12 Hewan Paling Setia di Dunia, Salah Satunya Buaya

Beberapa jenis hewan paling setia dengan pasangan. Mereka akan kawin dan berkembang biak bersama pasangan seumur hidup. Berikut daftar hewan yang paling setia di dunia.
Dwi Latifatul Fajri
8 Desember 2021, 11:00
Hewan Paling Setia
pixabay.com/NickyPe
Hewan Paling Setia Di Dunia

Hewan berbeda dengan manusia yang memiliki akal dan pikiran. Hewan bertahan hidup untuk mencari makan dan berkembang biak. Mereka bisa migrasi ke tempat lain untuk mencari makanan dan berganti pasangan. Contoh hewan yang berkembang biak dan berkelompok yaitu lebah, semut, zebra, sapi, dan masih banyak lagi.

Tahukah kamu ada beberapa jenis hewan yang setia terhadap pasangan? Hewan-hewan ini memilih menjalin ikatan kuat dengan pasangan. Hewan ini tetap setia meski pasangannya mati.

Buaya termasuk hewan setia dengan pasangan. Di Indonesia, buaya diumpamakan sebagai sifat yang tidak setia. Kenyataannya, hewan ini paling setia dengan pasangannya. Buaya melakukan perkawinan dan berkembang biak dengan pasangan yang sama.

Hewan Paling Setia Di Dunia

Dari hewan primata sampai ikan, ada jenis yang setia bersama pasangan. Bahkan mereka akan kawin dan tinggal seumur hidup bersama pasangan tersebut. Mengutip dari bestlifeonline.com, berikut daftar hewan yang setia bersama pasangan.

  1. Burung Hantu

    Burung hantu termasuk golongan hewan buas dan aktif di malam hari. Burung hantu termasuk hewan setia dengan pasangannya. Mereka bisa tinggal seumur hidup untuk berkembang biak, mencari sarang, dan makanan.
    Burung ini bisa menghasilkan anak dan sering kawin dengan pasangan yang sama. Meski demikian, burung hantu bisa memilih berpisah dengan pasangannya. Penyebabnya karena tidak menghasilkan keturunan untuk bertahan hidup. Akhirnya burung hantu bisa mencari pasangan lain.
  2. Elang Botak (Bald Eagle)

    Elang Botak
    Elang Botak (pixabay.com/MICHOFF)
    Elang botak berasal dari Amerika Utara yang menjadi simbol nasional negara Amerika Serikat. Elang ini bisa bertahan selama 20 tahun di alam bebas.
    Elang botak termasuk hewan paling setia dengan pasangan seumur hidup. Alasan hewan ini setia karena mereka tinggal berpasangan selama musim dingin atau migrasi. Jika pasangan mati, elang botak akan mencari pasangan baru ketika musim kawin.
  3. Penguin

    Hewan lucu asal Afrika ini termasuk hewan yang memilih bersama kelompok. Meski demikian, penguin memilih satu pasangan selama musim kawin. Selama satu tahun ini pasangan penguin akan merawat anak, membuat sarang, dan mencari makanan. Setahun kemudian, para penguin akan mencari pasangan lagi. Jadi mereka hanya setia selama musim kawin saja.
  4. Burung Albatros (Albatrosses)

    Albatros tinggal di sekitar samudra Antartika dan Pasifik Utara. Burung Albatros termasuk burung besar yang memiliki sayap panjang. Burung ini biasanya memakan ikan, cumi, dan udang ketika menyelam di laut.
    Albatros termasuk hewan yang hidup berkelompok dan setia. Mereka bisa berumur mencapai usia 50 tahun untuk berkembang biak. Hewan ini hanya kawin seumur hidup dengan satu pasangan.
  5. Bengkarung Lidah Biru (Blue Tongued Lizards)

    Kadal Lidah Biru
    Kadal Lidah Biru (pixabay.com/MrsKirk72)
    Kadal genus Tiliqua ini memiliki keunikan lidah yang berwarna biru atau indigo. Ciri-ciri kadal lidah biru ini punya tubuh gemuk dan lidah biru tua yang lebar.
    Kadal lidah biru berasal dari Australia yang hidup monogami. Di Indonesia, jenis kadal ini ditemukan di kepulauan Maluku dan Papua. Mereka akan bersama satu pasangan selama 20 tahun. Bengkarung Lidah Biru ini akan berkumpul sepanjang musim kawin, berlangsung selama September dan November.
  6. Siamang (Gibbons)

    Siamang termasuk hewan primata yang dikenal sebagai kera hitam. Ciri-ciri hewan ini adalah lengan yang panjang, hidup di pohon-pohon yang tinggi, dan tidak memiliki ekor. Sebagian besar siamang memanjat pohon-pohon tinggi untuk berpindah-pindah.
    Siamang termasuk hewan yang setia dengan pasangan. Mereka akan melindungi rumah, berkembang biak, dan mencari makanan. Uniknya, primata ini akan mengeluarkan suara keras setiap pagi selama 30 menit, untuk melindungi rumah mereka.
  7. Angelfish Prancis (French Angelfish)

    Angelfish Prancis adalah ikan hias yang hidup di sekitar terumbu karang. Ikan ini tinggal di Bahama, Brasil, sampai Teluk Meksiko. Ciri-ciri ikan ini bertubuh kurus, memiliki gigi kecil, dan rahang bawah menonjol.
    Angelfish Perancis mempunyai warna mencolok. Mereka juga mengalami perubahan warna ketika remaja ke dewasa. Angelfish Prancis memiliki lingkaran kuning di sisik mereka yang berwarna biru atau hitam.
    Jenis ikan ini termasuk pasangan setia. Mereka akan mempertahankan wilayah bersama pasangan dari iklan lainnya.
  8. Berang-Berang

    Berang-berang termasuk hewan karnivora yang memakan ikan. Mereka hidup di dua alam yaitu darat dan air. Berang-berang biasanya tinggal di sungai di benua Amerika. Mereka hidup berkelompok dan membuat bendungan untuk tempat tinggal.
    Berang-berang termasuk hewan setia bersama pasangan seumur hidup. Mereka berkembang biak, merawat, dan mencari makanan bersama.
  9. Angsa

    Angsa termasuk burung besar yang sering ditemukan di danau atau sungai. Angsa memiliki leher panjang dan hidup monogami. Angsa termasuk hewan yang paling setia karena mereka hanya memilih satu pasangan. Mereka akan protektif untuk menjaga wilayah dan anak-anak pada hewan lain.
  10. Burung Parkit

    BUDI DAYA BURUNG PARKIT DI KLATEN
    BUDI DAYA BURUNG PARKIT DI KLATEN (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa.)
    Burung parkit termasuk burung peliharaan yang berukuran kecil dan memiliki warna terang. Burung ini masih satu kerabat dengan burung betet.
    Burung Parkit asalnya dari Australia dan hidup dalam kelompok besar di alam bebas. Satu kelompok parkit terdiri dari ribuan ekor. Mereka biasanya tinggal di hutan atau gurun.
    Parkit termasuk hewan setia dengan pasangan. Mereka mengalami kecemasan jika merasa kesepian dan tidak memiliki teman. Hewan ini membutuhkan pasangan untuk bertahan hidup dan bersosialisasi. Mereka akan mengalami kecemasan jika ditinggalkan pasangan.
  11. Serigala Abu-Abu (Gray Wolf)

    Serigala abu-abu termasuk hewan karnivora yang bisa tinggal dalam hutan, gunung, padang rumput, dan daerah dingin. Mereka biasanya berburu secara berkelompok untuk mencari mangsa.
    Meski hidup berkelompok, serigala abu-abu termasuk hewan monogami atau setia. Alpha jantan hanya kawin dengan betina yang sama. Mereka juga berkembang biak dan merawat anak-anak.
    Serigala abu-abu biasanya terdiri kawanan bermum 2 sampai 3 tahun. Mereka bisa memuai dengan kelompok baru untuk bertahan hidup.
  12. Rayap

Spesies serangga ini nama lainnya adalah semut putih. Rayap memiliki sayap ketika mereka sudah dewasa. Rayap sering kali bersarang dan memakan kayu di rumah-rumah. Mereka hidup berkoloni seperti lebah dan semut.Rayap yang tinggal berkelompok tidak punya sayap. Namun, mereka akan memiliki sayap jika keluar dari sarang.
Musim penghujan rayap biasanya rayap beterbangan mendekati cahaya ketika sore dan malam hari. Ketika sudah bersayap, rayap disebut laron atau kelekatu.
Ternyata beberapa jenis rayap masuk dalam daftar hewan yang setia. Mereka akan berkembang biak dan mencari makan bersama pasangan. Beberapa jenis rayap memiliki raja dan ratu untuk hidup berkelompok dan berkembang biak.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait