5 Teknik Dasar Sepak Bola yang Bisa Dipelajari oleh Pemula

Image title
14 Desember 2021, 17:16
Ilustrasi Timnas Indonesia yang menerapkan teknik dasar sepak bola dalam pertandingan.
ANTARA FOTO/Humas PSSI/app/aww.
Ilustrasi Timnas Indonesia yang menerapkan teknik dasar sepak bola dalam pertandingan.

Salah satu permainan yang cukup populer dan menyedot perhatian masyarakat adalah sepak bola. Permainan ini dapat dikatakan paling banyak diminati. Setiap pertandingan sepak bola tidak pernah sepi dari penonton.

Sepak bola sendiri merupakan permainan yang dilakukan oleh dua tim berbeda, dengan komposisi pemain yang berada lapangan sebanyak sebelas orang. Masing-masing tim berupaya untuk menang dan mencetak gol ke gawang lawan.

Dari istilah itu dapat disimpulkan bahwa permainan bola diharuskan melibatkan pergerakan unsur fisik, mental, motorik kasar dan motorik halus, serta di bangun dengan kekuatan tim yang solid. Pergerakan semua unsur tersebut dilakukan untuk menjaga pergerakan bola tetap dinamis dan melewati garis gawang.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Setidaknya ada lima teknik dasar sepak bola yang bisa dipelajari. Berikut penjelasannya yang dikutip dari Buku Jago Sepak Bola Untuk Pemula yang ditulis oleh Reki Siaga Agustina yang diterbitkan oleh Penerbit Cemerlang.

1. Shooting

Teknik dasar sepak bola yang pertama adalah shooting. Teknik ini mengajarkan dengan cara menembakkan bola. Tembakan yang dilakukan maksudnya adalah dengan menendang bola. Seorang pemain yang melakukan shooting harus dengan tepat dan disertai tingkat akurasi yang tinggi.

Untuk mendapat hasil yang pas dengan akurasi yang tepat dapat dilakukan dengan menggunakan kaki kiri bagian luar, kaki sisi bagian dalam, dan menggunakan ujung kaki. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan menggunakan ujung kaki. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melakukan teknik shooting supaya dapat dilakukan dengan tepat:

  • Perhatikan ke arah lapangan, kemudian mengamati situasi sebelum melakukan shooting.
  • Selalu fokus kepada target atau sasaran untuk bola ditembakkan. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan pemain lawan.
  • Menyesuaikan tembakan dengan arah gerak dan posisi lawan.
  • Ketika sudah menentukan sasaran dan informasi di lapangan, kemudian lihatlah kembali bola. Setelah itu, lakukan pandangan pada bola sehingga hasil menjadi lebih akurat.

2. Dribbling

Selanjutnya adalah teknik dasar sepak bola dengan dribbling. Teknik dribbling dalam sepak bola adalah sebuah gerakan yang dilakukan oleh pemain ketika menggiring bola menggunakan kaki. Teknik dribbling ini dilakukan untuk menggerakan serta mengontrol bola ketika berada di lapangan.

Untuk mendapat performa dan hasil akhir yang bagus, pola teknik dribbling juga dilakukan saat bola ingin digiring ke area gawang. Kemudian, tidak akan pemain yang akan diberikan untuk operan. Teknik dasar dribbling ini dibagi menjadi dua jenis. Teknik tersebut adalah speed dribbling dan closed dribbling.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...