7 Tips Memilih Nama Kucing yang Unik dan Menarik

Kucing menjadi hewan peliharaan yang menggemaskan. Anda bisa menyimak 7 tips memilih nama kucing berikut ini, untuk menamai hewan kesayangan Anda.
Image title
8 Desember 2021, 16:36
7 Tips Memilih Nama Kucing yang Unik dan Menarik
Unsplash/Kristina Yadykina
Cara mengetahui umur kucing dilihat dari tampilan fisiknya

Kucing adalah hewan peliharaan yang menggemaskan. Setiap tingkah lakunya akan membuat pemiliknya betah berlama-lama bermain dengannya. Sejak dulu, kucing dianggap sebagai sahabat manusia.

Memelihara kucing dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Misalnya meringankan stress. Ambil contoh, beberapa waktu lalu sebuah perusahan di bidang teknologi di Tokyo, Jepang, mencetuskan ide yang begitu unik. Mereka sengaja menempatkan beberapa kucing di dalam kantor, untuk mengurangi tingkat stres karyawannya. Hal ini pun bisa Anda lakukan dengan memelihara seekor kucing lucu di dalam rumah.

Tips Mencari Nama Kucing yang Menarik dan Unik

Kucing Persia Himalaya
Kucing Persia Himalaya (pixabay.com)

 

Saat mengadopsi dan merawat seekor kucing, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memberi nama kucing pada hewan peliharaan Anda. Nama kucing berfungsi sebagai identitas. Selain itu, nama kucing juga bisa merepresentasikan hubungan kedekatan Anda dengan kucing tersebut.

Advertisement

Memberi nama kucing memang tidak segampang kedengarannya. Pada umumnya, pemilik kucing, mungkin juga Anda, akan merasa kebingungan memilih nama kucing yang sesuai keinginan.

Meski begitu, beberapa tips mencari nama kucing berikut ini akan sedikit membantu Anda. Anda dapat mengikuti setiap poin yang dijelaskan dalam artikel ini.

Melansir Thesprucepets.com dan dihimpun dari sumber lainnya, berikut tips untuk mencari nama kucing yang sesuai keinginan Anda. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Mencari Inspirasi Nama Kucing di Internet dan Buku

Kucing Munchkin
Kucing Munchkin (hewany.com)

 

Inspirasi memang bisa datang dari mana saja. Namun pertanyaannya, sampai kapan Anda menunggu inspirasi itu datang?, terutama saat hendak mencari nama kucing untuk hewan kesayangan Anda.

Saat ini kemajuan teknologi dapat membantu siapa saja, tak terkecuali Anda, untuk mencari beragam informasi yang dibutuhkan. Anda bisa menemukan inspirasi nama kucing yang unik, menarik, lucu, terdengar menggemaskan, atau nama kucing punya arti keren di internet.

Selain itu, Anda bisa membaca beberapa buku sebelum menyematkan nama kucing pada peliharaan Anda. Buku favorit semisal novel atau komik, akan memberikan inspirasi kepada Anda beberapa kosa kata yang bisa jadi nama kucing.

Contohnya, jika Anda gemar membaca buku novel dengan tema petualangan, Anda bisa memakai nama tokoh utama pada cerita tersebut sebagai nama kucing. Singkatnya, banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencari inspirasi nama kucing.

2. Jadikan Nama Tokoh, Benda, Makanan, atau Hal Di Sekitar Sebagai Referensi

Ilustrasi buku
Ilustrasi buku (Katadata)

 

Langkah berikutnya, Anda bisa melihat lingkungan sekitar untuk mencari nama kucing. Tidak ada salahnya Anda menggunakan salah satu nama makanan favorit sebagai nama kucing.

Nama-nama dari tokoh atau artis idola pun bisa Anda gunakan untuk menamai kucing Anda. Metode ini cukup efektif karena tidak memerlukan waktu begitu lama.

3. Membuat Daftar Nama Kucing

PRODUKSI AKSESORIS BUSANA UNTUK KUCING
PRODUKSI AKSESORIS BUSANA UNTUK KUCING (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.)

 

Setelah Anda mendapat banyak inspirasi tentang nama kucing, maka segeralah mencatat dan membuat daftar nama kucing. Hal ini akan mempermudah Anda untuk memilah, mana nama kucing yang cocok bagi hewan peliharaan Anda.

Anda dapat memakai aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, untuk membuat daftar nama kucing. Sebab, pada aplikasi tersebut terdapat sebuah tool yang mampu mengurutkan nama kucing dari abjad A sampai abjad Z.

4. Urutkan Dari yang Paling Sederhana

MALAYSIA-CATEXPO
MALAYSIA-CATEXPO (ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng/WSJ/dj)

 

Apabila Anda masih bingung, maka cobalah mengurutkan dan memilah nama kucing yang terdengar sederhana. Anda mungkin ingin memberikan nama yang unik. Namun, pekerjaan tersebut akan memakan waktu yang tidak sedikit.

Nama kucing sederhana bukanlah sesuatu yang buruk. Justru ini dapat memudahkan Anda untuk mengingatnya. Bahkan dalam beberapa kasus, ada juga kucing yang mampu mengingat namanya karena terdengar sederhana.

5. Jangan Terburu-buru Memilih Nama Kucing

KONTES KOSTUM KUCING
KONTES KOSTUM KUCING (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

 

Anda sebaiknya jangan terlalu terburu-buru memilih nama kucing. Sebab, masih ada banyak referensi nama kucing yang dapat Anda gunakan untuk memberikan identitas pada hewan peliharaan.

Setelah mengikuti beberapa langkah di atas, sebaiknya cermati kembali daftar nama kucing yang sudah dibuat. Ini bertujuan untuk menghindari rasa kekecewaan Anda, kalau seumpama salah memberikan nama kucing.

Kalau Anda sudah terlanjur memilih nama yang panjang karena memiliki makna pribadi, maka bersiaplah untuk menggunakan versi yang disingkat untuk memudahkan dalam penggunaan sehari-hari.

Misalnya seperti ini, anggap saja Anda adalah penggemar film Lord of the Rings, kemudian Anda ingin memberikan nama kucing Anda dengan nama salah satu tokohnya “Samwise Gamgee”. Anda bisa menyingkatnya dengan memakai kata Sam. Nama kucing ini terdengar lebih sederhana dan lebih mudah diucapkan.

Sekadar saran, pilihlah nama kucing yang terdiri dari dua suku kata atau kurang. Lebih dari itu, pengucapannya cukup sulit. Bahkan dapat menyebabkan kucing Anda menjadi bingung dan tidak pernah mengetahui namanya.

6. Pertimbangkan Kepribadian, Sifat, dan penampilan Kucing Peliharaan Anda

Kucing jenis Scottish Fold
Kucing jenis Scottish Fold (Thirdman/Pexels)

 

Tips berikutnya untuk memberi nama kucing, yaitu dengan mempertimbangkan kepribadian, sifat, dan penampilan kucing peliharaan Anda. Misal kucing Anda sangat gesit saat berlari, maka nama salah satu superhero atau pahlawan super dari DC komik yakni Flash, bisa Anda sematkan pada kucing Anda.

Selain itu, bila Anda mempertimbangkan hal ini maka nama kucing yang dipilih bisa menggambarkan kepribadian, sifat, dan penampilannya.

7. Tips Terakhir, Pilih Nama Kucing yang Sesuai Keinginan

Gambar kucing siam
Gambar kucing siam (Unsplash/Alex Meier)

 

Semua petunjuk di atas sifatnya hanya sekedar saran. Keputusan terbesarnya tetap di tangan Anda. Sebagai pemilik, Anda bebas memberikan nama kucing. Semua langkah ini fungsi agar mempermudah pekerjaan tersebut.

Demikian tips untuk memilih nama kucing. Saat ini, beragam inspirasi nama kucing bisa ditemukan dengan sangat mudah di internet. Anda bisa memilih beberapa di antaranya untuk menamai kucing Anda. Selamat mencoba!

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait