Cara Membuat Halaman di Word yang Mudah untuk Pemula

Image title
13 Desember 2021, 17:38
Ilustrasi cara membuat halaman di word dengan mudah dan praktis.
Pexels
Ilustrasi cara membuat halaman di word dengan mudah dan praktis.

Bagi para masyarakat baik dari kalangan pekerja maupun akademisi sudah akrab dengan Microsoft Word. Perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft ini diluncurkan pertama kali pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi. Hingga puncanya pada tahun 2007 lahir Microsoft Office Word dan di tahun 2014 akrab disebut dengan Word.

Microsoft Word ini kerap kali digunakan sebagai pengolah data baik huruf maupun angka untuk keperluan pembuatan dokumen dan hal lain terkait dengan tulis-menulis. Dalam perjalanannya Microsoft Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC.

Selain dari aspek sejarah, hal yang harus diketahui dari Microsoft Word adalah penggunaan fitur-fitur yang disediakan. Fitur-fitur ini mendukung agar hasil pekerjaan yang Anda lakukan bisa maksimal. Salah satu fiturnya seperti pemberian nomor halaman.

Pembuatan nomor halaman menjadi teramat penting bagi Anda yang ingin membuat karya ilmiah. Seperti halnya pada buku, karya ilmiah yang kita buat melalui Microsoft Word juga membutuhkan nomor halaman. Karya ilmiah tidak akan rapi jika pembuatannya tidak disertakan nomor halaman.

Keberadaan nomor halaman menjadi penting demi memudahkan dan mendapatkan dengan mudah mengetahui bagian-bagian materi yang Anda tulis dan mengetahui keseluruhan halaman. Nomor halaman ini dapat dibuat secara otomatis melalui fitur dari Microsoft Word. Hal ini tidak akan membuat Anda menjadi repot.

Hal yang perlu diketahui adalah proses pembuatan nomor halaman tidak hanya pada satu konsep saja. Ada berbagai macam format yang telah disediakan Microsoft Word untuk membuat nomor halaman agar lebih variatif. Selain nomor halaman dengan angka yang biasa kita gunakan, Anda juga dapat membuat nomor halaman dengan angka romawi.

Pada umumnya, angka romawi akan dibuat secara terpisah dengan angka yang biasa kita gunakan. Pemisahan ini terjadi pada bagian halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan halaman lain yang tidak ada kaitannya dengan pendahuluan dari karya ilmiah.

Agar mudah memhami proses memberi nomor halaman pada Microsoft Word, berikut tata cara membuat halaman di word yang disadur dari buku Microsoft Word dan Excel Untuk Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis dan Disertasi ) yang ditulis oleh Muhammad Arifin yang diterbitkan oleh Prenada Media.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...