Manfaat Minyak Ikan untuk Anak Beserta Dosisnya

Image title
14 Desember 2021, 16:52
manfaat minyak ikan, minyak ikan adalah, minyak ikan bermanfaat untuk
Pixabay
Ilustrasi manfaat minyak ikan.

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan sangat berlimpah. Minyak dengan kandungan zat omega 3 ini telah terbukti ampuh merawat kebugaran jantung, melancarkan aliran darah, hingga merawat kulit dan mengurangi risiko alergi.

Bukan untuk orang dewasa saja, manfaat minyak ikan juga dibutuhkan untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk mengonsumsi satu hingga dua porsi ikan setiap minggunya.

Apa itu Minyak Ikan?

Meneruskan catatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam jurnal berjudul "Asam Lemak Omega 3 dari Minyak Ikan", disebutkan bahwa minyak ikan berasal dari jaringan pada jenis ikan tertentu yang berminyak.

Minyak yang diperoleh dari ikan dan binatang laut lainnya ini mengandung asam lemak omega 3, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang merupakan prekursor untuk eicosanoids yang bisa mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Minyak hati ikan cod merupakan salah satu jenis minyak ikan yang sudah digunakan selama ratusan tahun. Masyarakat miskin di Inggris bagian utara, Skotlandia, Irlandia, Eropa bagian utara, Islandia dan Newfoundland memberikan minyak hati ikan cod untuk hewan ternak mereka.

Namun, seiring waktu, melihat ternak mereka yang begitu sehat dan kuat setelah rutin mengonsumsi minyak ikan cod, mereka akhirnya mulai mengonsumsi minyak ikan untuk diri mereka sendiri.

Bukan cuma ikan cod, tuna, salmon, sarden, dan makarel merupakan jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega 3. Tiap 100 gram dari ikan-ikan ini mengandung kurang lebih 1 gram asam lemak omega 3.

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Dihimpun dari Klik Dokter dan laman kesehatan lainnya, berikut manfaat minyak ikan untuk anak.

1. Mengatasi Masalah ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah gangguan mental yang ditandai dengan gejala kesulitan fokus, impulsif, dan hiperaktif. Gangguan mental ini bisa disebabkan karena kurangnya asupan omega 3.

Hal tersebut terbukti dari sebuah penelitan yang menyatakan bahwa omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan dapat meningkatkan memori hingga mengatasi anak hiperaktif. Otak mengandung 60 persen lemak tak jenuh ganda omega 3 dan omega 6. Sehingga, asupan minyak ikan yang cukup dapat membantu kerja fungsi otak.

Di samping itu, sebuah penelitian yang dilakuan pada anak berusia 6-12 tahun yang terdokumentasi dalam Journal of Child Neurology (2012), adapun kemungkinan yang terjadi pada anak ADHD ketika mengonsumsi minyak ikan, yakni berubahnya perilaku, meningkatnya perhatian, dan berkurangnya gejala hiperaktif.

Selain itu, dalam studi berjudul “Omega 3 Polyunsaturated Fatty Acids and the Treatment of Depression”, menyatakan bahwa minyak ikan dapat mengatasi kecemasan dan depresi.

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Berdasarkan Jurnal Brain Research, minyak ikan membantu menjaga sel hippocampus dari kerusakan dan mengurangi stres oksidatif. Hal tersebut dapat mengurangi risiko anak mengalami diabetes dan penurunan perkembangan kognitif.

3. Melawan Gejala Asma

Asma merupakan kondisi kronis, pengidapnya mengalami gejala nyeri dada, batuk, hingga kesulitan bernapas yang tentunya dapat mengganggu aktivitas harian anak.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...