6 Cara Membuat Akun Google Tanpa Nomor HP di Perangkat PC

Image title
14 Desember 2021, 10:28
Ilustrasi enam cara membuat akun Google tanpa nomor HP di PC dengan mudah dan praktis.
unspalsh.com
Ilustrasi enam cara membuat akun Google tanpa nomor HP di PC dengan mudah dan praktis.

Sebuah data tentang pengguna internet menunjukkan jumlah yang signifikan. Situs berita teknologi, Selular.id menyebutkan ada sekitar 4,66 miliar orang di seluruh dunia yang menggunakan internet hingga penghujung 2021. Jumlah tersebut naik 316 juta orang atau 7,3% dibanding Januari 2020.

Kementerian Komunikasi dan Informasi mengatakan Indonesia menduduki ranking 6 dalam menggunakan internet setelah China, Amerika Serikat, India, Brazil, dan Jepang. Jumlah penggunaan di Indonesia sekitar 112 juta warganya dan tergolong pesat dalam proses pertumbuhannya.

Akibat keaktifan warga Indonesia dengan internet, interaksi dengan Google.com menjadi sangatlah intens. Google dikenal sebagai salah satu mesin pencari di internet dan merupakan produk dari sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang khusus pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.

Kehadiran Google juga bukan dalam waktu singkat, ada sejarah panjang di baliknya. Mesin pencari ini didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Kedua pendiri tersebut memegang 16% saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada 4 September 1998. Misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang". Akhirnya dari segala kesimpulan itu muncullah slogan "Do not be evil."

Dengan sejarah yang panjang dan kemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, Google menyediakan banyak hal bagi manusia. Dari layanan email Gmail, hingga berbagai fasilitas gratis lainnya dari Google seperti Google Drive, Google Form, Google Maps, dan masih banyak lagi.

Selain kemudahan yang ditawarkan, masih ada momok yang mengganjal dalam proses aktivasi Google. Ada opsi untuk menautkan nomor HP ke akun Anda. Meski sebenarnya dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan akun, verifikasi nomor HP ini terkadang merepotkan dan dapat menjadi penghalang terutama bila Anda membuat akun Gmail dalam jumlah banyak.

Ternyata kekhawatiran itu terdapat solusi praktis yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Ada cara membuat akun Gmail (Google) tanpa nomor HP. Namun cara ini memiliki kelemahan, karena tanpa nomor HP pembuatan akun Google hanya bisa dilakukan 4-5 kali saja. Setelah itu, Anda tetap diminta melakukan verifikasi nomor HP. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di bagian akhir artikel kami juga menyediakan 5 trik untuk menyiasati hal tersebut.

Cara Membuat Akun Google Tanpa Nomor HP di Perangkat PC

Untuk mengatasi kendala dalam pembuatan akun Google atau Gmail, ada cara membuat akun Google tanpa no HP dan bisa dilakukan di perangkat PC atau android. Untuk artikel pertama ini akan dilakukan di PC, berikut caranya sebagaimana yang dikutip dari nitrotekno.com:

1. Langkah pertama pada cara membuat akun Google Tanpa No HP di PC adalah dengan membuka halaman halaman ini di browser Anda, kemudian tekan tombol 'Create an account' di pojok kanan atas untuk mulai membuat akun Gmail (Google).

2. Selanjutnya, Anda akan diperlihatkan terhadap halaman pendaftaran akun Gmail. Isikan nama Anda lalu tentukan username dan password sesuai keinginan Anda. Klik 'Next' setelah Anda selesai mengisi data pribadi di atas.

3. Apabila dalam proses pengisian data diri Anda mendapat peringatan “That username is taken. Try another” pada bagian username, berarti nama tersebut tidak tersedia atau sudah digunakan oleh pengguna lain. Anda bisa mengatasinya dengan cara mengubah username atau menambah karakter/ angka pada username.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan username tidak tersedia:

Advertisement
  • Username yang Anda pilih sudah digunakan orang lain.
  • Sangat mirip dengan username pengguna lain yang sudah ada (contohnya apabila username [email protected] sudah ada, Anda tidak dapat membuat username [email protected]).
  • Sama dengan username yang sudah pernah dipakai orang lain, tapi sudah dihapus.
  • Tidak disediakan Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan.

4. Selanjutnya dalam cara membuat akun Google tanpa nomor HP di PC, Anda perlu mengisi beberapa data pribadi. Isikan alamat email pemulihan (opsional), tanggal lahir, dan jenis kelamin, namun tetap kosongkan bagian nomor HP. Dengan mengosongkan nomor handphone, Anda tidak perlu melakukan verifikasi lewat nomor HP. Pilih tombol 'Next' untuk melanjutkan proses membuat akun Gmail (Google) tanpa nomor HP.

5. Anda akan melihat halaman Privacy and Terms yang berisi informasi tentang data yang dikumpulkan oleh Google dan bagaimana Google menggunakan data tersebut. Untuk melanjutkan, scroll  (gulir) ke bawah lalu tekan 'I Agree'.

6. Anda telah selesai mendaftar akun Gmail tanpa menggunakan nomor handphone. Anda dapat melihat tampilan awal email Gmail Anda dan saat itu juga langsung bisa menggunakannya untuk berselancar di dunia maya. 

Namun ada satu kelemahan pada cara membuat akun Google tanpa nomor HP di PC, Anda hanya dapat mengulang langkah di atas hingga 4-5 kali saja untuk membuat akun Gmail tanpa no HP. Setelah empat hingga lima kali, Anda akan diwajibkan untuk melakukan verifikasi dengan nomor HP. Hal ini merupakan salah satu fitur keamanan Google yang mendeteksi alamat IP dan perangkat yang dipakai ketika mendaftar akun Gmail/ Google.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait