Memahami Manfaat Kerja Sama dan Contohnya di Rumah

Manfaat kerja sama bisa dirasakan oleh semua individu yang terlibat. Dengan kerja sama, pekerjaan menjadi ringan dan mudah serta menumbuhkan kekompakan.
Image title
7 Desember 2021, 08:58
Manfaat kerja sama bisa dirasakan oleh semua individu yang terlibat.
Unsplash/Hannah Busing
Ilustrasi Kerja Sama

Ada banyak sekali manfaat kerja sama yang bisa dirasakan manusia, mengingat manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu dengan yang lain. Menurut bahasa, kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh kerja sama di rumah yang bisa kita temui seperti kakak yang membantu ibu di dapur, dan kakak membantu ayah memperbaiki rumah.

Kerja sama tak hanya meringankan pekerjaan dalam sebuah kelompok sosial, tapi juga bagus untuk menumbuhkan kekompakan dan rasa saling percaya antar manusia. Dengan kerja sama, pekerjaan menjadi lebih ringan dan efisien, serta melatih diri untuk terbuka dengan cara atau ide baru.

Beberapa contoh manfaat kerja sama di atas, belum seberapa karena masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bekerja sama. Namun sebelum masuk ke dalam ragam manfaat kerja sama, mari kita simak terlebih dahulu apa  itu definisi dan bentuk kerja sama..

Definisi Kerja Sama

Manfaat kerja sama bisa kita temukan setelah memahami definisi dari kerja sama. Menurut buku Glosari Teori Sosial karya Mohammad Taufiq Rahman, Ph.D. Kerja sama adalah interaksi sosial yang melibatkan individu atau kelompok, dalam membuat tindakan bersama demi tercapainya cita-cita yang sama.

Advertisement

Ciri dari kerja sama adalah adanya peran yang diberikan ke masing-masing individu atau anggota. Peran tersebut tidak harus seragam, tapi ada tata cara yang mengatur agar kerja sama bisa berjalan. Dalam kerja sama, sangat mungkin terjadinya selisih paham, tapi hal tersebut harus bisa diselesaikan, dengan melihat kembali ke tujuan utama yang telah disepakati.

Dari definisi tersebut, bisa dipahami bahwa manfaat kerja sama adalah menyatukan berbagai perbedaan, demi mencapai suatu tujuan tertentu.

Bentuk Kerja Sama

Heri Puji Warsono, dalam bukunya Sosiologi Komunikasi Massa menjabarkan ada lima bentuk kerja sama secara umum.

1. Kerukunan

Bentuk kerja sama yang pertama adalah kerukunan. Kerukunan bisa berupa gotong royong dan saling menolong antar individu.

2. Bargaining

Bargaining merupakan bentuk kerja sama yang berupa penawaran. Penawaran ini nantinya akan menghasilkan perjanjian, bisa berupa pertukaran barang atau jasa.

3. Kooptasi

Bentuk kerja sama berikutnya adalah kooptasi. Secara bahasa, kooptasi berarti proses musyawarah dari anggota. Dalam kooptasi, terjadi proses penerimaan hal baru dalam kepemimpinan dan strategi politik dalam suatu organisasi. Tujuan kooptasi sendiri adalah untuk mewujudkan keseimbangan.

4. Koalisi

Menurut bahasa, koalisi berarti kerja sama antara beberapa partai untuk memperoleh kelebihan suara dalam parlemen. Bentuk kerja sama yang satu ini adalah memadukan dua atau lebih organisasi, yang memiliki tujuan yang sama.

5. Joint Venture

Bentuk kerja sama yang terakhir adalah joint venture. Biasanya, joint venture ada dalam proyek besar, yang membutuhkan kerja sama dari banyak pihak dengan beragam latar belakang. Pad akhirnya, tujuan kerja sama joint venture adalah satu, yaitu untuk menyukseskan proyek tersebut.

Manfaat Kerja Sama

Berikut ini adalah beberapa manfaat kerja sama secara umum, yang bisa kita temui dan rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Pekerjaan Lebih Ringan

Manfaat kerja sama yang paling bisa kita rasakan adalah membuat pekerjaan jadi lebih ringan. Dengan kerja sama, pekerjaan akan lebih cepat selesai, sehingga akan lebih hemat tenaga dan juga waktu. 

  • Menciptakan Ide dan Cara Baru

Kerja sama diawali dari keberagaman pola pikir, sehingga salah satu manfaat kerja sama adalah menciptakan ide hingga cara baru dalam menyelesaikan masalah atau dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

Dalam kerja sama, masing-masing individu, dengan pengalaman masing-masing akan beropini dan mengusulkan beragam ide. Secara tidak langsung, manfaat kerja sama adalah menambah wawasan, karena adanya tukar pikiran.

  • Menumbuhkan Jiwa Sosial

Manfaat kerja sama berikutnya adalah menumbuhkan jiwa sosial. Pada poin sebelumnya, kerja sama bisa menciptakan atau memunculkan ide, gagasan hingga cara baru dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Berkaitan dengan hal tersebut, kerja sama juga bisa menumbuhkan jiwa sosial. Dengan kerja sama, ada upaya untuk memahami satu sama lain, berusaha secara kolektif guna menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan yang telah disepakati.

  • Melatih Emosional

Manfaat kerja sama yang bisa dirasakan di dalam diri adalah melatih emosional. Dengan keberagaman pola pikir, latar belakang dan pengalaman, individu dalam sebuah kelompok akan berusaha untuk memahami satu sama lain.

Hal ini akan berdampak pada emosional seseorang, dengan menumbuhkan simpati dan juga empati. Dari hal tersebut, perselisihan dalam kerja sama akan lebih mudah untuk diselesaikan, karena tiap individu mencoba saling memahami.

  • Bentuk Partisipasi Positif

Dalam kerja sama, pasti akan muncul partisipasi aktif yang sifatnya positif, dan manfaat kerja sama itu bisa dirasakan oleh tiap individu. Masing-masing individu, baik secara langsung maupun tidak langsung akan berusaha berpartisipasi. Partisipasi sekecil apa pun, pasti akan memberikan dampak di dalam kelompok.

Contoh Kerja Sama

Setelah kita memahami definisi atau arti dari kerja sama, bentuk serta manfaat kerja sama. Berikut ini adalah beberapa contoh kerja sama di rumah, atau bahkan di lingkungan yang lebih luas lagi.

1. Menyuci Baju

Menyuci baju adalah salah satu contoh kerja sama di rumah yang paling sederhana. Pekerjaan menyuci baju biasanya dilakukan oleh ibu atau asisten rumah tangga. Namun pada beberapa kesempatan, bisa saja ibu sedang sibuk di dapur atau mengajari adik yang sedang belajar dari rumah.

Manfaat kerja sama menyuci baju, tentu paling dirasakan oleh ibu. Namun kakak atau ayah yang kebagian tugas menyuci baju, kemudian jadi memahami bagaimana cara menyuci baju yang baik.

2. Membersihkan Kamar

Contoh kerja sama berikutnya adalah membersihkan kamar. Bagi orang tua yang menyediakan kamar untuk masing-masing anak, perilaku kerja sama yang satu ini mungkin bisa diterapkan.

Misalnya, kakak bisa membantu membersihkan kamar adik, ketika adik sedang belajar. Atau sebaliknya, adik bersama ayah atau ibu bisa membantu kakak membersihkan kamar, saat kakak tengah sibuk mempelajari materi ujian.

Contoh manfaat kerja sama yang bisa dirasakan, dari membersihkan kamar adalah menumbuhkan jiwa sosial pada diri anak.

3. Memasak

Di akhir pekan, memasak bersama anggota keluarga bisa jadi sarana kerja sama di rumah yang mengasyikkan. Ibu bisa melakukan pendekatan kepada anak dan juga ayah, untuk saling bekerja sama saat memasak.

Contoh kerja sama di rumah ini, secara manfaat bisa melatih emosional, karena masing-masing individu dalam rumah, biasanya punya selera makanan yang berbeda.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait