Contoh Daftar Riwayat Hidup Agar Dibaca HRD dan Cara Membuatnya

Image title
13 Desember 2021, 17:03
Contoh Daftar Riwayat Hidup Agar Dibaca HRD dan Cara Membuatnya
Startup Stock Photos/Pexels
Ilustrasi membuat daftar riwayat hidup

Daftar riwayat hidup atau lebih dikenal dengan istilah Curriculum Vitae (CV) merupakan sebuah dokumen, yang berisi informasi ringkas tentang suatu kualifikasi seseorang. Di dalamnya terdapat informasi data diri, riwayat pendidikan, kemampuan serta kompetensi, dan juga pengalaman bekerja.

Pada umumnya, para pencari kerja (jobseeker) sering membuat dokumen daftar riwayat hidup yang didesain sedemikian rupa sesuai keinginannya. Namun, terkadang desain daftar riwayat hidup tersebut justru tidak dilirik oleh rekruter atau pihak HRD (human resources development). Penyebabnya tidak lain, karena ternyata kebanyakan HRD lebih memilih membaca daftar riwayat hidup yang dibuat sederhana.

Advertisement

Perlu diketahui, saat sebuah perusahaan membuka lowongan kerja untuk posisi tertentu, berkas lamaran termasuk daftar riwayat yang dikirimkan jumlahnya begitu banyak. Oleh karena itu, pihak rekruter tidak memiliki cukup banyak waktu guna membaca semua dokumen CV atau daftar riwayat hidup.

Saat ini umumnya pihak rekruter atau situs pencari kerja sudah memakai sebuah perangkat lunak bernama ATS (Applicant Tracking System). Sistem ini memungkinkan pihak pembuka lowongan kerja untuk mengumpulkan daftar riwayat hidup dan menyelesaikannya sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Bahkan, menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada laman Jobscan, di tahun 2018 sebagian besar perusahaan Fortune di Amerika Serikat hampir 99% sudah memakai sistem ATS untuk menyeleksi daftar riwayat hidup milik jobseeker.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar, Anda bisa menyimaknya dalam ulasan berikut ini:

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

Ilustrasi penggunaan komputer
Ilustrasi penggunaan komputer (pixabay.com)

 

Mengutip situs Akupintar.id, CV atau daftar riwayat hidup merupakan sebuah dokumen berisi informasi yang meliputi data diri, latar belakang pendidikan, riwayat pekerjaan, dan lain sebagainya. Meski begitu, hingga saat ini belum ada aturan baku yang membahas secara detail tentang pembuatan daftar riwayat hidup.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement