8 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia

Dwi Latifatul Fajri
8 Desember 2021, 17:49
Hewan Purba
pixabay.com/alexstrachan

Hewan purba adalah hewan yang hidup di masa lalu kemudian mengalami kepunahan. Tapi, tidak semua hewan purba mengalami kepunahan. Ada beberapa hewan yang masih bertahan baik di laut dan di darat.

Contoh hewan yang sudah punah adalah megalodon, dinosaurus, dan titanoboa. Hewan-hewan tersebut hidup di berbagai zaman dan ukurannya sangat besar.

Advertisement

Berbicara soal hewan purba, manusia ikut bertanggung jawab pada lingkungan. Hewan-hewan ini terancam punah karena populasi mereka semakin sedikit.

Beberapa hewan yang mengalami kepunahan akibat perburuan manusia, penebangan pohon, kebakaran, dan kesulitan mencari makanan. Manusia ikut mendorong beberapa hewan yang diprediksi mengalami kepunahan.

Contoh hewan di Indonesia yang mengalami kepunahan yaitu Orang Utan, Bekantan, Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Badak, banteng, dan masih banyak lagi.

Hewan Purba Di Indonesia

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati dan hewani yang menarik untuk diketahui. Ada berbagai spesies hewan purba yang ada di Indonesia. Hewan ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Contohnya saja komodo yang tinggal di Pulau Komodo.

  • Komodo

Wisata Super Prioritas Labuan Bajo di Masa Pandemi
Wisata Super Prioritas Labuan Bajo di Masa Pandemi (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Komodo termasuk hewan purba di Indonesia yang terancam punah. Komodo merupakan biawak besar yang tinggal di pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Diperkirakan hewan ini bisa berumur 50 tahun di alam bebas.

Panjang komodo sekitar 2-3 meter dan beratnya mencapai 100 kg. Hewan karnivora ini bisa saja menyerang manusia dari dekat. Menurut ilmuwan, fosil komodo ditemkan di Australia Timur dari 4 juta tahun yang lalu.

  • Ikan Arwana

KONTES ARWANA SUPER RED
KONTES ARWANA SUPER RED (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Ikan arwana merupakan ikan hias yang berukuran besar dan memiliki warna yang indah. Ternyata, ikan arwana termasuk hewan zaman purba yang sudah ada di bumi sejak 220 juta tahun yang lalu.

Dahulu ikan besar ini tinggal di sungai dan danau air yang tenang. Mereka memakan ikan-ikan di sekitar sungai. Ikan arwana bisa ditemukan di sungai Amazon, benua Afrika, Asia, dan Australia.

Di Indonesia, ada ikan arwana super red yang berada di Sungai Kapuas dan danau Sentarum di Kalimantan Barat.

  • Buaya

    BUAYA TERJERAT BAN DI PALU
    BUAYA TERJERAT BAN DI PALU (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Buaya termasuk hewan purba yang masih hidup di bumi. Di Indonesia, buaya bisa ditemukan di sungai Kalimantan. Hewan yang hidup di dua alam ini ada beberapa jenis seperti buaya muara dan aligator di Amerika.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement