Contoh Kata Pengantar Makalah, Skripsi, dan Laporan PKL

Image title
9 Desember 2021, 15:58
Ilustrasi menulis contoh kata pengantar.
Pexels.com/ Buro Milennial
Ilustrasi menulis contoh kata pengantar.

Contoh kata pengantar diperlukan sebagai referensi dalam tiap penyusunan karya tulis, baik yang berbentuk makalah, karya ilmiah, maupun laporan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata pengantar adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Kata pengantar terbagi menjadi tiga bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Pembuka terletak pada paragraf pertama yang berisi ucapan syukur penulis atau penyusun karya atas selesainya pembuatan karya.

Pada bagian isi, penulis biasanya akan menceritakan sedikit gambaran mengenai isi dari karya yang ditulis beserta orang-orang yang berkontribusi dalam pembuatan karya.

Selanjutnya, pada bagian penutup penulis atau penyusun memuat permohonan maaf dan harapan dari karya tulis yang telah dibuat.

Secara teknis, penulisan kata pengantar dibuat dalam untaian kata yang tegas dan jelas. Tidak ditulis terlalu panjang dan bertele-tele. Intinya, tulislah kata pengantar dalam formasi yang singkat, padat dan sederhana.

Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar Makalah

***

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-Nya sehingga makalah dengan judul “Dinamika Masyarakat dan Kebudayaan” ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa juga kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.

Penyusunan makalah ini bertujuan untuk memenuhi nilai tugas dalam mata kuliah Pengantar Antropologi. Selain itu, pembuatan makalah ini juga bertujuan agar menambah pengetahuan dan wawasan bagi para pembaca.

Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman maka kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempuraan makalah ini.

Akhir kata, semoga makalah ini dapat berguna bagi para pembaca.

(Tempat), (Tanggal, bulan, dan tahun)

(Tanda tangan)

      Penyusun

***

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Berikut adalah contoh kata pengantar skripsi yang harus kamu pahami dan dapat menjadi acuan:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...