Sejarah Singkat Atletik di Dunia dan Indonesia

Image title
8 Desember 2021, 10:09
Atlet cabang olahraga atletik Wahyu Setiawan mengikuti latihan rutin persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Stadion Madya Jakarta, Jumat (21/5/2021). Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jakarta mengikutsertakan sebanyak 40 atlet dari sejumlah no
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa.
Atlet cabang olahraga atletik Wahyu Setiawan mengikuti latihan rutin persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Stadion Madya Jakarta, Jumat (21/5/2021). Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jakarta mengikutsertakan sebanyak 40 atlet dari sejumlah nomor cabang olahraga atletik pada PON Papua mendatang.

Atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup banyak digemari di dunia, ta terkecuali di Indonesia. Sejarah atletik dimulai dari belasan abad lalu, tepatnya 776 tahun sebelum Masehi (SM) saat Olimpiade kuno diadakan di Yunani.

Istilah atletik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bisa diartikan sebagai sebuah cabang olahraga yang terdiri dari nomor-nomor lari, jalan, lompat, dan lempar. Sebagian besar cabang atletik dipertandingkan di luar ruangan. Selain itu para atletnya harus memiliki ketangkasan fisik, kecepatan, serta kekuatan stamina yang cukup untuk mengikuti setiap ajang perlombaan.

Advertisement

Jika dilihat dari fungsi sederhananya, sejarah atletik sebenarnya sudah ada sejak manusia tumbuh dan berevolusi. Ini mengingat, unsur utama dalam atletik yakni lari, jalan, lompat, dan sebagainya.

Selain itu, sejatinya definisi olahraga bukan hanya sebuah aktivitas yang selalu diperlombakan. Olahraga dalam arti luas, merupakan gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh. Kegiatan ini umumnya melibatkan fisik.

Pengertian Atletik

ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM PROGRAM LATIHAN ATLETIK
ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM PROGRAM LATIHAN ATLETIK (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.)

Pengertian atletik bisa ditinjau dari beberapa sudut pandang. Merujuk dari buku berjudul Mengenal Olahraga Atletik karya Enik Yuliatin & Haryanto, definisi atletik yaitu suatu cabang olahraga yang mempertandingkan lari, lompat, jalan dan lempar. Sejarah atletik diyakini sudah ada sejak masa keemasan bangsa Yunani pada ratusan tahun silam.

Atletik berasal dari bahasa Yunani yaitu athlon atau berarti pertandingan atau perjuangan. Konsep dasar olahraga atletik adalah beragam gerakan wajar atau alamiah manusia yang sehari-hari dilakukan.

 Istilah atletik yang sekarang digunakan di Indonesia, merupakan serapan dari kata bahasa Inggris yaitu athletic. Di negara Amerika Serikat, atletik didefinisikan sebagai perlombaan nomor olahraga lari, lompat, jalan dan lempar. Istilah lainnya yakni pertandingan sport track and field.

Di Jerman, istilah atletik memiliki makna yang lebih luas lagi. Cabang olahraga seperti senam, renang, dan olahraga lainnya yang bersifat dipertandingkan termasuk ke dalam kategori atletik.

Seperti dijelaskan sebelumnya, olahraga atletik terutama jalan dan lari tidak hanya diperuntukan bagi orang-orang yang ingin mencari prestasi semata. Melainkan, olahraga tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Gerakan atletik semacam ini bisa dilakukan oleh siapapun, serta tidak dipungut biaya alias gratis. Ambil contoh, saat hari libur atau weekend biasanya akan ada masyarakat yang mengisi waktu luang dengan berlari atau berjalan kaki.

Berdasarkan semua penjelasan di atas, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa pengertian atletik adalah suatu cabang olahraga yang mempertandingkan lari, lompat, jalan dan lempar. Aktivitas atletik bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat bisa melakukannya tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun.

Di Indonesia, atletik juga bisa dikategorikan sebagai olahraga rekreasi. Menurut Aip Syaifuddin dalam buku berjudul Belajar aktif Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SMP (1990), olahraga rekreasi adalah jenis kegiatan olahraga yang dilakukan pada waktu senggang atau waktu-waktu luang. Pengertian rekreasi olahraga suatu kegiatan yang menyenangkan yang mengandung unsur gerak positif.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement