Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Bayi

Image title
23 Desember 2021, 13:19
Manfaat buah naga untuk ibu hamil.
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj.
Manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil diketahui aman dan dapat menjaga kesehatan ibu dan janin selama sembilan bulan proses kehamilan. Buah yang dikenal sebagai pithaya atau pir stroberi ini dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

Asal dan Ciri Buah Naga

Buah yang merupakan jenis kaktus marga hylocereus dan selenicereus ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang kini sudah banyak dibudidayakan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Berdasarkan sejarah, buah dengan rasa manis serta kandungan air yang melimpah ini, pada 1870, dibawa oleh orang Prancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Di sana, buah naga dianggap sebagai pembwa berkah. Oleh karena itu, buah ini sering diletakan di antara dua patung naga berwarna hijau di atas meja altar, sehingga tampak mencolok.

Dari kebiasaan tersebut, di kalangan orang Vietnam buah ini akhirnya dikenal sebagai thang loy yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Buah naga memiliki ciri khas kulit dan daging buah berwarna merah, namun ada juga buah naga berdaging putih. Buah yang tumbuh di daerah tropis dan sub tropis ini memiliki biji yang sangat banyak, namun biji buah naga berukuran kecil dan bisa dimakan.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Buah naga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Hal tersebut membuat buah ini sering dijadikan solusi untuk mengatasi flu, sampai penyakit kronis seperti radang sendi, hingga kanker payudara.

Dikutip dari Hello Sehat, buah naga memiliki beberapa kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh seperti air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, zinc, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, vitamin E, magenesium, likopen, karotenoid, dan kalori.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Dihimpun dari Alodokter dan sumber terkait lainnya, berikut manfaat buah naga untuk ibu hamil:

1. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Otak Janin

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang pertama ialah dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin di dalam kandungan. Hal tersebut karena adanya kandungaan beberapa jenis antioksidan, tiamin, dan riboflavin yang mendukung pertumbuhan otak, saraf, dan tulang janin.

2. Vitamin C

Buah naga memiliki kandungan vitamin C atau asam askorbat yang melimpah. Vitamin ini dibutuhkan janin untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel. Selain itu, vitamin C dapat menunjang pembentukan kolagen dalam tulang, otot, kulit, dan pembuluh darah.

Bukan cuma itu, asam askorbat dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Namun, kendati bermanfaat untuk janin, ibu hamil perlu menjaga asupan vitamin C yang pas selama masa kandungan. Kelebihan vitamin C dapat berakibat pada kelahiran prematur.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...