lamaran kerja (Pexels/Andrea Piacquadio)

 

Surat lamaran kerja atau cover letter  menjadi salah satu berkas penting  yang harus disiapkan oleh jobseeker saat hendak melamar kerja. Dikutip dari Glints.com, berikut contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar bagi fresh graduate untuk dikirim via email:

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

From: [email protected]

To : (alamat email perusahaan contoh: [email protected]).

Cc : –

Subject : (Nama Anda) Surat Lamaran Kerja (posisi yang akan dilamar)

Dengan hormat,

Perkenalkan saya,

Nama : (nama Anda)

Umur  : (usia Anda)

Jenis Kelamin : (jenis kelamin Anda)

Pendidikan Terakhir  : (pendidikan terakhir Anda)

No. Telepon  : (nomor kontak Anda yang bisa dihubungi)

Dengan surat ini, saya melamar di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai posisi (bagian yang ditawarkan).

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai (pengalaman kerja Anda) di (perusahaan lama Anda bekerja). Saya mampu (tuliskan dan jelaskan kemampuan Anda dengan singkat).

Selain itu, saya juga memiliki sertifikasi resmi terkait (sertifikat yang Anda miliki baik dari hasil seminar, pelatihan, perlombaan dan sebagainya).

Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan beberapa dokumen penting sebagai berikut:

CV Terbaru

Portofolio

Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Scan Ijazah Terakhir

Pas Foto

Sertifikasi dan Bukti Penghargaan

Demikian surat lamaran kerjanya. Saya berharap bahwa Bapak/Ibu di tempat dapat mempertimbangkan saya untuk mengisi posisi yang lowongan tersebut.

Hormat saya,

(nama Anda).

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada

(Nama perusahaan yang membuka lowongan kerja)

(lokasi perusahaan)

di tempat,

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan di (sebutkan di mana Anda mendapat informasi lowongan pekerjaan itu),  saya melihat bahwa (nama perusahaan) sedang membutuhkan ahli untuk (posisi yang ditawarkan).

Dengan demikian, dalam surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi lowong tersebut. Berikut data pribadi saya:

Nama : (nama Anda)

Tempat/Tanggal Lahir :  (tempat dan tanggal lahir Anda)

Pendidikan Terakhir: (Jenjang pendidikan terakhir yang Anda lalui)

Telepon: (nomor kontak Anda yang bisa dihubungi pihak perusahaan)

Email : (alamat email Anda)

Sebelumnya, saya memiliki pengalaman  (uraikan pengalaman dan kemampuan Anda terkait posisi tersebut secara singkat dan jelas).

Saya juga aktif (jelaskan pengalaman Anda yang lainnya, seperti pengalaman organisasi di kampus atau semacamnya).

Berikut dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan:

CV Terbaru

Fotokopi ijazah S1 dilegalisir

Fotokopi KTP

Fotokopi transkrip nilai

Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan

Pas foto terbaru 3×4

Fotokopi SKCK

Demikianlah surat permohonan pekerjaan ini. Besar harapan bahwa Bapak/Ibu memberikan kesempatan wawancara supaya saya bisa menjelaskan secara detail terkait pengalaman dan potensi yang saya miliki.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(nama Anda).

Begitulah cara melamar kerja lewat email Hp beserta contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Anda dapat mengikuti semua tips di atas untuk melamar pekerjaan. Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya Anda memperhatikan betul syarat-syarat yang ada pada lowongan pekerjaan. Siapkan dokumen pendukung agar proses rekrutmen dapat Anda lalui dengan lancar.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait