Memahami Manfaat Kerja Sama dan Contohnya di Rumah

Image title
7 Desember 2021, 08:58
Manfaat kerja sama bisa dirasakan oleh semua individu yang terlibat.
Unsplash/Hannah Busing
Ilustrasi Kerja Sama

Ada banyak sekali manfaat kerja sama yang bisa dirasakan manusia, mengingat manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu dengan yang lain. Menurut bahasa, kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh kerja sama di rumah yang bisa kita temui seperti kakak yang membantu ibu di dapur, dan kakak membantu ayah memperbaiki rumah.

Kerja sama tak hanya meringankan pekerjaan dalam sebuah kelompok sosial, tapi juga bagus untuk menumbuhkan kekompakan dan rasa saling percaya antar manusia. Dengan kerja sama, pekerjaan menjadi lebih ringan dan efisien, serta melatih diri untuk terbuka dengan cara atau ide baru.

Beberapa contoh manfaat kerja sama di atas, belum seberapa karena masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bekerja sama. Namun sebelum masuk ke dalam ragam manfaat kerja sama, mari kita simak terlebih dahulu apa  itu definisi dan bentuk kerja sama..

Definisi Kerja Sama

Manfaat kerja sama bisa kita temukan setelah memahami definisi dari kerja sama. Menurut buku Glosari Teori Sosial karya Mohammad Taufiq Rahman, Ph.D. Kerja sama adalah interaksi sosial yang melibatkan individu atau kelompok, dalam membuat tindakan bersama demi tercapainya cita-cita yang sama.

Ciri dari kerja sama adalah adanya peran yang diberikan ke masing-masing individu atau anggota. Peran tersebut tidak harus seragam, tapi ada tata cara yang mengatur agar kerja sama bisa berjalan. Dalam kerja sama, sangat mungkin terjadinya selisih paham, tapi hal tersebut harus bisa diselesaikan, dengan melihat kembali ke tujuan utama yang telah disepakati.

Dari definisi tersebut, bisa dipahami bahwa manfaat kerja sama adalah menyatukan berbagai perbedaan, demi mencapai suatu tujuan tertentu.

Bentuk Kerja Sama

Heri Puji Warsono, dalam bukunya Sosiologi Komunikasi Massa menjabarkan ada lima bentuk kerja sama secara umum.

1. Kerukunan

Bentuk kerja sama yang pertama adalah kerukunan. Kerukunan bisa berupa gotong royong dan saling menolong antar individu.

2. Bargaining

Bargaining merupakan bentuk kerja sama yang berupa penawaran. Penawaran ini nantinya akan menghasilkan perjanjian, bisa berupa pertukaran barang atau jasa.

3. Kooptasi

Bentuk kerja sama berikutnya adalah kooptasi. Secara bahasa, kooptasi berarti proses musyawarah dari anggota. Dalam kooptasi, terjadi proses penerimaan hal baru dalam kepemimpinan dan strategi politik dalam suatu organisasi. Tujuan kooptasi sendiri adalah untuk mewujudkan keseimbangan.

4. Koalisi

Menurut bahasa, koalisi berarti kerja sama antara beberapa partai untuk memperoleh kelebihan suara dalam parlemen. Bentuk kerja sama yang satu ini adalah memadukan dua atau lebih organisasi, yang memiliki tujuan yang sama.

5. Joint Venture

Bentuk kerja sama yang terakhir adalah joint venture. Biasanya, joint venture ada dalam proyek besar, yang membutuhkan kerja sama dari banyak pihak dengan beragam latar belakang. Pad akhirnya, tujuan kerja sama joint venture adalah satu, yaitu untuk menyukseskan proyek tersebut.

Manfaat Kerja Sama

Berikut ini adalah beberapa manfaat kerja sama secara umum, yang bisa kita temui dan rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Pekerjaan Lebih Ringan

Manfaat kerja sama yang paling bisa kita rasakan adalah membuat pekerjaan jadi lebih ringan. Dengan kerja sama, pekerjaan akan lebih cepat selesai, sehingga akan lebih hemat tenaga dan juga waktu. 

  • Menciptakan Ide dan Cara Baru

Kerja sama diawali dari keberagaman pola pikir, sehingga salah satu manfaat kerja sama adalah menciptakan ide hingga cara baru dalam menyelesaikan masalah atau dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

Dalam kerja sama, masing-masing individu, dengan pengalaman masing-masing akan beropini dan mengusulkan beragam ide. Secara tidak langsung, manfaat kerja sama adalah menambah wawasan, karena adanya tukar pikiran.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement