5 Tips Membuat CV Agar Terlihat Profesional dan Berkelas

Image title
9 Desember 2021, 11:21
Ilustrasi tips membuat CV elegan dan terlihat profesional di mata rekruter
freepik.com
Ilustrasi tips membuat CV elegan dan terlihat profesional di mata rekruter

Bagi para pelamar kerja persiapan Curriculum Vitae atau ringkasan riwayat hidup menjadi hal yang utama. Curriculum Vitae (CV) menjadi gambaran dari diri seseorang. Sehingga dengan membacanya, rekruter bisa memahami dalam waktu singkat mengenai performa dan sosok pelamar.

Selain di dunia kerja, fungsi Curriculum Vitae sekarang ini juga merupakan hal wajib di kalangan akademik seperti untuk mendaftar beasiswa atau ketika Anda ingin mendaftar organisasi yang berada di kampus.

Advertisement

Dapat dibayangkan, apabila proses melamar kerja tidak disertai dengan Curriculum Vitae, pelamar akan kesulitan untuk dikenali oleh HRD. Makanya CV merupakan salah satu syarat wajib untuk melamar pekerjaan. Dengan adanya Curriculum Vitae Anda akan dengan mudah dikenali oleh HRD atau atasanmu.

Tidak hanya itu, melalui CV Anda dapat menunjukkan profesionalitas kerja. Sebuah perusahaan tentunya memiliki berbagai macam persyaratan untuk pelamar agar dapat bekerja pada suatu perusahaan. Perusahaan biasanya memberikan standar-standar tersendiri untuk perusahaannya dari yang relatif sulit hingga yang mungkin dapat dengan mudah untuk dipenuhi. Pada hal tersebut tentunya Anda perlu untuk memperlihatkan profesionalitas melalui Curriculum Vitae.

Ada beberapa tips membuat CV, sebagaimana yang dilansir dari Gramedia.com:

1. Lampirkan Identitas Diri Dalam CV

Tips membuat CV yang pertama adalah melampirkan data diri yang berupa nama diri, tempat tanggal lahir, serta pendidikan terakhir yang sudah ditempuh. Dalam penulisan identitas tidak dianjurkan untuk menyematkan pendidikan dari jenjang awal yaitu TK, SD, SMP, dan SMA.

Dalam beberapa alasan, hal tersebut kurang dilihat dan ditelusuri karena tentunya bagi beberapa perusahaan hanya mengamati pada pendidikan terakhir yang telah ditempuh oleh seorang pelamar. Cukup tuliskan keterangan pendidikan terakhirmu.

2. Deskripsikan Diri dengan Singkat dan Menarik

Apabila identitas diri sudah dilampirkan maka selanjutnya adalah membuat penjelasan mengenai diri. Berikan gambaran diri seperti kepribadian, kegemaran, aktif dalam kegiatan apa saja yang telah Anda ikuti.

Berkaitan dengan hal tersebut, Anda dapat mendeskripsikannya sesuai dengan tujuanmu dalam melamar di perusahaan tersebut. Tuliskan kemampuan apa yang Anda miliki dan persiapkan untuk perusahaan tersebut. Tentunya Anda hanya perlu menuliskannya secara ringkas dan hindari deskripsi panjang lebar.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement