13 Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan

Image title
8 Desember 2021, 16:17
Manfaat daun dewa untuk Kesehatan.
plantingman.com
Manfaat daun dewa untuk Kesehatan.

Daun dewa (Gynura pseudochina) atau yang juga dikenal dengan nama daun sambung nyawa merupakan tanaman asli Cina yang banyak dikembangkan di Asia Tenggara dan Afrika. Tanaman ini diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Daun dewa memiliki panjang 20 cm dan lebar 10 cm. Tanaman yang tumbuh tegak dengan batang daun pendek lunak berbentuk segilima ini mengandung senyawa flavonoid, polifenol, vitamin K, asam hidrolik, saponin, dan minyak atsiri.

Untuk memperoleh manfaatnya, daun dewa bisa direbus dan dijadikan jamu terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Hal tersebut cenderung lebih aman karena dapat menghilangkan zat-zat toxic pada daun.

Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan

Mengutip berbagai sumber, berikut 13 manfaat daun dewa untuk kesehatan:

1. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi termasuk penyakit kritis yang dapat menyebabkan komplikasi, termasuk penyakit pembuluh darah koroner dan stroke.

Berdasarkan "Journal of Acupunture and Meridian Studies (JAMS)" 2013, etanol yang terkandng dalam daun dewa dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Daun dewa dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di pembuluh darah yang membuat aliran darah menjadi lebih lancar, sehingga mampu mencegah dan mengobati hipertensi.

2. Mengobati Kanker Payudara

Meneruskan hasil studi Universiti Sains Malaysia pada 2013, daun dewa mengandung senyawa protein yang disebut perokside yang bekerja menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Selain itu, ekstrak daun dewa terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker Raji dan sel kanker HeLa yang ditemukan pada kanker limfoma dan kanker serviks. Kedua jenis kanker ini berhubungan dengan virus, seperti Human Papilloma Virus (HPV) dan Epstein-Barr Virus (EBV).

3. Mengobati Stroke

Stroke terjadi akibat kerusakan jaringan otak. Berdasarkan jurnal "Circulation Research", penyakit ini menjadi penyebab utama kecacatan jangka panjang dan kematian kelima di Amerika Serikat.

Penyakit ini dapat dicegah dan diobati dengan mengonsumsi air rebusan daun dewa yang dicampur dengan biji ginko dan madu. Di samping itu, daun dewa bersifat antihipertensi dan kardioprotektif yang dapat melindungi jantung.

4. Mengobati Herpes

Mengutip Hello Sehat, berdasaran penelitian kolaborasi tim periset Thailand dan Jerman, esktrak etanol daun dewa ampuh mematikan dan menghambat virus herpes simpleks HSV-1 dan HSV-2.

5. Mengatasi Masalah Kulit

Daun dewa bisa dimanfaatkan untuk obat luar, khususnya dalam mengatasi masalah kulit. Tanaman ini bisa mengurangi iritasi kulit akibat jerawat, gigitan serangga, memar, herpes, dan sebagainya.

6. Mengobati Diabetes

Daun dewa sering digunakan sebagai obat berbagai penyakit, seperti diabetes, ginjal, rematik, demam dan sembelit.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...