10 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan dan Cara Membuat Ramuannya

Image title
8 Desember 2021, 15:49
Manfaat daun suji untuk kesehatan.
beadgrup.com
Manfaat daun suji untuk kesehatan.

Daun suji atau Dracaena angustifolia merupakan tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai pewarna makanan. Tanaman berwarna hijau gelap, berbentuk pita memanjang dan runcing ini dikenal sebagai sumber klorofil.

Tanaman suji memiliki akar tunggang berwarna putih, batang tegak, barkayu, beralur dan melintang setinggi 6-8 m. Sementara, daunnya berwarna hijau gelap runcing berukuran 10-25 cm.

Sebagai bahan masakan, daun suji menghasilkan warna hijau yang lebih pekat dari pandan. Hanya saja, tidak seperti pandan, daun suji tidak memiliki aroma.

Selain kaya klorofil dan dimanfaatkan sebagai bahan pewarna makanan, daun suji nyatanya menyimpan banyak senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan dan berperan sebagai antinyeri, antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur.

Bukan cuma itu, daun suji mengandung vitamin C dan sejumlah zat fitokimia, yaitu alkaloid, flavonoid, tannin, tarpenoid, saponin, polifenol, monoterpenoid, dan sebagainya.

Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan

Di kawasan Jawa Barat, daun suji sering digunakan untuk mengobati asma, batuk, dan gangguan paru-paru. Di beberapa wilayah, akar suji dipakai untuk pengobatan tradisional sebagai sumber tonikium dan mengatasi leukimia.

Mengutip Bead Daily dan sumber terkait lainnya, berikut 10 manfaat daun suji untuk kesehatan:

1. Meredakan Nyeri Menstruasi

Sakit perut yang dialami sebelum atau saat menstruasi sering terjadi pada wanita. Rasa sakit ini muncul karena tubuh lebih banyak mengeluarkan hormon prostaglandin yang dapat memicu peradangan dan kontraksi otot rahim.

Kandungan senyawa saponin pada daun suji bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan diyakini mampu mengurangi rasa sakit saat haid. Ambil sekitar 20 gram daun suji segar, lalu rebus dengan 2 gelas air dan konsumsi air rebusannya satu gelas sehari.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun suji mengandung senyawa flavonoid yang berperan penting untuk mendukung kerja sel imun dalam tubuh guna melawan infeksi dan menghasilkan antibodi yang kuat.

Memiliki imunitas yang baik akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti kanker. Di samping itu, senyawa triterpenik di dalamnya juga telah terbukti dapat membunuh sel kanker.

3. Menambah Berat Badan

Manfaat daun suji yang belum banyak diketahui orang adalah kemampuannya untuk menambah nafsu makan. Bagi Anda yang sedang berusaha menambah berat badan dengan cara yang sehat, cobalah mencampurkan jus daun suji ke dalam makanan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...