12 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh

Image title
23 Desember 2021, 08:39
Mencegah kanker dan melembapkan wajah merupakan contoh manfaat minyak zaitun untuk kulit.
Pexels/Polina Tankilevitch
Ilustrasi minyak zaitun

Tanaman zaitun memiliki nama ilmiah Olea europaea dan dapat diolah ekstrak buahnya sehingga menjadi minyak zaitun. Contoh penggunaan minyak zaitun dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai bahan makanan, perawatan rambut, suplemen, kecantikan, dan masih banyak lagi.

Mengutip publikasi University of Florida, terdapat tiga jenis minyak zaitun, yaitu minyak zaitun murni (virgin olive oil), minyak zaitun olahan (refined olive oil), dan minyak zaitun pomace (pomace olive oil).

Masing-masing memiliki metode pengolahan yang berbeda sehingga menghasilkan variasi karakteristik rasa dan komposisi. Minyak zaitun murni diproduksi dengan menghancurkan buah zaitun segar, diikuti dengan ekstraksi pengolahan secara first-press, cold-pressed, atau cold-extracted.

Proses tersebut tidak menggunakan panas atau bahan kimia lain sehingga virgin olive oil memiliki aroma terbaik dan berpotensi meningkatkan kesehatan. Minyak zaitun jenis ini cocok digunakan dalam proses memasak untuk menumis serta menambah rasa. 

Jenis minyak zaitun olahan dihasilkan dari buah berkualitas rendah yang mengalami proses pemurnian sehingga tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak berbau, mirip dengan minyak nabati olahan yang biasa dikonsumsi.

Proses pengolahan tersebut menghilangkan sebagian besar kandungan dan manfaat sehingga tidak dapat bekerja optimal saat dikonsumsi.

Adapun manfaat minyak zaitun untuk kulit dan kesehatan tubuh adalah sebagai berikut.

1. Mencegah kanker kulit

Sebuah studi yang dilakukan oleh Niva Shapira dari Universitas Tel Aviv dan Bob Kuklinski dari Universitas Rockstock menemukan, minyak zaitun dapat berkontribusi dalam pencegahan melanoma ganas.

Melanoma maligna adalah jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Penelitian menggunakan tikus menemukan, minyak zaitun secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit ketika dioleskan setelah terpapar sinar UV.

Hal ini diduga karena antioksidan kuat dalam minyak zaitun yang memiliki tindakan anti-inflamasi dan juga mengurangi kerusakan DNA.

2. Memudarkan bekas jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk memudarkan bekas jerawat merupakan efek dari vitamin dan antioksidan yang terkandung  di dalamnya. Zat-zat tersebut membantu sel-sel kulit untuk beregenerasi.

Cukup pijat minyak zaituni ke wajah dengan lembut atau bisa juga dicampur dengan beberapa tetes air perasan jeruk lemon untuk mengatasi hiperpigmentasi, di mana kulit menjadi gelap karena bekas jerawat.

3. Melembapkan wajah di malam hari

Ketika dioleskan sesaat sebelum tidur malam, kulit dapat merasakan manfaat minyak zaitun. Di pagi hari, kulit terasa segar dan terhidrasi karena minyak benar-benar terserap ke dalam kulit saat tidur malam. Minyak zaitun memberikan kelembapan yang dibutuhkan kulit.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat minyak zaitun adalah menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan studi dalam Journal of American College of Cardiology, pasien yang mengonsumsi setidaknya 7 gram minyak zaitun per hari memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. 

Mengutip The American Journal of Clinical Nutrition, minyak zaitun murni atau virgin olive oil terbukti memiliki sifat antioksidan sehingga dapat menurunkan tekanan darah pada pasien dan memperbaiki kadar kolesterol dalam darah.

Rendahnya kadar kolesterol dalam darah dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, mengonsumsi suplemen minyak zaitun sekitar 2 sendok makan per hari juga dapat memenuhi asupan minyak zaitun untuk menurunkan kolesterol.

5. Mencegah depresi

Mencegah depresi adalah manfaat minyak zaitun yang telah diteliti dalam jurnal International Scholarly Research Notices. Pada tahun 2013, peneliti menemukan bahwa kandungan minyak zaitun murni dapat membantu melindungi sistem saraf.

Hal tersebut dapat berguna untuk mengobati depresi dan kecemasan. Para ilmuwan menemukan bukti bahwa orang yang mengonsumsi lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun, mengurangi risiko depresi daripada mereka yang mengonsumsi lemak jenuh.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...