3 Cara Membuat Stiker WA dengan Mudah

Berikut tiga cara membuat stiker WA dengan mudah meski bukan ahli dalam bidang desain dan IT
Image title
13 Desember 2021, 12:01
Ilustrasi Cara Membuat Stiker WA
Shutterstock
Ilustrasi Cara Membuat Stiker WA

Siapa yang tak memiliki aplikasi WhatsApp di gawainya? Tentu sebagian besar pengguna smartphone sudah akrab dengan aplikasi tersebut. Teknologi yang berafiliasi dengan Meta atau Facebook ini mengembangkan teknologinya dalam bertukar pesan. Salah satunya adalah stiker gambar yang sering dikirimkan satu sama lainnya.

Saat mengobrol dengan kawan dekat, sekadar menulis teks tidak akan seru. Bertukar pesan dengan menggunakan Gif, Sticker dan Emoji akan membuat lebih ekspresif dan lebih bisa mengungkapan perasaan dalam pesan. Pada WhatsApp terdapat sebuah fitur yang sangat berbeda dengan aplikasi lain, yaitu membuat stiker pribadi.

7 Aplikasi Penyedia Stiker WA yang Populer

Walaupun hingga kini fitur stiker sudah jamak ditemukan bagi para pengguna WhatsApp. Namun, tidak semua orang mengetahui cara menambahkan atau membuat stiker sendiri.

Apabila ditilik lebih mendalam ada beberapa aplikasi yang sangat cocok digunakan untuk membuat atau menambahkan stiker WhatsApp. Sehingga sebelum mengetahui cara membuat stiker WA. Berikut tujuh aplikasi penyedia stiker terbaik dikutip dari situs Populeria.com:

Advertisement

1. Sticker Maker

Bila Anda baru saja mengabadikan gambar, dengan aplikasi ini foto yang Anda jepret bisa dibuat menjadi stiker dengan mudah. Aplikasi yang dikembangkan oleh Viko & Co ini cukup mudah digunakan untuk membuat stiker WhatsApp. Saat ini aplikasi Sticker Maker sudah diunduh (download) 10 juta pengguna dengan rating 4,3 di Google Play Store.

2. 10 Sticker Packs for WhatsApp

Aplikasi Telegram yang dikembangkan oleh perusahaan Telegram LLC juga menghadirkan pembuatan stiker di Play Store. Aplikasi ini berisi 10 pack sticker yang isinya kelinci, Bebek, dinosaurus, kucing, hiu, anjing, dan penguin. Aplikasi ini sudah diunduhlebih dari 500 ribu orang dan mendapat rating 4,5 di Google Play Store.

Selain bisa digunakan di WhatsApp, stiker yang dibuat dari aplikasi ini juga bisa dikirim melalui Messenger yang terhubung dengan Facebook.

3. Sticker Studio

Aplikasi ini sukses meraih pasar hingga 5 juta pengguna. Secara teknis aplikasi ini juga tak jauh berbeda dengan aplikasi lain pada umumnya.

4. Personal Sticker for Android

Berbeda dengan aplikasi lainnya, Personal Sticker for Android memiliki kelebihan dengan bisa mengenali gambar yang kamu ambil dan akan menampilkan stiker-stiker lain yang relevan.

Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan studio Stukalov dan sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Android, dengan rating 4,2.

5. Wemoji

Dengan tampilan yang sederhana, Wemoji hadir sebagai salah satu aplikasi pembuat stiker paling minim fitur. Wemoji dikembangkan oleh Picmax. Aplikasi ini telah diunduh oleh satu juta lebih pengguna Android dan mendapatkan rating sebesar 4.7 di Google Play Store.

6. Stickyfi: 5000+ Sticker for Android

Pada aplikasi Stickyfi: 5000+ Sticker for Android, terdapat aneka ragam stiker yang tersedia dan bisa Anda unduh secara cuma-cuma. Di dalamnya juga terdapat versi premium yang bisa Anda unduh secara berbayar.

Tidak hanya menyediakan berbagai stiker yang sudah jadi, Anda juga bisa membuat sticker pribadi dari foto-foto koleksi Anda. Aplikasi ini dikembangkan oleh Stickyfi dan telah didownload oleh 1 juta lebih pengguna dengan rating sebesar 4.6 dari 5 di Google Play Store.

7. Sticker for Chat

Sebagai aplikasi pembuat stiker yang cukup laris, terlihat di Google Play Store sudah memperoleh rating 4.3. Adapun pengunduhnya lebih dari lima juta orang. Pengembang dari aplikasi ini adalah StickoText.com dan bisa diunduh melalui Play Store.

3 Cara Membuat Stiker WA

Setelah mengenal tujuh aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat stiker WhatsApp, berikutnya adalah panduan membuat stiker agar nampak bagus dan bisa menjadi kenang-kenangan saat dikirim kepada kawan. Berikut tiga cara membuat stiker WA: 

1. Edit Foto Tampilan Gambar

Sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga itu, pastikan terlebih dahulu foto atau gambar yang dimiliki dan ingin diubah menjadi stiker. Proses edit bisa menggunakan Adobe Photoshop ataupun aplikasi bernama Background Eraser yang berguna untuk menghapus background gambar. Atau kamu juga bisa langsung mengunduh gambar yang kamu sukai. Pastikan gambar yang sudah kamu edit berada dalam format PNG.

2. Memberi Nama atau Label pada Stiker

Bila editan foto Anda sudah siap untuk dijadikan stiker, bukalah aplikasi yang baru saja Anda unduh. Pilih opsi create sticker pack. Tuliskan judul sticker pack Anda dan masukkan semua gambar tadi ke dalam sticker pack yang telah disimpan melalui opsi yang diberikan. Jika ada pertanyaan untuk mengakses folder gambar dan video Anda, jawab "allow". Setelah itu pilihlah gambar yang tadi dan pilih "save sticker" atau "simpan stiker".

3. Agar Mendapat Hasil Terbaik Jangan Gunakan Aplikasi Stiker untuk Mengedit

Perlu menjadi catatan untuk beberapa aplikasi pihak ketiga tersebut memiliki fitur edit gambar sehingga Anda tak perlu lagi meng-edit di luar aplikasi tersebut. Tetapi umumnya fitur editing di sana tidak selengkap yang lain, jadi tetap lebih baik untuk meng-edit gambar Anda di luar aplikasi penambah stiker.

Selain lebih detail, Anda bisa membuat stiker Anda juga lebih rapi dan berwarna. Demikianlah tips dalam membuat stiker di whatsApp. Tentu yang harus diperhatikan agar tetap menjaga etika dalam mmembuat stiker, jangan melanggar norma dan tetap menghormati privasi. Sehingga tidak sembarang foto dijadikan stiker.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait