Cara Membuat Halaman di Word yang Mudah untuk Pemula

Berikut empat cara membuat halaman di word dengan mudah dan praktis. Konsep ini bisa langsung dipraktikkan oleh para pemula dalam Microsoft Word.
Image title
13 Desember 2021, 17:38
Ilustrasi cara membuat halaman di word dengan mudah dan praktis.
Pexels
Ilustrasi cara membuat halaman di word dengan mudah dan praktis.

Bagi para masyarakat baik dari kalangan pekerja maupun akademisi sudah akrab dengan Microsoft Word. Perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft ini diluncurkan pertama kali pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi. Hingga puncanya pada tahun 2007 lahir Microsoft Office Word dan di tahun 2014 akrab disebut dengan Word.

Microsoft Word ini kerap kali digunakan sebagai pengolah data baik huruf maupun angka untuk keperluan pembuatan dokumen dan hal lain terkait dengan tulis-menulis. Dalam perjalanannya Microsoft Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC.

Selain dari aspek sejarah, hal yang harus diketahui dari Microsoft Word adalah penggunaan fitur-fitur yang disediakan. Fitur-fitur ini mendukung agar hasil pekerjaan yang Anda lakukan bisa maksimal. Salah satu fiturnya seperti pemberian nomor halaman.

Pembuatan nomor halaman menjadi teramat penting bagi Anda yang ingin membuat karya ilmiah. Seperti halnya pada buku, karya ilmiah yang kita buat melalui Microsoft Word juga membutuhkan nomor halaman. Karya ilmiah tidak akan rapi jika pembuatannya tidak disertakan nomor halaman.

Advertisement

Keberadaan nomor halaman menjadi penting demi memudahkan dan mendapatkan dengan mudah mengetahui bagian-bagian materi yang Anda tulis dan mengetahui keseluruhan halaman. Nomor halaman ini dapat dibuat secara otomatis melalui fitur dari Microsoft Word. Hal ini tidak akan membuat Anda menjadi repot.

Hal yang perlu diketahui adalah proses pembuatan nomor halaman tidak hanya pada satu konsep saja. Ada berbagai macam format yang telah disediakan Microsoft Word untuk membuat nomor halaman agar lebih variatif. Selain nomor halaman dengan angka yang biasa kita gunakan, Anda juga dapat membuat nomor halaman dengan angka romawi.

Pada umumnya, angka romawi akan dibuat secara terpisah dengan angka yang biasa kita gunakan. Pemisahan ini terjadi pada bagian halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan halaman lain yang tidak ada kaitannya dengan pendahuluan dari karya ilmiah.

Agar mudah memhami proses memberi nomor halaman pada Microsoft Word, berikut tata cara membuat halaman di word yang disadur dari buku Microsoft Word dan Excel Untuk Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis dan Disertasi ) yang ditulis oleh Muhammad Arifin yang diterbitkan oleh Prenada Media.

4 Cara Membuat Halaman di Word

Berikut empat cara membuat halaman di word yang mudah dan bisa dilakukan oleh para pemula dalam bidang penulisan:

1. Pilih Tab Insert

Cara membuat halaman di Word yang pertama adalah dengan membuka aplikasi Microsoft Word Anda, lalu pilih tab 'insert' lalu arahkan pada bagian kanan dimana terdapat kolom page number. Dalam kolom page number terdapat empat format yang berbeda mengenai peletakan nomor halaman yaitu top of page, bottom of page, page margins, dan current position.

Format 'top of page' memiliki fungsi untuk meletakkan nomor halaman di bagian atas kertas. Format 'bottom of page' berfungsi untuk meletakkan nomor halaman di bagian bawah kertas. Selanjutnya, 'page margins' berfungsi untuk meletakkan nomor halaman di bagian samping kertas. Terakhir, 'current position' berfungsi untuk meletakkan nomor halaman di posisi kursor yang Anda letakkan.

2. Tentukan Format Penomoran Halaman

Selanjutnya, cara membuat halaman di word adalah dengan mengarahkan pada bagian page number, pilihlah salah satu format penomoran halaman. Sesuaikan dengan selera Anda, Anda bisa menggunakan salah satu dari keempat pilihan format tersebut.

3. Memilih Format Nomor

Pada cara membuat halaman di word yang ketiga adalah dengan mengklik pada bagian format page numbers. Anda bisa memilih format nomor yang ingin Anda gunakan sebagai nomor halaman. Apabila Anda akan membuat halaman awal seperti daftar isi atau kata pengantar, Anda bisa mengganti format nomor Anda dengan format angka Romawi. Di sisi lain, jika hendak menyisipkan halaman pada karya tulismu, maka Anda bisa menggunakan format angka biasa seperti yang kita gunakan pada umumnya.

4. Akhiri Penulisan Nomor Halaman dengan Header dan Footer

Cara membuat halaman di word yang terakhir adalah mengklik kolom close header and footer di bagian kanan atas Microsoft Word.

Jika Anda tidak menemukan atau kolom tersebut belum muncul, Anda bisa klik dua kali pada bagian paling atas atau paling bawah kertas, lalu kolom tersebut akan muncul. Setelah Anda klik kolom tersebut maka nomor halamanmu sudah jadi.

Demikianlah empat cara membuat halaman di word dengan mudah dan sederhana. Cara tersebut akan mudah dihafal bila rutin dipraktikkan. Sehingga untuk para pemula sangat dianjurkan untuk sering mengulang-ulang cara membuat halaman di word tersebut.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait