Curug Cikuluwung dan Penginapan di Sekitarnya

Image title
16 Desember 2021, 15:52
Pesona Curug Cikuluwung dan penginapan di sekitarnya.
Instagram: Curug Cikuluwung
Pesona Curug Cikuluwung dan penginapan di sekitarnya.

Kota hujan, Bogor, sering kali jadi tempat pelarian warga ibu kota dan sekitarnya dari penat dan padatnya aktivitas harian. Pasalnya, kota seluas 118,5 km2 ini memang menyimpan segudang kekayaan alam yang menggoda untuk dikunjungi, salah satunya Curug Cikuluwung.

Bagi para warga Jabodetabek dan sekitarnya, barangkali sudah tidak asing lagi dengan wahana air yang satu ini. Curug yang dibuka sejak 2016 lalu ini langsung diserbu wisatawan yang hendak merasakan langsung nuansa asri Curug Cikuluwung.

Curug atau Air Terjun Cikuluwung ini berada di tengah lembah berbatu dan apabila Anda berkunjung ke lokasi tersebut akan dimanjakan dengan nuansa alam yang indah berupa paduan beningnya air dan tatanan batuan yang eksotis.

Jika melihat deskripsi dari bentuk Curug Cikuluwung, maka tidak berlebihan bila menyebutnya sebagai permata tersembunyi. Layak disebut permata karena air akan memancarkan warna kebiruan bila terkena cahaya sehingga akan menjadi kilau permata di tengah perkampungan.

Akses dan Tiket Masuk Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung berada jauh dari kebisingan kota, tepatnya di kampung Suka Asih, Desa Cibituang Wetan, Kecamatan Pamijahan.

Untuk menuju destinasi wisata ini, dari Bogor Kota, Anda bisa mengambil rute melewati Dramaga, hingga tiba di Cikampak. Sesampainya di tempat tersebut dilanjutkan dengan perjalanan ke Cibatok, hingga menuju ke simpang tiga Cemplang. Apabila telah tiba di persimpangan itu, ambil rute ke arah kiri kemudian ikuti jalan sekitar 45 menit hingga belok kanan menemukan Gang Gardu yang cukup curam.

Gang Gardu terletak setelah sungai Cikuluwung. Dalam perjalanan, Anda akan melewati jalan yang cukup berbatu selama 10 menit untuk menemukan papan arah menuju Curug Cikuluwung.

Setelah menemukan papan penunjuk menuju Cikuwulung, maka sampailah Anda di perkampungan Suka Asih. Untuk parkir kendaraan bisa dilakukan di area perumahan warga sekitar. Hanya berjarak lima menit dari perkampungan penduduk untuk sampai ke Curug Cikuluwung.

Wisata Curug Cikuluwung buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Harga tiketnya Rp35.000 per orang. Selain itu, pengunjung bisa menyewa pelampung untuk dapat menikmati indahnya Air Terjun Cikuluwung dengan aman.

Suasana Curug Cikuluwung

Serupa dengan namanya, aliran air Curug Cikuluwung berasal dari Sungai Cikuwulung yang berhulu di Gunung Salak. Ketinggian curug ini hanya sekitar tiga meter. Sepintas memang tak tinggi, tapi Anda harus tetap hati-hati dengan licinnya bebatuan.

Curug Cikuluwung memiliki kedalaman kolam hingga tujuh meter dan pada bagian kolamnya terdapat dua aliran air terjun yang saling berdekatan. Air dari kolam alaminya mengalir menuju sungai yang juga tak jauh dari lokasi curug.

Keindahan curug semakin membahana dengan keberadaan tebing bebatuan yang indah berpadu dengan suara debur air dan pepohonan di sekitarnya. Ada kesan eksotis yang diberikan dari pemandangan Curug Cikuluwung, sehingga para pengunjung merasa syahdu dan bisa berlama-lama di lokasi tersebut.

Curug Cikuluwung memiliki dua aliran air terjun. Pengunjung bisa memasuki akses mana pun sesuai keinginan mereka. Perlu diingat, beda pintu masuk, beda pula proses pembelian tiketnya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...