5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Cara Menggunakan dan Efek Samping

Image title
23 Desember 2021, 10:15
Ilustrasi lidah buaya. Berbagai kandungan nutrisi berkontribus dalam manfaat lidah buaya untuk rambut. Pahami cara menggunakan dan efek sampingnya agar tercapai hasil yang optimanl.
Pixabay/endriqstudio
Ilustrasi lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera umum ditemukan di berbagai tempat. Tanaman ini dapat tumbuh liar di iklim tropis, semi tropis, dan gersang di seluruh dunia. Lidah buaya mungkin menyerupai kaktus. Tetapi, secara taksonomi lidah buaya termasuk dalam famili Asphodelaceae, bukan famili kaktus atau Cactaceae.

Dalam dunia kesehatan, sejarah lidah buaya sebagai pengobatan ditemukan pertama kali pada tablet peninggalan Mesopotamia pada tahun 2100 SM, menurut buku Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects. Namun, penjelasan manfaatnya sebagai tanaman obat baru ditemukan dalam dokumen Mesir tertanggal sekitar tahun 1550 SM.

Di era modern, lidah buaya diolah menjadi berbagai produk, seperti krim, gel, jus, dan formulasi lain untuk tujuan kesehatan, pengobatan dan kecantikan. Studi dalam BioMed Research International menunjukkan, ekstrak lidah buaya memiliki sifat antiseptik, anti-inflamasi, dan analgesik ketika dioleskan.

Oleh sebab itu, lidah buaya dapat bermanfaat untuk rambut. Selengkapnya, simak manfaat lidah buaya untuk rambut berikut ini.

1. Meredakan kulit kepala gatal

Manfaat lidah buaya dapat meredakan kulit kepala gatal karena dermatitis seboroik atau dikenal sebagai ketombe. Gejala kulit kepala gatal dan mengelupas ini bisa diobati dengan lidah buaya, menurut studi dalam Journal of Dermatological Treatment.

Peneliti menemukan, lidah buaya membantu mengatasi peradangan kulit kepala akibat ketombe. Asam lemak yang ditemukan dalam tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi untuk meredakan gatal pada kulit kepala.

Cara menggunakannya, oleskan gel lidah buaya mentah ke rambut dan kulit kepala. Ratakan dengan tangan hingga ke kulit kepala, rambut, dan ujungnya. Untuk membantu menyegel kelembapan, oleskan beberapa tetes minyak jarak dan pijat. Biarkan lidah buaya selama sekitar 30 menit lalu bilas.

2. Mengurangi minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala

Manfaat lidah buaya selanjutnya adalah dapat membersihkan helai rambut secara efisien, menghilangkan sebum (minyak) berlebih, dan residu dari produk rambut lainnya. Fakta tersebut dipublikasikan dalam Brazilian Journal of Microbiology.

Kandungan lidah buaya yang alami tidak akan merusak folikel rambut. Lidah buaya juga dapat membuat rambut sehat dan berkilau. Untuk menggunakannya, campur satu sendok teh gel lidah buaya dengan beberapa tetes jus lemon lalu oleskan ke seluruh kulit kepala. Biarkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dicuci dengan sampo.

3. Memperkuat dan memperbaiki helai rambut

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi dalam manfaat lidah buaya untuk regenerasi sel dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan rambut berkilau. Vitamin B12 dan asam folat juga terkandung dalam gel lidah buaya. Kedua komponen ini dapat menjaga rambut agar tidak rontok.

Lidah buaya juga dapat membantu membersihkan kulit kepala sehingga lebih banyak nutrisi yang dapat menembus folikel rambut, membantu rambut tumbuh lebih cepat dan lebih efisien. Enzim proteolytic di dalamnya juga membantu memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...