Ragam Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan

Image title
23 Desember 2021, 11:41
Manfaat daun sirih cina.
Shopee.co.id
Manfaat daun sirih cina.

Manfaat daun sirih cina bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, tumbuhan yang sering dianggap gulma ini mampu meringankan gejala penyakit mulai dari yang ringan sampai berat.

Daun sirih cina (Peperomia pellucida) atau ketumpang air tumbuh secara liar di pinggiran saluran air atau tembok, sehingga banyak orang yang langsung mencabutnya karena dianggap merusak pemandangan dan menjadi sarang hama atau penyakit yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas tumbuhan lain.

Advertisement

Meski sering disalahpahami sebagai gulma, daun sirih cina mengandung mineral yang baik untuk tubuh. Mengutip e-journal "Aktivitas Antioksidan Tumbuhan Suruhan", tanaman ini sering dimanfaatkan masyarakat Sulawesi Utara untuk menurunkan kolesterol.

Selain itu, daun sirih cina mengandung tanin, alkaloid, saponin, kalsium oksalat, polifenol, lemak, dan minyak atsiri. Daun ini juga diduga memiliki efek farmakologis antiradang, analgesik, antijamur, dan kemoterapi.

Tumbuhan dengan daun berbentuk hati ini memiliki bunga berupa bulir dengan panjang antara 1 - 6cm. Di samping itu, sirih cina cenderung mudah dibudidayakan. Jika berminat menanamnnya, daun sirih cina bisa tumbuh hanya dengan menyemai bijinya di media tanam.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Mengutip Health Benefits Times dan sumber terkait lainnya, berikut manfaat daun sirih cina untuk kesehatan:

1. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan kolesterol dapat memicu penyumbatan di pembuluh darah perifer yang mengurangi pasokan darah ke area jantung.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), secara global, sepertiga penyakit jantung disebabkan kolesterol tinggi, yang mana mengakibatkan 2,6 juta kematian.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Mengonsumsi air rebusan daun sirih cina dengan dosis yang tepat bisa membantu menurunkan kolesterol secara efektif, sehingga mengurangi kemungkinan terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit lainnya.

2. Menyembuhkan Patah Tulang

Seiring waktu, pengeroposan tulang dapat menyebabkan osteopenia (massa tulang rendah). begitu juga dengan osteoporosis, yaitu kondisi di mana tulang menjadi lemah dan lebih mudah patah (fraktur). Fraktur dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk kecacatan dan kematian dini.

Fraktur atau patah tulang merupakan kondisi yang terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses penyembuhannya. Namun, berdasarkan penelitian, ramuan dari ekstrak daun sirih cina dapat membantu mempercepat penyembuhan patah tulang.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement