Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Bayi

Manfaat buah naga untuk ibu hamil memiliki segudang kebaikan bagi ibu dan janin dalam kandungan, mulai dari mencegah sembelit, bayi lahir cacat, sampai menunjang perkembangan tulang.
Image title
23 Desember 2021, 13:19
Manfaat buah naga untuk ibu hamil.
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj.
Manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil diketahui aman dan dapat menjaga kesehatan ibu dan janin selama sembilan bulan proses kehamilan. Buah yang dikenal sebagai pithaya atau pir stroberi ini dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

Asal dan Ciri Buah Naga

Buah yang merupakan jenis kaktus marga hylocereus dan selenicereus ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang kini sudah banyak dibudidayakan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Berdasarkan sejarah, buah dengan rasa manis serta kandungan air yang melimpah ini, pada 1870, dibawa oleh orang Prancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Di sana, buah naga dianggap sebagai pembwa berkah. Oleh karena itu, buah ini sering diletakan di antara dua patung naga berwarna hijau di atas meja altar, sehingga tampak mencolok.

Dari kebiasaan tersebut, di kalangan orang Vietnam buah ini akhirnya dikenal sebagai thang loy yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Advertisement

Buah naga memiliki ciri khas kulit dan daging buah berwarna merah, namun ada juga buah naga berdaging putih. Buah yang tumbuh di daerah tropis dan sub tropis ini memiliki biji yang sangat banyak, namun biji buah naga berukuran kecil dan bisa dimakan.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Buah naga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Hal tersebut membuat buah ini sering dijadikan solusi untuk mengatasi flu, sampai penyakit kronis seperti radang sendi, hingga kanker payudara.

Dikutip dari Hello Sehat, buah naga memiliki beberapa kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh seperti air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, zinc, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, vitamin E, magenesium, likopen, karotenoid, dan kalori.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Dihimpun dari Alodokter dan sumber terkait lainnya, berikut manfaat buah naga untuk ibu hamil:

1. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Otak Janin

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang pertama ialah dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin di dalam kandungan. Hal tersebut karena adanya kandungaan beberapa jenis antioksidan, tiamin, dan riboflavin yang mendukung pertumbuhan otak, saraf, dan tulang janin.

2. Vitamin C

Buah naga memiliki kandungan vitamin C atau asam askorbat yang melimpah. Vitamin ini dibutuhkan janin untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel. Selain itu, vitamin C dapat menunjang pembentukan kolagen dalam tulang, otot, kulit, dan pembuluh darah.

Bukan cuma itu, asam askorbat dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Namun, kendati bermanfaat untuk janin, ibu hamil perlu menjaga asupan vitamin C yang pas selama masa kandungan. Kelebihan vitamin C dapat berakibat pada kelahiran prematur.

3. Mengatasi Sembelit

Kehadiran serat dalam buah naga menawarkan manfaat untuk masalah sembelit yang sering kali mengincar wanita hamil. Makan buah naga secara teratur akan membantu sistem pencernaan kembali normal. Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi 25-30 gram serat per hari.

4. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Manfaat buah naga untuk ibu hamil selanjutnya ialah mampu mencegah bayi dalam kandungan lahir dengan keadaan cacat.

Sangat penting untuk memastikan bahwa perkembangan saraf anak berjalan tanpa hambatan. Kelompok vitamin B kompleks yang terkandung dalam buah naga dan dikombinasikan dengan folat memainkan peran penting dalam mengembangkan sistem saraf anak.

5. Mencegah preeklampsia

Hipertensi pada ibu hamil meningkatkan risiko preeklamsia dengan jumlah yang cukup besar. Buah naga membantu menjaga tingkat tekanan darah dan gula darah yang stabil, sehingga menjaga komplikasi yang terkait dengan kehamilan seminimal mungkin.

6. Membantu Perkembangan Tulang

Kalsium bukan satu-satunya mineral yang dibutuhkan janin untuk mengembangkan struktur tulang. Fosfor memainkan bagian penting di dalamnya. Keduanya hadir dalam buah naga dengan jumlah yang wajar dan bekerja untuk menjaga kesehatan gigi yang baik pada ibu hamil.

7. Mencegah Keguguran

Manfaat buah naga untuk ibu hamil terakhir yakni dapat mencegah keguguran. Buah naga mengandung asam folat yang mampu meningkatkan kekuatan janin sehingga mencegah keguguran, khususnya pada trimester pertama di saat janin masih belum cukup kuat.

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Bukan hanya baik untuk masa kehamilan, buah naga juga bisa dikonsumsi bayi untuk menunjang kesehatan mereka.

Kandungan potasium, flavonoid, dan fenolik di dalam buah naga ternyata baik untuk menguatkan tulang bayi. Selain itu, konsumsi buah naga sejak bayi juga bisa mencegah arthritis saat dewasa nanti.

Buah naga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A beperan sangat penting untuk memelihara kesehatan mata. Vitamin A juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit bayi.

Selain itu, buah ini ampuh menangkal radikal bebas dalam tubuh yang dapat membahayakan kesehatan bayi. Buah naga menjadi salah satu sumber antioksidan alami yang aman dikonsumsi bayi pada masa MPASI. Buah yang kaya antioksidan ini bisa menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan bayi.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait