5 Rekomendasi Pantai Pasir Putih Jogja yang Wajib Dikunjungi

Image title
16 Desember 2021, 10:52
Ilustrasi Pantai Sadranan sebagai rekomendasi pantai pasir putih Jogja
unsplash.com
Ilustrasi Pantai Sadranan sebagai rekomendasi pantai pasir putih Jogja

Salah satu provinsi yang seakan tak ada habisnya untuk menjadi destinasi wisata adalah Yogyakakarta. Provinsi yang memiliki berbagai nama julukan dari Yogya, Jogja, Yogyakarta dan lainnya ini memiliki destinasi wisata sejarah, seni, dan budaya, Anda dapat berkunjung ke keraton, candi-candi, maupun museum yang banyak tersebar di Jogja.

Selain museum sejarah yang sangat kental dengan nuansan masa lalu namun juga ada wisata alam, Jogja juga tidak akan kehabisan destinasi wisata yang menarik. Wisata alam sangat lengkap dan akan membuat liburan Anda menjadi berkesan. Sajian yang diberikan dari pemandangan yang indah wisata alam seperti hutan pinus, wisata pendakian, air terjun, goa, dan tentu saja pantai tidak akan membuat Anda bosan.

Advertisement

Saat menyebutkan pantai di Jogja, kerap kali yang sering disebut adalah Pantai Parangtritis. Padahal, ada banyak ragam alternatif yang bisa menjadi destinasi wisata lainnya. Pantai pasir putih Jogja juga beragam dan bisa menjadi pilihan saat liburan di masa liburan dan akhir pekan.

Berikut ragam pilihan pantai pasir putih Jogja yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata saat masa liburan tiba, yang dikutip dari situs wisata itrip.id:

1. Pantai Pok Tunggal

Rekomendasi pantai pasir putih Jogja yang pertama adalah Pantai Pok Tunggal yang berada di Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul. Untuk bisa masuk cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp3.000. Pantai ini menjadi idaman wisatawan, karena keindahan dan kebersihannya.

Meskipun demikian perjalanan menuju Pantai Pok Tunggal cukup sulit dengan banyak jalan berkerikil. Kendaraan akan mudah tergelincir jika tidak berhati-hati. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terobati dengan pemandangan indah yang tersaji.

Untuk bisa sampai ke pantai pasir putih ini, Anda harus mendaki bukit kapur. Namun jangan khawatir, Anda akan dimanjakan dengan laut yang bersih dan jernih. Pantai Pok Tunggal juga sangat khas dengan payung-payung berwarna-warni yang berjajar-jajar di sepanjang pantai. Sambil menikmati kelapa muda, Anda dapat duduk bersantai di bawah payung-payung ini.

2. Pantai Indrayanti

Destinasi pantai pasir putih Jogja selanjutnya adalah Pantai Indrayanti yang terletak di Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul. Harga tiket yang ditawarkan juga terjangkau Rp10.000. Keberadaan pantai ini difasilitasi dengan pasir putih yang bersih dan karang-karang yang eksotis. Pantai ini juga salah satu yang paling populer sebagai destinasi wisata pantai.

Meski wisata alam namun Pantai Indrayanti juga disediakan fasilitas berupa musala, toilet, restoran, cafe, bahkan penginapan tersedia untuk para wisatawan yang berkunjung. Sehingga kenyamanan Anda dalam berwisata sudah dilengkapi oleh warga sekitar selaku pengelola.

Pihak pengelola wisata juga sudah memastikan bahwa tidak ada yang membuang sampah sembarang di area wisata ini. Tidak hanya wisatawan, pedagang di sekitar juga akan mendapat sanksi denda jika membuang sampah sembarangan. Sanksi ini cukup efektif dalam menjaga lingkungan di sekitar Pantai Indrayanti.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement