Luas Wilayah dan Karakteristik Benua Asia

Image title
21 Desember 2021, 14:50
Benua Asia
Freepik
Benua Asia

Jika bicara soal benua terluas di dunia, jawabannya adalah benua Asia. Nama Asia berasal dari kata Asu (salah satu etnis penduduk di wilayah Timur tengah) artinya daratan matahari terbit. Asia merupakan benua terbesar yang berada di bumi, jumlah penduduk juga besar pada tahun 2002 mencapai 3.766 juta jiwa; sedang jumlah penduduk dunia 6.215 juta jiwa.

Luas permukaan bumi 510.074.600 km2, meliputi daratan seluas 148.940.540 km2 (30%) dan lautan 361.134.060 km2 (70%). Daratan muka bumi meliputi Benua Asia, Amerika, Afrika, Eropa, dan Australia, serta daratan luas Antartika. Samudra di bumi meliputi Samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, dan Arktik.

Advertisement

Benua Kuning adalah sebutan untuk Benua Asia. Sebutan ini ada disebabkan terdapat masyarakat mayoritas yaitu ras mongoloid yang mempunyai kulit kuning. Sebutan itu dahulu digunakan masyarakat Eropa untuk menunjuk Benua Asia.

Letak Astronomis Benua Asia

Secara astronomis Benua Asia terletak antara 26o BT – 170o BB dan 11o LS – 80o LU. Secara geografis Benua Asia berada di belahan bumi bagian timur serta memanjang dari belahan utara hingga selatan. Jika diperhatikan lebih detail lagi, secara geografis Benua Asia terletak di antara Benua Eropa dan Benua Australia. Daratan Benua Eropa dan Asia menyambung dan sering disebut Eurasia. Letak Asia pun diapit oleh Benua Eropa di bagian barat dan Benua Australia di bagian selatan.

Selain itu letak geografis Benua Asia berada di antara tiga perairan samudra luas yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Arktik. Samudra Hindia berada di bagian selatan Benua Asia, Samudra Pasifik berada di bagian timur Benua Asia sedangkan Samudra Arktik berada di bagian utara Benua Asia.

Batas Wilayah

a) Batas utara: Samudra Arktik.
b) Batas timur: Samudra Pasifik, Selat Bering.
c) Batas selatan: Samudra Hindia.
d) Batas barat: Laut Tengah, Laut Merah, Pegunungan Ural

Karakteristik benua Asia

Sebagai benua terluas di permukaan bumi, Asia mempunyai karakteristik yang khas sehingga dapat membedakannya dengan bentang alam sejenisnya, antara lain:

  • Benua Asia adalah benua terluas di dunia. Luasnya mencapai 4,5 kali luas Benua Eropa yang seluas 10,18 juta km persegi. Banyak terdapat bangunan yang merupakan keajaiban dunia, seperti Tembok Raksasa di Tiongkok, Candi Borobudur di Indonesia, Taj Mahal di India, dan Ka’bah di Saudi Arabia. Terdapat negara-negara yang mempunyai jumlah penduduk yang besar, seperti Tiongkok, India, Indonesia, Pakistan, Bangladesh, dan Jepang.
  • Benua Asia adalah tempat lahirnya agama-agama besar, seperti agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu. Terdapat pegunungan, gunung, dan dataran tinggi yang tertinggi di dunia, yaitu Pegunungan Himalaya, Gunung Everest, dan dataran tinggi Tibet. Benua dengan laut terluas di dunia, yaitu Laut China Selatan Benua penghasil minyak bumi terbesar di dunia, yakni dari Saudi Arabia Bentang alam.
  • Benua Asia didominasi pegunungan dari rangkaian sirkum mediterania. Salah satunya puncaknya adalah Pegunungan Himalaya dengan Gunung Everest. Puncak tertinggi gunung ini berada di ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut di Nepal.

Bagian-bagian Benua Asia

Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah atau region yaitu Asia Barat atau Asia Barat Daya (Asia Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Rusia. Masing-masing wilayah memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Pembagian tersebut lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan aspek fisik wilayah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement