Contoh Teks Prosedur Beserta Pengertian dan Cara Merancangnya

Image title
9 Desember 2021, 11:44
Ilustrasi membaca contoh teks prosedur.
Unsplash/Roman Kraft
Ilustrasi membaca contoh teks prosedur.

Contoh teks prosedur merupakan sesuatu yang cukup sering dicari untuk menemukan solusi atau membereskan suatu masalah tertentu yang tengah dihadapi. Teks ini berisi langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Mengutip buku "Modul Tema 6: Kiat Menuju Sukses Bahasa Indonesia Paket C Setara SMA/MA" oleh Tika Hatika yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, teks prosedur berfungsi menginformasikan kepada pembaca atau pendengar tentang bagaimana cara membuat atau melakukan suatu pekerjaan.

Advertisement
Contoh teks prosedur
Contoh teks prosedur pada kemasan mi instan (hemat.id)

Teks prosedur mudah ditemukan di internet, majalah, buku, dan petunjuk pada kemasan barang. Selain petunjuk teks ini bisa berupa tips, trik, dan kiat untuk melakukan sesuatu. Contoh teks prosedur di internet seperti cara membuat blog, facebook, mengunggah video di Youtube, dan membeli produk secara online.

Teks prosedur memiliki ciri-ciri, yaitu berisi langkah-langkah, disusun secara informatif, kalimat jelas dan rinci, bersifat objektif, memakai pola kalimat perintah (imperatif), menggunakan kata kerja aktif (verba material) yang mengacu pada tindakan, memakai kata penghubung yang bertujuan untuk mengurutkan kegiatan, Menggunakan kata keterangan waktu, tempat, dan akurat, dan memakai kalimat baku, singkat, padat, jelas, dan logis.

Jenis-jenis Teks Prosedur

Teks prosedur tidak hanya menjelaskan cara pemakaian alat atau benda. Teks ini juga menjelaskan bahan dan takaran dalam membuat sesuatu. Dilihat dari bentuknya teks prosedur dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana hanya memiliki 2-3 langkah saja. Contoh teks prosedur ini yaitu cara mengoperasikan setrika.

  • Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks berisi kalimat kompleks dan petunjuknya lebih panjang. Misalnya langkah satu diikuti sub langkah selanjutnya. Contoh bentuk teks ini adalah teks prosedur ketika ditilang polisi.

  • Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol berisi tahapan yang mudah dipahami pembaca. Namun, penjelasannya lebih panjang dari teks prosedur sederhana. Contoh kalimat teks prosedur protokol yaitu cara menanak nasi di rice cooker.

Merancang Teks Prosedur

Untuk membuat teks prosedur, adapun langkah yang perlu dilalui ialah menentukan topik dan menyusun kerangka teks.

Pilihlah topik yang menarik dan bermanfaat untuk para pembaca. Selain itu, materi tentang topik yang akan ditulis mesti dikuasai, mudah dicari datanya, dan mudah dikembangkan.

Setelah topik ditentukan, susun kerangka teks sesuai dengan struktur teks prosedur, yakni tujuan dan langkah-langkahnya, misalnya:

Topik: Cara mengatasi kucing tidak mau makan.

Tujuan: Mengembalikan nafsu makan hewan peliharaan.

Langkah 1: Perhatikan lingkungan makan.

Langkah 2: Coba berbagai jenis mangkuk.

Langkah 3: Pertimangkan cara lain untuk memberi makan.

Langkah 4: Menjaga makanan tetap segar.

Contoh Teks Prosedur

Contoh 1: Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Mencukupi asupan makanan kucing merupakan syarat bagi mereka yang hendak memelihara hewan peliharaan yang satu ini. Namun, ada kalanya, hewan mungil ini menolak untuk makan.

Hilangnya nafsu makan pada hewan peliharaan bisa berakibat fatal. Ketika kucing tidak cukup makan, mereka akan mengandalkan cadangan lemak sebagai energi. Tapi, sebelum digunakan untuk bahan bakar, lemak harus diproses oleh hati, sehingga perlu pasokan protein yang cukup.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan nafsu makan kucing:

1. Lingkungan makan

Ada beberapa kucing yang suka ditemani saat makan, dan ada juga yang lebih suka makan sendirian dengan tenang.

2. Coba berbagai jenis mangkuk

Mengganti mangkuk dengan jenis yang berbeda bisa memengaruhi nafsu makan kucing. Anda bisa mencoba beberapa mangkuk untuk menemukan wadah yang pas yang mereka sukai.

3. Pertimbangkan cara lain untuk memberi makan

Ada beberapa kucing yang lebih suka makan dengan cara berburu dan makan sedikit demi sedikit sepanjang hari.

4. Menjaga makanan tetap segar

Kucing memutuskan apa yang akan mereka makan berdasarkan bau dan rasa. Sama seperti manusia yang tidak menyukai sisa makanan atau makanan basi, kucing pun demikian.

Contoh 2: Cara Menghapus Blank Page di Word

Berikut beberapa cara menghapus blank page pada Microsoft Word:

Cara Menghapus Blank Page di Word pada Akhir Dokumen

Halaman kosong juga kerap ditemukan pada akhir dokumen di Microsoft Word. Untuk menghapus halaman kosong pada akhir dokumen caranya tidaklah sulit. Berikut tutorialnya:

- Buka aplikasi Microsoft Word, kemudian pilih dokumen yang akan diedit.

- Tampilkan halaman kosong yang ada di bagian akhir dokumen dengan fitur Paragraph Mark.

- Blok semua karakter yang ada di halaman kosong tersebut. Terakhir, tekan tombol delete di keyboard untuk menghapus halaman kosong tersebut.

Cara Menghapus Blank Page di Word Windows

Cara ini khusus untuk mereka yang menggunakan Windows. Untuk menghapus halaman kosong pada software Windows tidak sulit. Berikut langkah-langkahnya:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement