Memahami Apa Itu Norma Kesusilaan, Contoh dan Sanksinya

Image title
22 Desember 2021, 09:50
Manusia sebagai makhluk sosial, tak lepas dari norma kesusilaan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang norma kesusilaan.
Unsplash/Shane Rounce
Manusia sebagai makhluk sosial, tak lepas dari norma kesusilaan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang norma kesusilaan.

Sebagai makhluk sosial manusia tentu tidak bisa lepas dari yang namanya norma, seperti norma kesusilaan, misalnya. Salah satu contoh norma kesusilaan yang sering kita temui sehari-hari adalah jujur, baik dalam perkataan maupun dalam tindakan.

Menurut bahasa, tepatnya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, norma kesusilaan adalah aturan yang menata tindakan manusia dalam pergaulan sosial sehari-hari. Itu artinya, norma kesusilaan menjadi salah satu kodrat manusia.

Sebagai bagian yang mengatur kehidupan sosial manusia, norma tentu saja memiliki sanksi jika dilanggar. Salah satu sanksi norma kesusilaan, yang paling mudah dirasakan adalah perasaan malu, rasa penyesalan hingga perasaan tidak nyaman.

Pengertian Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan adalah salah satu dari beberapa norma, yang selama ini kita tahu dan tentu saja kita patuhi. Namun sebelum membahas lebih dalam tentang pengertian norma kesusilaan, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu norma.

Norma, secara bahasa berarti aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan dan pengendalian tingkah laku yang sesuai. Itu artinya, norma mengatur kelompok manusia dan sosial, sebagai upaya untuk menjaga ketertiban hidup bermasyarakat.

Sementara itu, Janu Murdiyatmoko dalam bukunya Sosiologi: Memahami dan Mengkaji Masyarakat, menjelaskan norma kesusilaan adalah suatu aturan yang dilandasi hati nurani dan budi pekerti atau akhlak. Dari sini bisa dipahami bahwa manusia harus menggunakan hati nurani, dan budi pekertinya dalam menjalankan fungsinya sebagai makhluk sosial. Dari sini, kita juga bisa memahami bahwa sumber norma kesusilaan adalah dari dalam diri, yaitu hati nurani dan akhlak atau budi pekerti.

Contoh Norma Kesusilaan

Setelah memahami pengertian norma kesusilaan, baik secara bahasa maupun secara teori, tentu akan lebih baik lagi jika kita melihat beberapa contoh norma kesusilaan. Beberapa contoh norma kesusilaan, biasanya juga berkaitan dengan norma hukum.

Berikut ini adalah beberapa contoh norma kesusilaan, yang umum kita jumpai dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat setiap harinya, sebelum kita membedah apa sanksi norma kesusilaan, dan contoh pelanggaran norma kesusilaan.

  • Membantu orang lain

Membantu orang lain adalah contoh norma kesusilaan, yang sering kita lakukan sebagai seorang manusia. Kenapa membantu orang lain, masuk ke dalam contoh norma kesusilaan?

Mari kita ingat-ingat lagi, bahwa norma kesusilaan dilandasi dengan hati nurani dan akhlak atau budi pekerti. Manusia, adalah makhluk yang memiliki hati nurani, melalui simpati dan empati. Dari situlah, bisa dipahami bahwa membantu orang lain, adalah salah satu contoh norma kesusilaan.

  • Sikap saling menghormati dan menghargai

Contoh norma sosial yang berikutnya adalah, sikap saling menghormati dan menghargai. Menghormati dan menghargai orang lain, bisa dibilang menjadi dasar dalam menjalani kehidupan sosial.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement