6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Image title
27 Desember 2021, 09:09
Ilustrasi cara mengatasi hidung tersumbat pada seseorang.
pixabay.com
Ilustrasi seseorang yang mengalami hidung tersumbat

Salah satu penyebab tidur dan kegiatan lainnya menjadi tidak nyaman adalah hidung tersumbat. Meski sering dianggap remeh, gejala ini cukup mengganggu pikiran. Bahkan akibat hidung tersumbat beberapa kegiatan harus dihentikan. Karena berimplikasi langsung terhadap saluran pernapasan sehingga membuat kita mudah lelah.

Hidung tersumbat umumnya diakibatkan oleh inflamasi dan penyumbatan di hidung. Penyebab hidung tersumbat ini biasanya merupakan kondisi-kondisi kesehatan yang tidak terlalu parah. Penyakit-penyakit yang sering memunculkan hidung tersumbat seperti: pilek, flu, dan adanya infeksi di sinus. Kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan hidung kamu mampet selama beberapa minggu, meskipun demikian, bisa saja kamu mengalami hidung tersumbat tapi tidak pilek.

Selain itu ada beberapa penyebab lain yang menjadi biang hidung tersumbat seperti: alergi, alergi di hidung, tumbuhnya polip aau tumor jinak di hidung, paparan kimia, iritasi dari udara atau lingkungan, dan infeksi sinus yang sudah berlangsung lama atau sinusitis kronis.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Efektif

Berikut proses pengobatan hidung tersumbat yang dilansir dari Gooddoctor.co.id:

1. Meringankan Hidung Tersumbat dengan Inhaler

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat adalah dengan cara menggunakan inhaler. Seperti yang diketahui bahwa inhaler sendiri adalah obat hidung tersumbat yang dihirup dan sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Aroma yang kuat pada inhaler membuatnya menembus lendir yang telah menggumpal. Hasilnya, ada rongga yang tercipta dan membuat pernapasan menjadi lebih lancar. Hidung akan terasa lebih lega dan keluhan hidung tersumbat sedikit demi sedikit akan mereda.

 2. Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mandi

Tips dan trik mengatasi hidung tersumbat termudah berikutnya adalah dengan mandi. Tidak hanya dengan mandi biasa, tapi menggunakan air hangat atau panas. Uap dari air akan membantu menipiskan lendir pada hidung.

Selain itu, uap juga bisa mengurangi peradangan. Ini bisa meredakan keluhan hidung tersumbat, setidaknya untuk sementara waktu.

3. Mengompres Kepala dengan Air Hangat

Penanganan hidung tersumbat berikutnya adalah dengan mengompres kepala menggunakan air hangat. Ini bisa membuka saluran pernapasan dari luar. Caranya mudah, cukup rendam kain atau handuk terlebih dulu dengan air panas atau hangat.

Selanjutnya, peras handuk tersebut lalu lipat dan letakkan di atas dahi atau hidung. Air dengan suhu tinggi akan meresap ke dalam pori-pori, memberikan rasa nyaman dan meredakan inflamasi pada hidung. Untuk melakukan cara ini Anda harus mengompres kepala secara berkala.

4. Mengoleskan Bagian Hidung dan Kepala dengan Kayu Putih

Salah satu kegunaan minyak kayu putih adalah mengatasi hidung tersumbat. Cara mengatasi hidung tersumbat ini sejatinya sudah diterapkan oleh orang-orang terdahulu dalam meredakan pilek dan gangguan hidung lainnya.

5. Mengonsumsi Obat Alergi

Untuk mengatasi hidung tersumbat berikutnya dengan minum dekongestan atau obat-obatan untuk alergi seperti antihistamin. Obat hidung tersumbat jenis ini bisa mengurangi terjadi pembengkakan di saluran pernapasan.

Kombinasi dari dekongestan dan antihistamin bisa meredakan tekanan sinus dan peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi. Tetap saja, kamu harus mengikuti takaran yang dianjurkan agar tidak mengalami overdosis. Untuk minum obat alergi, Anda dianjurkan meminum obat ini saat tidak sedang beraktivitas berat.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Tidak hanya cara-cara di atas, memperbanyak asupan cairan adalah cara paling praktis untuk mengatasi hidung tersumbat. Biarkan tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik, karena ini bisa membantu mengencerkan lendir.

 Selain itu, ada cara-cara efektif lainnya seperti mengonsumsi teh hangat dan sup ayam panas juga bisa menjadi alternatif jika hidung tersumbat disertai sakit tenggorokan. Sensasi panas akan meringankan ketidaknyamanan pada tenggorokan.

Demikianlah enam resep mengatasi hidung tersumbat dengan mudah praktis serta bisa dilakukan di rumah. Untuk mendapatkan hasil maksimal Anda harus menjalankan beberapa cara ini secara konsisten. Serta konsultasikan ke dokter bilamana ditemukan gejala lainnya.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait