5 Manfaat Terong Hijau untuk Kesehatan

Image title
14 Desember 2021, 14:35
Manfaat terong hijau.
southernexposure.com
Manfaat terong hijau.

Terong hijau merupakan varietas terong yang cukup sering dijumpai dan dikonsumsi di Nusantara. Bukan cuma sekadar sebagai pelengkap masakan, terong hijau juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Meneruskan data U.S Department of Agriulture, terong hijau dengan berat 82 gram (g) mengandung kalori 20,5 g; lemak 0,1 g; sodium 1,6 g; karbohidrat 4,8 g; serat 2,4 g; gula 2,9 g; dan protein 0,8 g.

Advertisement

Selain itu, terong hijau mengandung banyak vitamin, yakni vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, B12, E, dan vitamin K.

Manfaat Terong Hijau

Mengonsumsi terong hijau baik untuk kesehatan tulang, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga mencegah kanker. Berikut ulasannya.

1. Meminimalisasi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat terong hijau yang pertama ialah mampu mencegah risiko penyakit jantung. Manfaat tersebut didapat dari kandungan flavonoid pada terong hijau.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan National Center for Biotechnology Information pada 2019, makan makanan yang mengandung flavonoid tertentu, termasuk antosianin, dapat membantu mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Senyawa tersebut bekerja dengan mencegah pembuluh darah membentuk sel tumor dan menghentikan enzim yang dapat berdampak pada penyebaran sel kanker.

2. Mencegah Kanker

Manfaat terong hijau dapat mencegah seseorang terserang kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang dapat menyerang siapa saja. Adapun cara terbaik mencegah kanker ialah dengan mengatur pola makan dan mengadopsi gaya hidup sehat.

Alternatif pencegahan lain yang layak dicoba ialah dengan mengonsumsi terong hijau. Buah ini mengandung zat yang berpotensi menangkal pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, yaitu zat solasodine rhamnosyl glycosides (SRG).

Sebuah penelitian pada hewan menunjukan SRG ampuh membunuh sel kanker dan mencegah kambuhnya jenis kanker tertentu.

Sementara itu, dalam jurnal Nutrition Reviews pada 2009 di Oxford, menemukan bahwa terong hijau mengandung serat rendah lemak yang dapat meminimalisasi risiko tumbuhnya sel kanker tertentu.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Serat merupakan bagian karbohidrat yang penting bagi sistem pencernaan. Kandungan serat pada terong hijau dapat membantu kerja usus. Mengonsumsi secangkir terong hijau dapat memenuhi sekitar 10% kebutuhan serat harian orang dewasa.

Selain itu, terong hijau dipercaya dapat membantu mengontrol asam lambung. Buah yang satu ini memiliki kandungan yang mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi rasa nyeri.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement