4 Cara Membuat Akun Google Scholar dengan Mudah dan Cepat

Berikut empat cara membuat akun Google Scholar dengan mudah dan dalam tempo singkat sehingga bisa diakses oleh semua kalangan terutama dari mereka yang memiliki latar belakang akademisi dan peneliti.
Image title
13 Desember 2021, 16:17
Ilustrasi cara membuat akun Google Scholar
Katadata
Ilustrasi cara membuat akun Google Scholar

Para akademisi baik di tingkat siswa, mahasiswa hingga dosen tentu cukup akrab dengan Google Scholar. Secara definisi aplikasi Google Schoolar adalah fitur untuk mencari rujukan literatur ilmiah. Misalnya jurnal ilmiah yang berasal dari berbagai bidang keilmuan. 

Google Scholar adalah salah satu fitur aplikasi di bawah naungan perusahaan mesin pencari terbesar yakni Google. Fitur ini menyediakan literatur ilmiah dalam bentuk jurnal dan artikel ilmiah yang sudah dipublikasi oleh penulisnya dan berasal dari berbagai disiplin ilmu.

Salah satu keunggulan dari Google Scholar adalah secara spesifik hanya menyediakan hasil pencarian dalam bentuk artikel dan jurnal ilmiah. Sehingga pencarian rujukan menjadi lebih efisien, karena sesuai kebutuhan.

Kumpulan koleksi jurnal dan artikel ilmiah di Google Scholar terbilang lengkap dan memadai sebagai bahan dasar riset ilmiah. Namun yang terpenting, semua bisa diakses secara gratis. Mempelajari panduan Google Scholar adalah langkah besar supaya bisa menemukan rujukan berkualitas tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Advertisement

Bagi Anda para pemula jangan khawatir kesulitan dalam mengakses aplikasi ini. Dalam proses kerjanya, Google Scholar cukup mudah untuk diakses dalam penulisan kata kunci. Proses pencariannya tidak memerlukan waktu lama, sepersekian detik berikutnya Google Scholar sudah merekomendasikan hasil pencarian. Google Scholar akan memberikan rekomendasi dari sumber terpercaya.

Cara Membuat Akun Google Scholar

Meski akses terhadap Google Scholar tergolong mudah, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara membuat akun Google Scholar.

Berikut cara membuat akun Google Scholar dengan mudah dan cepat sehingga para pemilik akunnya selain bisa mengakses juga bisa ikut berkontribusi mempublikasikan karya tulis ilmiah yang telah dibuat. Setidaknya bisa membuat sekarang untuk kemudahan publikasi di masa mendatang. Berikut langkah-langkahnya:

1. Persiapan dari Membuat akun Email

Cara membuat akun Google Scholar yang pertama adalah dengan mempersiapkan akun email. Meski lebih mudah dianggap sebagai akademisi maka dianjurkan memakai email dengan domain. Misalnya dosen menggunakan alamat email pribadi yang terdaftar di kampus tempatnya mengajar, sehingga lebih resmi dan terpercaya.

2. Mulai Membuka Akun di Google Scholar

Selanjutnya dalam cara membuat akun Google Scholar setelah membuat email adalah masuk ke Google Scholar dan klik tombol “Akun Saya” di pojok kanan atas. Sehingga bisa menjumpai halaman pengaturan profil.

3. Mengisi Profil Data Diri

Setelah menemukan akun profil, cara membuat akun Google Scholar selanjutnya adalah dengan mengisi kolom data dengan baik dan benar. Data ini meliputi nama lengkap, nama instansi, alamat email yang berafiliasi dengan universitas, dan lain-lain. Setelah data sudah selesai diisi, klik tombol “Make My Profile Public” agar karya tulis yang dibuat bisa diakses banyak orang.

 4. Tulis Data Diri dengan Lengkap

Dalam proses penulisan akan dibawa ke halaman kelengkapan profil, jadi silahkan melengkapi profil sesuai dengan permintaan. Misalnya mengunggah foto profil maupun info lainnya. Jika ditujukan untuk kegiatan akademik maka bisa memakai foto resmi agar lebih kredibel.

Panduan Google Scholar Agar Maksimal dalam Pencarian

  • Pastikan untuk mengetik kata kunci yang spesifik, jika mencari kandungan jamur tiram. Maka jangan hanya mengetik “jamur tiram” melainkan “kandungan jamur tiram”. Semakin spesifik maka semakin banyak hasil rekomendasi yang sesuai.
  • Gunakan fitur Advanced Search yang disediakan untuk membantu Google Scholar memfilter hasil pencarian agar lebih spesifik.
  • Jika menjumpai banyak referensi yang sesuai maka beri tanda bookmark dengan klik gambar bintang untuk menandai artikel tersebut. Sehingga memudahkan kamu menemukannya kembali tanpa harus mengingat kemarin mengetik kata kunci apa.
  • Manfaat fitur Sitasi Kutip Cepat dari Google Scholar, yang memudahkan proses menyalin teks agar mendapatkan tambahan sitasi secara langsung.

Demikianlah empat cara membuat akun Google Scholar yang baik dan benar, sehingga bisa mendapatkan potensi akademik dengan cukup baik. Selain bisa mencari referensi juga bisa mengunggah karya pribadi agar bisa dilayak oleh khalayak umum.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait