Mengenal 4 Jenis Daun Bawang dengan Keragaman Manfaat dan Rasa

Image title
8 Desember 2021, 11:43
Empat varian daun bawang yang merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan
pexels.com/eva-elijas
Empat varian daun bawang yang merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Khazanah bahan bumbu dapur di Indonesia sangatlah beragam. Dari Sabang sampai Merauke memiliki kekhasan dalam bumbu dapur sehingga bila berwisata selalu ada cita rasa yang berbeda dan memperkaya resep dapur nusantara. Sehingga olahan bumbu di masing-masing daerah bisa berbeda dan saling melengkapi satu sama lain.

Salah satu bahan bumbu dapur yang paling sering digunakan adalah daun bawang. Tidak hanya sebagai penambah rasa, daun bawang juga bisa mempercantik makanan lewat warna hijau daunnya. Rasanya yang khas membuat daun bawang menjadu primadona dalam setiap sajian makanan.

Advertisement

Daun bawang memiliki beberapa varian. Ada varian yang masuk dalam rumpun daun, yang juga berfungsi sebagai bumbu dapur dengan kekayaan gizi di setiap helai batang daunnya. Berikut empat jenis daun bawang yang bisa ditemukan di pasaran dengan, sebagaimana yang dilansir dari Sariagri.id:

1. Daun Bawang

Jenis daun bawang ini paling umum dan mudah ditemukan di pasaran. Secara struktur dan ciri paling mudah dilihat yaitu memiliki warna hijau, batang berwarna putih dan akar berserabut. Daun dan batang daun bawang dapat digunakan untuk berbagai jenis masakan. Bagian batang memiliki rasa manis, sedangkan bagian hijaunya lebih lembut, segar tetapi sedikit menyengat.

Daun bawang sebenarnya istilah umum yang dapat terdiri dari spesies yang berbeda. Jenis yang paling umum dijumpai adalah bawang daun (Allium fistulosum). Jenis lainnya adalah A. ascalonicum, yang masih sejenis dengan bawang merah. Kadang-kadang bawang prei juga disebut sebagai daun bawang.

Di meja makan, daun bawang bisa ditemukan di antaranya dalam martabak telur, sebagai bagian dari sup, atau sebagai bumbu tabur seperti pada soto. Selain itu Anda bisa menggunakannya sebagai tambahan bumbu pada tumisan, atau bumbu semur dan hidangan lainnya. Sehingga rasanya akan semakin menggoda perut Anda untuk segera mencicipi.

2. Daun Bawang Prei

Varian daun bawang prei memang tidak sebanyak daun bawang sebelumnya. Varian yang dikenal dengan nama Allium ampeloprasum atau Allium porrum ini masuk dalam golongan genus Allium yakni keluarga bawang.

Apabila dirasakan secara lebih mendetail, rasanya mirip dengan bawang bombai, tetapi kurang tajam. Banyak digunakan dalam masakan Eropa. Biasanya ditumis dalam mentega hingga layu sebelum dicampur bersama masakan lain.

Ketenaran daun bawang prei membuatnya menjadi salah satu komponen yang penting dalam masakan Prancis antara lain vichyssoise (sup sedap dengan kentang dan bawang prei), dan juga sup Skotlandia seperti bubur Scottish dan cock-a-leekie.

Selain itu pamor bawang prei membuatnya menjadi salah satu sayuran nasional negeri Wales. Serupa dengan bawang bombai, tetapi kurang tajam. Banyak digunakan dalam masakan Eropa. Biasanya ditumis dalam mentega hingga layu sebelum dicampur bersama masakan lain.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement