Cara Melihat Sertifikat Vaksin Lewat Situs dan Aplikasi PeduliLindungi

Image title
22 Desember 2021, 13:42
Ilustrasi cara melihat sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi.
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.
Ilustrasi cara melihat sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi.

Cara melihat sertifikat vaksin merupakan sesuatu yang penting untuk diketahui. Sebab, di masa pandemi saat ini dokumen tersebut menjadi syarat utama untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti memasuki mal hingga bepergian jarak jauh.

Untuk Anda yang sudah mengikuti vaksinasi akan mendapatkan dua sertifikat, yakni sertifikat vaksin dosis pertama dan sertifikat dosis kedua. Pemberian sertifikat ini akan diinformasikan selalui SMS ke nomor handphone yang Anda daftarkan saat registrasi.

Advertisement

Sertifikat vaksin menjadi bukti bahwa seseorang sudah melakukan vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua. Untuk memperolehnya bisa dicetak dalam bentuk fisik dan ditunjukan kepada pihak berwenang.

Selain itu, ada cara yang lebih mudah yakni dengan mengeceknya melalui situs dan aplikasi PeduliLindungi.

Apa itu PeduliLindungi?

Mengutip laman pedulilindungi.id, aplikasi ini adalah pelacak Covid-19 yang digunakan secara resmi untuk pelacakan kontak digital di Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Kementerian BUMN.

Bukan hanya untuk mengecek sertifikat vaksin, PeduliLindungi juga menyediakan fitur layanan konsultasi dokter jarak jauh, atau dikenal sebagai teledokter. Fitur ini bekerja sama dengan beberapa pihak layanan kesehatan, seperti Halodoc, Telkomedika, Good Doctor, Prosehat dan sejumlah aplikasi digital lainnya.  Fitur ini dapat digunakan oleh masyarakat yang mengalami gejala atau sedang isolasi mandiri.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement