5 Cara Merekam Layar PC dengan Mudah saat Konferensi Zoom

Image title
14 Desember 2021, 18:11
Ilustrasi lima cara merekam layar PC dengan mudah dan praktis saat konferensi zoom berlangsung.
Telkomsel
Ilustrasi lima cara merekam layar PC dengan mudah dan praktis saat konferensi zoom berlangsung.

Di masa pandemi Covid-19 saat interaksi antar manusia terbatas agar tidak terkena tularan Covid-19, ada banyak cara dan inovasi agar bisa tetap berkomunikasi dengan minim interaksi. Salah satunya adalah dengan menggunakan laptop yang difasilitasi oleh aplikasi zoom, Google Meet, Skype dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya kegiatan zoom yang dilakukan dengan media PC tersebut dapat direkam dengan mudah. Oleh karenanya, salah satu fitur yang diberikan komputer dan belum banyak orang tahu adalah merekam layarnya sendiri.

Advertisement

Agar bisa terfasilitasi dalam memanfaatkan aplikasi perekam layar tersebut, berikut cara yang direkomendasikan oleh situs Qwords.com:

1. Menggunakan Fasilitas Game Bar di Windows 10

Cara merekam layar PC yang pertama adalah dengan menggunakan operating system Windows. Fasilitas ini hanya bisa dilakukan oleh operating system Windows 10 saja. Untuk mendapat hasilnya adalah dengan menggunakan Game Bar. Game Bar merupakan fitur baru yang dipakai untuk para gamer. Ketika komputer mengaktifkan fitur ini maka kerja komputer jadi lebih optimal.

Meski nama fitur ini adalah Game Bar, namun dalam praktiknya tidak hanya dipakai untuk mengoptimasi komputer saja, tapi salah satu fitur dari Game Bar bisa dipakai untuk screen recorder PC.

Berikut cara merekam layar PC dengan menggunakan fungsi Game Bar:

  • Aktifkan fitur Game Bar. Caranya dengan masuk ke settings, pilih gaming, dan nyalakan fitur Game Bar.
  • Kalau sudah aktif, tinggal tekan WinKey + G. WinKey ini tombol yang berlambang Windows di sebelah CTRL. Perlu Anda ketahui kalau perintah WinKey+G ini hanya bisa dilakukan ketika Anda sedang membuka sebuah aplikasi.
  • Setelah itu Anda tinggal menekan tombol record yang berbentuk bulat merah.
  • Layar PC Anda otomatis akan terekam dan jika sudah selesai, tinggal tekan tombol Stop Recording.
  • File hasil rekaman akan tersimpan di folder Capture, di dalam Videos. Folder Videos ada di folder “This PC”
  • Format file yang terekam adalah .mp4.

2. Memanfaatkan Aplikasi Quicktime Player pada Perangkat MAC

Apabila Anda pengguna perangkat MAC berikut cara merekam layar PC dengan aplikasi Quicktime Player. Namun penggunaan untuk merekam layar hanya bisa di MAC dan tidak bisa dilakukan pada perangkat Windows.

Meskipun Anda bisa mengunduhnya dan menginstalnya juga di Windows. Tapi jika Komputer Anda adalah Mac, maka merekam layar PC di Mac bisa menggunakan cara ini.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement